Tuesday, December 13, 2016

Ide Gift Hari Ibu

Ide gift apa ya yang tepat untuk ibu kita di Hari Ibu?

Special nggak sih Hari Ibu tanggal 22 Desember itu dimata teman-teman? Bagi saya special banget dan saya suka memberikan perhatian pada orang-orang terdekat saya. Saya sendiri senang kalau mendapatkan perhatian, apalagi gift. Hihihihiii.... Tapi bukan matre loh. Perhatiannya itu yang bikin haru. Kok ya mau menyempatkan diri untuk membelikan atau membuat sesuatu buat saya.
Apakah Hari Ibu itu adalah waktu khusus untuk ibu kita? Sejarahnya memang tidak hubungan dengan ibu-ibu, melainkan ditandai dengan pergerakan perempuan di bidang politik. Makanya kalau ada meme yang bilang, "Hati-hati dengan ibu-ibu berdaster, kalau sudah nyetatus politik, kelar hidup lo.", kita patut nggak terima lho. Apalagi kalau yang ngomong laki-laki. Seksis banget tuh, kasihan istri dan anak perempuannya. Perempuan dan politik itu hendaknya dihargai sewajarnya saja karena sudah diakui sejak tahun 1928 dalam memperjuangkan hak atas pendidikan dan pernikahan. Sejarah juga menunjukkan makin banyak perempuan yang menjadi pemimpin daerah , pemimpin organisasi maupun pemimpin perusahaan.

Namun sejarah tersebut mengalami pergeseran makna dan sudah menjadi terjemahan umum bahwa Hari Ibu adalah waktunya kita memanjakan ibu-ibu kita sebagai penghargaan atas peran mereka di keluarga dan masyarakat. 

Itulah hari dimana ibu kita tidak perlu mengerjakan urusan domestik selama sehari. Setelah saya menjadi ibu, libur sehari itu kok nggak terasa ya. Heheheee.... Tapi jangan salah, saya tetap terharu kok melihat anak-anak membersihkan rumah tanpa disuruh.
Khusus untuk yang sudah dewasa, carilah cara untuk memudahkan pekerjaan beliau setiap hari. Jika sekarang sudah bekerja, sisihkan untuk membayar asisten ibu, baik ibu kandung, ibu tiri maupun ibu mertua. Jika ibu adalah tipe yang tidak suka ada orang asing yang mengurus rumah, belikan peralatan rumah tangga yang meringankan pekerjaan beliau.
Karena terjemahannya seperti diatas, bagi yang sudah tidak punya ibu alias sudah wafat, tak perlu bersedih hati. Diikhlaskan dan didoakan saja, ya. Teman-teman masih bisa merasakan seperti apa merayakan Hari Ibu dengan memberikan ucapan pada teman-teman lain sesama ibu-ibu, idola, tetangga, budhe, tante, bahkan yang tidak kenal sekalipun di panti wreda.
Gift yang paling terpikirkan ketika Hari Ibu biasanya: ucapan selamat, gantian menyapu atau mengepel atau bunga. Masih banyak ide lain loh. Seringkali kalau mikir hadiah untuk ibu kok tanpa sengaja tertuju ke hal-hal yang ada untungnya juga buat kita. Hihihii.... Misalnya, beliin panci presto ah, biar ibu sering-sering masakin ayam kremes buat aku. Laaah.... Jadinya malah ibu bakal kerja lebih keras lagi ya karena ada menu tambahan ayam kremes. Jadi, untuk gift Hari Ibu ini bener-bener harus fokus untuk kebahagiaan beliau. Jangan dilanjutkan lagi dengan, "Tapi mbak, bahagianya ibu itu kalau melihat aku senang."

Yuk kita lempar-lempar ide gift Hari Ibu untuk semua perempuan, baik ibu, teman maupun idola disini.


KARTU UCAPAN
Courtesy mamaarkananta.com, @indahprimadona, @haloheader.

Yuk ah jangan cuma beli yang sudah jadi di toko, pesankan atau buat sendiri dong yang special. Kartu ucapan tak terbatas dari kertas karton yang dimasukkan ke amplop. Sekarang banyak kreasi unik dan personal, baik printed maupun digital. Untuk yang buat sendiri, search saja di youtube, banyak tutorialnya kok. Sedangkan untuk pesan, saya kasih contoh buatan teman-teman saya ya. Tapi untuk nemu yang cocok dan harganya berapa, search saja di instagram. Rata-rata memamerkan karya mereka. Keren-keren. Sekarang yang ngehits tentu saja hand lettering.

BUNGA

Bunga is never failed. Rangkaian bunga akan sangat berkesan. Saya sarankan bunga beneran, jangan bunga plastik. Meskipun sudah memilih bunga plastik yang mahal, tapi bunga hidup akan lebih berkesan. Nggak perlu pula berkilah bahwa bunga plastik itu lambang keabadian. Ya iyalah, nggak bisa layu, 20 tahun lagi masih bisa dilihat. Wkwkwkwk....
Kalau di Jogja sih, minggu lalu saya beli di perempatan Jl Monjali - Selokan Mataram, seharga Rp 25.000,- sudah dapat 5 tangkai mawar biru yang besar-besar, ditambah bunga perdu warna ungu dan pink, sekalian dirangkai jadi buket. Itu sudah cantik banget dan lebih romantis dilihat daripada bunga plastik.
Bunga sak pot-potnya sekalian juga mengesankan loh. Tentu saja beliau harus suka tanaman. Jangan lupa diberi pita yang besar dengan warna girlie. Ini de bagus buat calon mantu atau calon suami. Niscaya tiap melihat bunga tersebut akan selalu ingat dirimu dan bunga itu akan dirawat seperti merawat cinta kalian. Aaaak....

