Mengenal PAFI Gunung Mas, Tempat Bernaungnya Para Ahli Farmasi

pafi gunung mas
Ilustrasi PAFI Gunung Mas. Sumber: unsplash.com/ZhyarIbrahim.

Pafi Gunung Mas merupakan organisasi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia yang meliputi Kabupaten Gunung Mas di Provinsi Kalimantan Tengah. PAFI sebagai sebuah organisasi berkewajiban mengayomi para anggota dan memastikan para anggotanya telah memenuhi standar profesi yang berlaku.

PAFI berusaha merapikan standar profesi ahli farmasi yang wajib dipenuhi agar dapat melayani masyarakat dengan baik dan terhindar dari kesalahan prosedural atau pengobatan. PAFI juga menjembatani masukan dari masyarakat agar menjadi bahan perbaikan bagi para ahli farmasi.

Sejarah PAFI 

pafi gunung mas
PAFI Gunung Mas. Sumber: pafigunungmas.org.

Masyarakat selalu menghubungkan farmasi dengan obat-obatan sehingga ahli farmasi diartikan sebagai orang yang memiliki kompetensi untuk meracik obat-obatan. Benarkah demikian? Untuk mengenal apa itu PAFI, maka dapat dimulai dengan sejarahnya.

Sebenarnya, para ahli farmasi telah eksis sepanjang sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Pada masa perang kemerdekaan, mereka bahu-membahu dengan tenaga kesehatan lainnya mengobati dan merawat para pejuang yang terluka. Hanya saja, zaman dahulu para ahli farmasi tersebut tidak memikirkan status profesi. Mereka sibuk mencari akal untuk menolong sebanyak mungkin orang.

Segera setelah kemerdekaan, para ahli farmasi mulai menata diri. Pada tanggal 13 Februari 1946, terbentuklah organisasi yang bernama Persatuan Ahli Farmasi Indonesia, yang disingkat PAFI, di Yogyakarta. PAFI menyatakan diri sebagai organisasi profesi yang bersifat kekaryaan dan pengabdian.

Selain menjalankan tugas harian, para ahli farmasi memiliki beberapa tanggung jawab yang dituangkan dalam tujuan PAFI sebagai berikut:

  1. Mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  2. Mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia.
  3. Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia.
  4. meningkatkan kesejahteraan anggota.

Manfaat PAFI bagi Anggota dan Masyarakat

pafi gunung mas
PAFI Gunung Mas. Sumber: pafigunungmas.org.


Sebuah organisasi dapat berdiri dan bertahan sekian lama karena memiliki manfaat secara internal bagi anggota dan secara eksternal bagi masyarakat luas. Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

Manfaat PAFI bagi Anggota:

  1. Mendapatkan informasi yang tepat dan cepat tentang pengurusan Surat Tanda Registrasi (STR) sebagai bukti kompetensi bagi tenaga kesehatan.
  2. Mengerti standar kompetensi bagi tenaga kesehatan.
  3. Mengerti peraturan dan tata cara pengurusan kegiatan usaha di sektor kesehatan.
  4. Mengerti standar kefarmasian di apotek dan rumah sakit.
  5. Mendapatkan informasi tentang berbagai seminar untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi.
  6. Mendapatkan informasi lowongan kerja.

Manfaat PAFI bagi Masyarakat:

  1. Mengenal profesi ahl farmasi.
  2. Mendapatkan layanan pengaduan dan keluhan jika diperlukan.

Informasi tentang PAFI Gunung Mas

Agar kiprah PAFI dapat dirasakan di seluruh Indonesia, PAFI juga mendirikan perwakilan hingga ke tingkat kabupaten. Salah satunya adalah PAFI di Kabupaten Gunung Mas. Berikut adalah alamat lengkapnya.

Alamat PAFI Gunung Mas

Jl. Tjilik Riwut, Kuala Kurun, Kecamatan Kurun

Kabupaten Gunung Mas

Kalimantan Tengah

Kontak

Email: admin.pafigunungmas@gmail.com

Telepon: +6281200365591

PAFI Gunung Mas dapat menjadi wadah resmi bagi profesi ahli farmasi dan saluran komunikasi bagi warga di Kabupaten Gunung Mas. Pihak-pihak yang berkepentingan dapat memanfaatkan organisasi tersebut sebaik-baiknya.



Post a Comment

0 Comments