Mengenal Pagar Laser Cutting dan Motifnya

pagar laser cutting
Ilustrasi pagar laser cutting. Sumber: RicardoGomezAngel/unsplash.com.

Pagar laser cutting sedang diminati saat ini merupakan solusi atas bertambahnya kebutuhan akan pelindung rumah yang aman sekaligus secara estetik mendukung tampilan depan rumah. Rumah bukan bunker. Rumah adalah tempat istirahat utama bagi seseorang.

Pagar bermotif sudah ada sejak dulu tapi seringkali tidak bisa memenuhi keinginan pemesan karena terbatasnya teknologi. Sekarang pemesan bisa lebih leluasa mengekspresikan rancangannya. Jika membutuhkan pagar yang secara estetika menarik tapi tetap aman, simak pembahasan di artikel ini.

Fungsi Pagar

Rumah yang sudah berpagar biasanya memiliki nilai jual lebih tinggi. Ini karena pagar memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Keamanan

Di satu sisi melindungi akses rumah dari orang luar. Di sisi lain membatasi akses anak-anak dan hewan peliharaan agar tidak keluar dari halaman rumah tanpa pengawasan.

2. Privasi

Menjaga privasi pemilik rumah dari pandangan orang luar sehingga hidup lebih tenang.

3. Batas Wilayah

Pagar membatasi hak kepemilikan rumah dan tanah agar tidak terjadi sengketa dengan tetangga atau pihak lain.

4. Estetika

Menambah estetika sesuai dengan konsep rumah. Konsep rumah yang merupakan satu kesatuan akan membuat tampilan rumah lebih menarik.

Pagar Laser Cutting

Pagar laser cutting adalah pagar yang pembentukannya menggunakan mesin pemotong plasma atau laser. Bentuk yang dihasilkan dengan teknik ini lebih presisi dan memiliki kesamaan yang lebih akurat dengan desain.

Bahan yang sering digunakan adalah besi dan baja. Keduanya sama-sama kuat. Namun bahan baja lebih tahan terhadap benturan dan korosi.

Laser cutting tidak hanya bisa diterapkan pada pagar depan tapi juga pada pintu samping rumah, pintu garasi hingga kanopi.

Motif Pagar Laser Cutting

motif pagar laser cutting
Ilustrasi motif pagar laser cutting. Sumber: zoe/unsplash.com.

Motif pagar laser cutting sangat fleksibel. Jika menginginkan bentuk-bentuk yang rumit seperti geometri, tanaman dan hewan, pagar seperti ini bisa menjadi pilihan.

Ada beberapa tips yang bisa digunakan ketika memilih motif pagar laser cutting:

1. Gunakan template.

Gunakan template yang sudah ada di tempat pemotongan laser agar proses pengerjaan lebih cepat dan harga lebih murah. Jasa yang bagus pasti memiliki banyak pilihan template siap pakai.

2. Lakukan konsultasi.

Konsultasikan lebih dahulu agar tidak bermasalah dalam pemasangan konstruksi dan keamanannya. Misalnya motif tanaman yang memiliki lubang cukup besar bisa dilalui orang yang langsing.

3. Tanyakan Kelebihan dan Kekurangannya.

Tiap teknologi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Tanyakan apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh alat pemotong tersebut agar tidak melakukan revisi berulang kali.

Demikianlah ulasan tentang mengenal pagar laser cutting dan motinya. Pagar yang diidamkan banyak orang adalah pagar yang estetik dan aman.

Post a Comment

0 Comments