PAKET SPA
Spa Gallery Prawirotaman Jogja. Foto pribadi.

Agar berkesan, jangan cuma dibookingkan dan dibayarin. Take over semua urusan rumah dan antar jemput the princess ke spa tersebut. Pokoknya pastikan beliau atau dia bisa memenuhi jadwal spa tersebut. Sesuaikan saja paketnya dengan budget. Kadang spa itu bukan soal mahal atau murah tapi karena tidak ada yang take over urusan rumah atau kerjaan sehingga merasa sayang, bahkan ada yang merasa bersalah, menghabiskan waktu beberapa jam untuk bersantai sambil merawat diri.
Penting untuk memilih spa khusus wanita agar privasi terjaga. Kalau spa keluarga bagaimana? Laah ntar suami dan anak-anak cowok ikut semua. Seorang ibu pasti akan seneng banget kalau keluarganya kemana-mana bisa menemani, tapi sesekali jangan kasih ide itu dong. Biarkan dia menikmati waktunya tanpa kalian recokin. Hahahaaa....
Sebagai informasi, tapi nanti cari info detail sendiri ya, kalau di Jogja spa murah seperti Flaurent< RSCM, Laseca dan lain-lain itu kisaran harganya dari Rp 90.000 - Rp 150.000 sudah komplit lulur, mandi uap, mandi kembang, dan hair spa facial. Kalau paket menyeluruh sekalian menicure, pedicure dan ratus antara Rp 300.000 - Rp 1.000.000,-. Untuk sekelas Taman Sari Royal Heritage paket awalnya diatas Rp 400.000,- deh. Nggak terlalu ngerti, tahunya yang per treatment. Sedangkan untuk kelas spa resort tentu saja diatas, hanya kadang ada diskon untuk tamu hotel. Kali aja mau sekalian piknik keluarga. Tapi saya ingatkan lagi, jangan ikut nimbrung di spa-nya, ya. Ini karena spa resort atau spa hotel hampir tidak ada yang khusus wanita, tapi kebanyakan mengutamakan privacy sesuai dengan fokus bisnis hotel. Survey dulu saja, googling, lihat foto tamu karena lebih terpercaya. Kalau foto promo pasti baguslah.

GIRLS' DAY OUT
Courtesy 21cineplex.com

Nah ini cocok buat memberikan penghargaan pada karyawati atau semua perempuan di keluarga. Daripada bingung ngasih gift apa ke masing-masing orang, mendingan antar mereka ke mall buat makan-makan dan nonton bioskop. Pasti berkesan banget buat mereka, seseruan perempuan semua. Pilih film romantis yang bintangnya ganteng bikin lumer. Kalau budget terbatas, cukup nonton saja dan dibelikan minum serta popcorn. Kalau budget tak terbatas, bisa dong dinner dulu lalu nontonnya di premiere. Heheee....

DUKUNG HOBINYA
Courtesy boredart.com

Daripada ribet, seringkali kita memilih membelikan sesuatu saja. Tapi apa? Yang jelas, berlian adalah jawaban yang paling mudah tapi paling susah diwujudkan. Hiihihiii.... Supaya lebih berkesan, patokannya jangan yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari sebagai ibu, melainkan berpegang pada hobinya sebagai perempuan. Itu menunjukkan bahwa kita memperhatikannya jauh diluar kewajibannya sehari-hari. Misalnya hobinya ngeblog, kalau punya budget lebih ya dibelikan laptop atau kamera yang punya spesifikasi memadai, kalau budget minim cukup dibelikan tripod buatan China beli di olshop. Heheee....
Tak perlu ragu bagaimana jika pemberian tersebut terlalu kecil. Tripod seharga Rp 65.000 misalnya. Walaupun murah, tapi banyak lo para ibu yang menunda membelinya karena nggak enak hati melihat keperluan rumah yang harus didahulukan. Kalau hobinya dandan, beliin dong 1 set perabotan MUA (Make Up Artist) untuk bereksperimen.
Naaah kalau hobinya baca buku, membelikan dia buku itu mainstream banget. Udah biasa! Coba deh kasih kejutan dengan membuatkan pojok baca menggunakan perabotan seadanya dirumah. Googling, cari ide buat dicontek.

Pada akhirnya, hanya cinta yang membuat perempuan tetap maju terus pantang mundur menunjukkan kasih sayangnya pada keluarga atau sesama dengan atau tanpa gift Hari Ibu. Perempuan itu cintanya buta, nggak mengharap balasan apa-apa. Selamat menjelang Hari Ibu! Hidup Perempuan Indonesia.

9 comments:

  1. Mba Lusi, aku malah pengen menikmati spa sepertinya asik yaa. HIhii

    ReplyDelete
  2. Jadi sedih, teringat almarhumah ibuk.😢 btw, idenya keren, Maklus. Jadi pingin spa 😀w

    ReplyDelete
  3. Wah cocok banget buat kado hari Ibu. Ngasih bunga sekaligus potnya buat Mama, krn beliau suka tanam2an :)

    ReplyDelete
  4. wah mantap ide2nya.. saya paling suka bunga.. bunga gak harus ke pasangan aja yaaa.. buat orangtua juga so sweet sepertinya :)

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.