Bisnis Online Wajib Punya Kartu Member Kurir

Sebagai pemilik bisnis online, apalagi skala rumah tangga, bahagia sekali jika berhasil melakukan efiesiensi  sekecil apapun nilainya. Keuntungan tak langsung seperti diskon kurir itu mempengaruhi jumlah total keuntungan. Karena itu, bisnis online wajib punya kartu member kurir. Contohnya JLC (JNE Loyalty Card) yang bisa diakses dengan mudah melalui MyJNE.


produk umkm jne


PENGALAMAN  PUNYA JLC GENERASI PERTAMA

Saya tidak ingat kapan pertama kali punya JLC (JNE Loyalti Card) dari JNE. Saya sudah mencari kartu tersebut di card holder tapi tidak ketemu. Saya hanya menemukan fotonya, yang sudah saya edit, dengan keterangan tahun 2014. Setelah googling, saya menemukan berita bahwa JLC pertama kali diterbitkan tahun 2014. Wah sudah lama juga, ya?

Tahun 2014 itu awal saya pindah ke Yogyakarta. Sepertinya saya mengurus JLC di agen Menukan. Ketika itu semua masih diurus secara manual. Jadi harus datang ke kantor JNE untuk mendaftar. Sayangnya waktu itu usaha lama saya sudah tidak lagi intensif karena sibuk mengurus kepindahan. Padahal banyak sekali keuntungan, terutama voucher karena waktu itu JLC bekerja sama dengan sebuah brand diskon ternama.

Saya kembali aktif dengan usaha yang berbeda beberapa tahun belakangan. Ternyata JLC sudah berkembang dengan berbagai perbaikan fasilitas keanggotaan yang lebih mudah diakses.


kartu jlc jne
Kartu JLC generasi pertama tahun 2014 milik saya.


MALESNYA MENGURUS KARTU MEMBER KURIR

Pernahkan ditawari kartu member di supermarket? Meski banyak keuntungan tapi tak semua orang mau. Sebabnya karena males harus menyediakan waktu untuk mendaftar, padahal cuma harus berjalan beberapa langkah ke bagian layanan pelanggan di dekat penitipan tas. Apalagi jika harus menyediakan waktu untuk mendaftar ke kantor kurir yang mungkin jauh dari rumah. 

Berkat Playstore berbagai aplikasi bisa diunduh. JNE memiliki aplikasi bernama MyJNE. Dulu saya menggunakan MyJNE untuk cek tarif, mencari agen terdekat dan tracking pengiriman. Sekarang My JNE juga bisa dipakai untuk mengakses JLC termasuk mendaftar.

Dengan aplikasi, kita tidak perlu datang ke agen JNE. Tinggal klik dan ketik-ketik ketika waktu luang kapan saja. Sebenarnya bisa juga daftar sambil mengantar paket. Tapi kadang ketika mengantar paket ke agen dalam keadaan terburu-buru. 


MENGATUR PENGIRIMAN BARANG SENDIRI TANPA RIBET

Meski e-commerce sudah menjadi tumpuan banyak pengusaha tapi ternyata yang mengelola penjualan secara mandiri juga nggak kalah banyak. Penjualan melalui media sosial dan status WA akhir-akhir ini sama kuat dengan e-commerce. Usaha saya, beyouprojects, selain melayani pembelian produk jadi melalui e-commerce, juga melayani pesanan khusus. Karena itu, ada pengiriman barang yang saya atur sendiri. 

Pembelian melalui e-commerce itu memang memudahkan karena sistem pembayaran dan pengiriman sudah diamankan. Tapi ada biaya-biaya layanan yang seringkali terlupakan sehingga setelah selesai kok jadinya kerja bakti alias tidak ada untung. Saya tidak pernah ikut tawaran promo toko karena saya tidak punya waktu dan tenaga untuk menyimak, menghitung dan memperbaharui harga-harga barang di etalase. Mungkin itu sebabnya penjualan di status WA dan media sosial kembali marak, terutama di kalangan pengusaha skala rumah tangga yang tidak punya karyawan.

Dengan mengatur pengiriman sendiri, berarti pengusaha harus memilih kurir yang terpercaya dan memudahkan pekerjaan tanpa perlu menambah karyawan. Saking baik hatinya kurir-kurir jaman sekarang, kita bisa kirim paket tanpa keluar rumah. Mereka bisa mengambilnya ke rumah atau toko kita. Alamat bisa ditulis alakadarnya jika tidak punya mesin printer. Nanti kurir akan menambahkan stiker yang lebih awet untuk alamat itu sehingga tidak khawatir luntur atau sobek.

