Saturday, July 30, 2016

Roti Sosis Gulung, Cemilan Darurat

Bread sausage roll alias roti sosis gulung ini kelihatannya ribet padahal bisa masuk kategori makanan darurat karena membuatnya mudah dan cepat.



Resepnya? Aduh, nggak udah kebanyakan mikirin resep. Buka kulkas, buka lemari, lihat meja, apa yang tersisa? Nah itulah yang dibikin. Bikin hidup ini sesederhana mungkin.
Cemilan seperti ini sudah banyak ditulis dan diunggah di youtube dengan berbagai variasi yang lebih baik. Kejadian membuat roti sosis gulung ini adalah karena melihat roti tawar yang masih banyak dimeja. Biasanya roti tawar tersebut saya jadikan menu sarapan atau bekal sandwich dengan isian telor ceplok, lettuce, mayoraine dan keju. Tapi kok bosen juga ya? Lalu terlintaslah untuk dibikin roll goreng.

PERSIAPAN

Saya tahu, bikin roll goreng pagi-pagi itu males nyelupin ke telor dan tepung rotinya, Ribet dan remahannya bikin kotor. Tapi yang ini nggak seperti itu. Celupin seperlunya saja, tapi perlu rata sempurna, sekedar membuatnya menjadi gulungan saja, lalu goreng.


Isiannya pun nggak harus sosis, bisa salad kobis dan wortel yang segar. Kalau sedang nganggur, bisa dibuatkan ragout. Kalau blas nggak punya macam-macam untuk isi, pakai selai atau mentega ditaburi gula saja sudah oke. Namanya juga memanfaatkan yang ada dengan tampilan beda biar nggak bosen. 
Tahu nggak, kalau tampilan beda itu malah makannya lebih terkendali lo karena makannya pelan-pelan dinikmati. Kalau tampilang seadanya itu bikin makan nggak pakai perasaan, dijejelin aja semua ke mulut, tahu-tahu sudah habis 2 piring.

FINISHING

Roti Sosis Gulung
Kalau di channel youtube beyourselfwoman diberi nama Bread Sausage Roll supaya bule-bule juga understand.
Roti tawar yang digunakan disini bisa apa saja, terserah punya apa. Karena kami suka yang tanpa kulit, jadi itulah yang ada di meja makan. Kalau suka yang berkulit pun tak apa-apa.
Mentega selalu saya sapukan tiap membuat apapun berbahan roti tawar. Rasanya lebih enak aja.
Sosis bisa diganti juga dengan macam-macam. Yang paling gampang diganti dengan tuna spread kalengan ada telor ceplok.
Jika kesulitan menggulung, roti tawarnya agak dipipihkan atau dipenyet. Saya lebih suka tidak dipenyet meskipun tampilan tidak mulus atau pecah-pecah.
Roti tawar bersifat sangat menyerap, jadi lapisan telornya sekali saja. Kalau kelamaan, banyak yang terserap telor, bikin cepat bangkrut. Sebenarnya si telor bisa dicampur susu atau air supaya lebih banyak, tapi saya lebih suka telor tanpa campuran.
Jika tepung rotinya tidak merata, tak apa-apa, tak terlalu kelihatan setelah digoreng.
Soal penyajian juga suka-suka saja, boleh diutuhkan seperti risoles, tapi saya suka diiris supaya makannya lebih cantik.

Nah, begitulah. Dibawah ini slideshow prosesnya. Belum ada video karena tidak ada yang membantu pegang kamera. Jangan lupa colek saya di instagram @beyourselfwoman kalau lagi bikin ya. Selamat ngemil.

11 comments:

  1. aku prnh iseng bikin, abis liat yutub siapa waktu itu :D.. tapi rotinya keburai gitu mba,... apa telur pencelupnya terlalu sedikit juga dioles yaaa.. cuma ya teteplah..dimakan juga walo berantakan :D.. sosis mah mw bentuknya kacau juga msh enak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ini berantakan juga, makanya diiris untuk sekali suap gitu untuk menyamarkan berantakannya wkwwkwkk

      Delete
  2. kesukaan banget ini mah hihi klo saya bikin ini dirumah bisa habis sama saya sendiri, orang rumah kurang suka hehe

    ReplyDelete
  3. Iya mba.. aku pun kalo bkin ini pas ngegulung itu roti sobek2 trs. Tp lbh suka gt drpd yg pipih

    ReplyDelete
  4. Eh kirain ini Ada resepnya. Telornya boros pasti yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaelah mak, udah dikasih foto banyak masih perlu resep ya? Itu kan bahan yang nggak perlu diolah semua. Itu telurnya cuma 1 gitu :))

      Delete
  5. enaaak nih..minta dong mba :). Kebayang anak-anakku pasti doyan banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laaah dirimu lebih jago masak daripada aku :))

      Delete
  6. seringnya sosisnya aku goreng lgs aja heheha kektauan emakn males

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gitu juga bisa, aku takut nggak mateng aja :))

      Delete
  7. Wah cocok dibuat pas hari Minggu ini, praktis nggak ribet.
    Nah tepung roti yang warna orange gitu, aku cari di beberapa supermarket di kotaku kok masih belum nemu. Cantik kalo warna orange :)

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.