Mending Reel, Carousel atau Foto Instagram?

Apakah craftties termasuk kaum mendang-mending seperti saya? Namanya juga nggak mau rugi waktu agar dapat impak sebesar-besarnya ketika posting, makanya mending reel, carousel atau foto buat di instagram? Oya, artikel ini POV nya instagram craft atau kerajinan tangan ya, sehingga banyak tutorial dan tips. Tiap posting butuh visual, tidak sekedar kata-kata. 


instagram reel carousel
Instagram reel dan carousel.


Mulai sekarang, panggilan untuk teman-teman adalah craftties, singkatan dari craft besties. 

Dahulu akun @beyourselfwoman di instagram selalu menggunakan foto tunggal. Kadang keren karena diambil dari kamera mirrorless, tapi kebanyakan biasa aja terus diedit maksimal karena menggunakan kamera hp murah jadul. Sekarang @beyourselfwoman banyak menggunakan reel, fitur baru instagram yang menyerupai tiktok. Jadi kita manfaatkan saja. Sementara beyourselfwoman belum main tiktok karena pusing keramaian. Heheee.

Baca juga: Review Mini Photo Studio Box


FOTO DI INSTAGRAM

Meski hanya foto tunggal, sebenarnya tidak mudah untuk menyajikan foto yang mengundang perhatian. Untuk kerajinan tangan atau craft, ada berbagai cara penyajian yang banyak disukai orang. Salah satunya adalah menyajikan detil dengan foto yang sangat dekat obyek. Ada pula foto yang setema dengan latar atau bahkan sama sekali kontras dengan latar. Ketrampilan memotret dan mengedit menjadi modal yang sangat berharga. Banyak kursus memotret dan mengedit baik offline maupun online yang bisa craftties ikuti. Foto tunggal sangat manjur jika teman-teman bermaksud menjual karya kerajinan tersebut.

Kendala bagi pembuat konten craft menggunakan foto adalah menyampaikan tutorial yang mudah dipahami. Banyak crafter yang sudah berusaha membuat foto detil proses tapi kegiatan seperti melipat, membalik, menggunting dan sebagainya harus mengandalkan imajinasi penyimak. Belum lagi jika tiap proses harus difoto, serta tiap foto harus diedit dan diberi pengantar, maka waktu yang diperlukan menjadi sangat lama.


CAROUSEL DI INSTAGRAM

Sebenarnya carousel sudah ada sejak dulu tapi baru booming belakangan bersamaan dengan boomingnya Canva yang menyediakan fitur carousel atau slide. Sebenarnya lagi, Canva pun juga sudah ada sejak dulu. Semua itu booming di masa pandemi ketika orang punya waktu untuk mengutak-utiknya. Canva makin booming setelah pandemi dengan adanya kelas-kelas design dan orang mulai mengerti bahwa semua itu bisa diuangkan.

Menurut Victoria Wong, pakar media sosial terutama instagam, carousel ini efektif menjaring engagement. Jadi sayang kalau dilewatkan. Untuk craft, karena basic carousel adalah banyak halaman, maka bisa diterapkan untuk tutorial maupun tips. Untuk tutorial, carousel sudah bisa dibuat kombinasi iamge dan video. Sedangkan jika merupakan tips, bisa menggunakan foto dan keterangan. Karena dibutuhkan banyak foto atau video atau kombinasinya, maka butuh waktu yang lebih lama daripada posting foto tunggal.


REEL DI INSTAGRAM

Reel instagram sekarang sedang booming karena bisa menjangkau lebih banyak view. Bagi pembuat konten, reel memudahkan karena kita bisa melakukan perekaman proses pembuatan pesanan tanpa jeda. Setelah jadi, tinggal diedit dengan dipotong, dipercepat atau diperlambat untuk dijadikan reel. Jadi, pesanan craft tidak terganggu, konten pun selesai dikerjakan.

Namun, tidak semua konten reel langsung punya banyak view. Kita harus paham pasar, kata kunci, waktu paling tepat untuk posting dan lagu yang sedang tren. Semua itu tidak sama bagi tiap akun. Si pemilik akun harus meriset sendiri pasar atau audience-nya.


Dari ketiga jenis postingan di instagram, mana yang craftties sering buat. Masih menurut Victoria Wong, sebaiknya diterapkan banyak variasi tapi tetap menjaga kesamaan tema dan kerapian feed. Tetap semangat ya craffties. Semoga sukses!

Post a Comment

0 Comments