Saya sudah mengalami jaman bolak balik telepon ke kurir jika pelanggan tanya ongkir. Pernah pula mengalami jaman buka website kurir dulu untuk cek ongkir. Sekarang semua itu sudah ada di aplikasi sehingga kesepakatan dengan pelanggan lebih cepat tercapai.


akses jlc dengan myjne

KEUNTUNGAN AKSES JLC DENGAN MYJNE

Dengan integrasi JLC di aplikasi MyJNE, semua urusan pengiriman dari pembuatan anggaran, perencanaan pengiriman, pelacakan hingga pemberian reward sebagai pelanggan setia JNE bisa dipantau dalam satu tempat saja. Jadi, JLC ini bentuknya sudah digital ya, enggak seperti punya saya dulu. Dengan begitu, poin yang diperoleh dari tiap pengiriman bisa langsung ditabung di JLC.

Kadang ada voucher diskon pengiriman sehingga ongkir bisa lebih murah dari yang disepakati dengan pelanggan karena sebelumnya cek di harga normal. Meski begitu, biasanya saya menginformasikan juga ke pelanggan, lalu saya tawarkan apakah mau ditransfer balik atau ditabung untuk pembelian selanjutnya. Minimal tranfer bank umumnya Rp 10.000,-. Karena itu, kebanyakan pelanggan memilih simpan saja untuk pembelian selanjutnya. Nah, kan jadi repeat order. Hehehee.

Keuntungan dalam bentuk non-uang ada juga sih, seperti merchandise dan produk-produk souvenir lainnya. Tapi yang banyak ditunggu pelanggan setia JNE adalah acara-acara umkm karena selain menambah networking, juga menambah pengetahuan dan ketrampilan.


Post a Comment

9 Comments

  1. Iya juga ya, jatuhnya makin ribet ya mbak. Harus memperbarui harga, dan nanti kl nggak ada promo jadinya diubah lagi gitu ya harganya heuheu. Alhamdulillah ya, dengan adanya JLC ini memudahkan para pelau usaha, banyak banget keuntungannya.. Berkah selalu mak Lus usahanya

    ReplyDelete
  2. Inovasi bagus nih. Sebagai pelaku usaha online, memang aktivitas kirim mengirimkan barang jadi sebuah kegiatan rutin ya. Adanya keanggotaan seperti menggunakan kartu privilage itu bisa jadi sebuah kemudahan. Semoga makin menunjang kegiatan bisnis kita ya

    ReplyDelete
  3. keren banget ya Mbak, bisa jadi strategi marketing juga nih dengan adanya bonus promo ongkir itu, customer jadii ingat, masih ada deposit nih, lumayan kan buat digunakan biaya ongkir di pembelian selanjutnya.

    saya juga jadi pengen nih jadi Member JLC apalagi semua bisa lewat aplikasi di Playstore ya sekarang.

    ReplyDelete
  4. bener banget nih mbaaa... kalau banyak menggunakan jasa k urirnya, wajib punya kartu member yang beri banyak kelebihan ya

    ReplyDelete
  5. Aku sudah jadi member JLC karena memang punya os buku anak murah, mba, tapi aku belum download aplikasinya nih. Jadi pengen buruan download My JNE

    ReplyDelete
  6. Setuju banget ni. Kartu member JLC sangat membantu siapapun yg berbisnis online. Proses pengiriman produk bisa lebih praktis dan pengusaha pun bisa lebih banyak punya waktu mengelola bisnisnya

    ReplyDelete
  7. Ternyata salah satu keuntungan menjadi member JLC adalah bisa mengetahui ongkir lokasi tujuan dengan cermat. Ini sangat menghemat waktu dan energi. Sehingga seller bisa memberikan jawaban yang cepat terhadap buyer.

    ReplyDelete
  8. Sebagai pebisnis onkine aku juga harus punya membership khusus untuk setiap ekspedisi, banyak keuntungan yang bisa didapat dan ada fasilitas yang ditawarkan. JLC ini bagus juga, program yang pastinya disambut baik sama pengguna JNE.

    ReplyDelete
  9. Ada banyak keuntungan ya kalau kita punya JLC ini. Program yang menarik dari JNE untuk pelanggan setianya. Apalagi bisa diakses lewat aplikasinya MY JNE

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)