Sunday, July 03, 2011

Membuat Blog Jalan-jalan

Membuat blog jalan-jalan itu termasuk yang sangat mudah karena bahan artikelnya terhampar banyak sekali didepan kita. Kita hanya perlu mengambil sudut menariknya saja, maka artikel tersebut akan banyak menarik minat. Cobalah klik artikel saya Ke Duri Dari Pekanbaru. Siapa sangka artikel itu menjadi salah satu artikel paling
diminati dari blog ini. Duri hanyalah kota kecamatan kecil dan tandus di tengah Riau, tempat terdapatnya ladang minyak Chevron. Namun justru karena terpencilnya itu, orang memerlukan banyak informasi bagaimana mencapai daerah itu.

Misalnya anda pergi kepasar. Jangan dikira pasar yang anda kunjungi itu tidak menarik sama sekali untuk dijadikan artikel. Anda bisa mengambil sudut menariknya, misalnya jajanan khasnya, tingkah pedagangnya, harga-harga sayurnya, kebiasaan pembelinya, bahkan pasar yang kotorpun bisa anda ceritakan. Dunia ini tidak mungkin sempurna, bercerita apa adanya lebih menarik daripada memberi bumbu yang terlalu berlebihan.

Bepergian rutin, misalnya ke kantor juga bisa menjadi bahan cerita yang tak aka nada habisnya. Anda bisa bercerita tentang kendaraan yang anda tumpangi, tentang apa yang anda lihat sepanjang perjalanan, bahkan lampu jalan yang hidup mati suka-suka didekat kantor andapun bisa anda ceritakan.

Nah, jika ada kesempatan bepergian keluar kota, bayangkan betapa banyaknya stok cerita yang anda akan kantongi. Artikel akan lebih menarik lagi jika anda sertakan foto, dan anda tidak memerlukan kamera canggih untuk itu. Kamera dari handphone sudah cukup.

Lalu siapa yang akan membaca blog anda? Begitu kan pertanyaan anda? Penduduk dunia ini ada sekitar 6,000,000,000 jiwa. Salah satunya akan memerlukan informasi dari anda tersebut dan tidak selalu itu adalah mantan tetangga anda yang sudah pindah. Bisa saja itu justru orang baru yang kan pindah menjadi tetangga anda, atau orang asing lain untuk suatu keperluan. Jangan pula berpikir orang dibelahan dunia lain tidak membutuhknnya. Internet itu tanpa batas, demikian pula kebutuhan tiap orang, bisa saja tidak terduga.

Lalu untuk apa anda membuat blog? Begitu kan pertanyaan anda selanjutnya? Membuat blog itu adalah salah satu cara mengekpresikan diri. Memang tidak semua orang senang mengekspresikan apa yang dilihat dan didengarnya dengan terbuka. Tapi ada juga yang sebenarnya malah berbakat menulis tapi kurang latihan. Nah, ngeblog ini adalah salah satu caranya.

Dengar-dengar ngeblog bisa menghasilkan uang? Begitu anda akan bertanya lagi. Oh, iya, memang bisa. Caranya beragam pula. Bisa dengan merangkum isi blog anda dan menjadikannya buku. Bisa dengan mengirim tulisan anda ke media, atau malah sebaliknya, ada yang tertarik begitu melihat artikel-artikel di blog anda. Tentu saja bisa pula dengan “monetize blog”, tapi anda harus belajar SEO dan macam-macamnya itu dengan lebih mendalam.

Seluruh artikel jalan-jalan di blog ini, kecuali yang memiliki jumlah pengunjung terbanyak, saya pindahkan ke blog Menikmati Jalan-jalan, agar lebih fokus dan lebih mudah dinikmati bersama-sama. Anda bisa melihat contoh artikel-artikel saya disana. Anda juga bisa mencari informasi yang sekiranya anda perlukan tentang suatu tempat di blog tersebut. Semoga jalan-jalan anda menyenangkan….

No comments:

Post a Comment

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.