Beda Resleting No 3 dan 5 Serta Penggunaannya dalam Produk

No 3 dan 5 adalah resleting yang paling banyak digunakan oleh crafter yang membuat tas atau dompet dari bahan kain. Resleting ini ditawarkan dalam berbagai warna menarik, dari yang monokrom hingga warna-warna stabilo. Maka berbagai aksesoris yang dihasilkan bisa digunakan untuk mengikuti tren jaman sekarang yang sedang ramai dengan istilah cewek mamba, kue atau bumi. Nah, berikut beda resleting no 3 dan 5.

beda resleting no 3 dan 5


Di pasaran dan kalangan crafter, resleting disebut juga sebagai rit. Mungkin asalnya dari ret untuk resleting dengan lafal bahasa Inggris. Mungkin ya, heheheee. 

Penomoran resleting menjadi no 3 dan 5 didasarkan pada lebar gigi daun resleting yaitu 3mm dan 5mm.

Sedangkan untuk merk ada bermacam-macam. Yang biasa dipakai @beyouprojects merk YKK. Jika YKK tidak ada, barulah menggunakan Amco atau Melati tergantung persediaan di toko langganan. Untuk merk lain belum pernah mencoba. Merk sedikit mempengaruhi beda resleting no 3 dan 5, yaitu ada selisih lebar tapi sangat kecil sehingga masih bisa dilewati kepala resleting meski di merk tertentu dengan sedikit usaha. Ini berdasarkan pengalaman saja sih karena secara teori harusnya sama.


Beda Resleting No 3 dan 5


1. Lebar Gigi dan Daun Resleting No 3 dan 5

Lebar gigi resleting no 3 adalah 3mm, sedangkan resleting no 5 adalah 5mm. Lebar daun resleting bervariasi tergantung merknya. Ada perbedaan tipis ukuran gigi resleting diantara merk-merk yang ada. Karena itu, perlu menggunakan merk yang sama dengan kepala resletingnya agar pemasangannya bisa dilakukan dengan mudah. Beda merk bisa juga sih tapi dengan sedikit usaha lebih. Catatan, biasanya craftties yang sudah menjual karyanya membeli daun resleting dan kepala resleting secara terpisah untuk memudahkan mendapatkan panjang resleting sesuai pesanan.

2. Lebar Kepala Resleting No 3 dan 5

Lebar kepala resleting otomatis menyesuaikan. Biasanya mulut kepala resleting 1mm lebih lebar dari gigi daun resleting. Karena jika ukurannya sama, gigi daun resleting tidak bisa masuk tapi jika terlalu lebar, resleting tidak bisa menutup rapat.


3. Penggunaan Resleting No 3 dan 5

Resleting no 3 banyak digunakan untuk produk-produk berukuran kecil seperti dompet, clutch, pouch dan sebagainya. Sedangkan resleting no 5 banyak digunakan untuk produk-produk berukuran besar seperti tas, tote bag, ransel hingga jaket.

Demikian beda resleting no 3 dan 5, semoga bermanfaat. Penjelasan dalam bentuk video bisa dilihat di reel IG @beyourselfwoman. Yuk sharing di kolom komentar tentang hal ini atau mungkin craftties punya pengetahuan lain tentang resleting atau bahkan merk favoritnya. Semangat ya.

Post a Comment

0 Comments