Sunday, January 01, 2017

Apa Yang Akan Ditemui di Blog beyourselfwoman Tahun 2017?

Tahun 2016 ditutup oleh beyourselfwoman.com dengan sebuah postingan viral tentang Prediksi Blogger 2017.



Sekali lagi, terima kasih kepada Carolina Ratri, Indah Julianti dan Aldy Terren Putra yang membuat postingan tersebut penuh manfaat. 
Postingan tersebut juga merupakan rangkaian dari trilogi Prediksi Blogging 2017 oleh Komunitas Asing dan Prediksi Blogging 2017 oleh Pengelola Komunitas.

Tapi kemudian, saya harus kembali pada diri saya sendiri, apa yang akan saya lakukan? Tahun 2016 membuat saya menyadari bahwa ada banyak hal yang harus direm, bahkan distop, untuk dialihkan ke hal lain yang lebih positif dan produktif. Terlebih karena beberapa target tahun 2016 tak tercapai dan harus dibelokkan, maka 2017 akan menjadi tahun kerja keras bagi saya, sementara waktu ngeblog saya malah terpaksa berkurang. 

Terkait dengan catatan Carra yang mengatakan bahwa blogging di Indonesia itu masih berada di zaman sejarah, belum di zaman teknologi yang sebenarnya, sudah saya pikirkan sejak lama. Memang, belum banyak blogger Indonesia yang memiliki produk sendiri dari blog tersebut. Kebanyakan monetizing yang dilakukan bergantung pada agensi atau brand. Monetizing blog masih dilakukan secara komunal atau bersama-sama. Padahal di luar negeri, meski komunal juga dilakukan tapi blog tersebut juga giat menghasilkan produk sendiri. Satu artikel digali lagi agar menghasilkan produk turunan berupa ebook, video, merchandise dan sebagainya yang semuanya bisa dijual atau diberikan dalam bentuk giveaway dan freebies.

Tujuan saya ngeblog tidak melulu jualan. Saya hanya menggarisbawahi apa yang dikatakan Carra bahwa satu artikel tidak boleh langsung mati setelah masa beredarnya selesai, tapi dicari lagi potensinya. Ebook misalnya, tak harus dijual kan? Bisa juga dibagikan gratis jika diperlukan. Itu semua perlu waktu dan fokus agar hasilnya istimewa, tidak ala kadarnya.

Tahun 2017 mendatang, eh sekarang ini, ada beberapa hal yang sayang kalau dilewatkan dari beyourselfwoman.

1. beyourselfwoman itu termasuk blog, twitter, instagram dan facebook. Insya Allah saya terus belajar pada teman-teman yang lebih pandai fotografi, videografi dan aplikasi lainnya agar ilustrasi pendukung yang saya upload lebih baik. Seharusnya, produk yang dihasilkan oleh masing-masing platform berbeda meski temanya sama dan saling terhubung agar pengunjung tidak bosan. Tapi lagi-lagi itu butuh waktu dan fokus, jadi secara bertahap akan dilakukan.

2. Memperbanyak video atau vlog. Saya sedang struggling menghadapi kerusakan gadget berturut-turut, tapi belum menyerah dengan gadget seadanya. Yang penting belajar terus agar menghasilkan video yang bermanfaat. Sudah follow channel youtube beyourselfwoman? Video yang akan dihasilkan oleh beyourselfwoman adalah tentang kerajinan, DIY, homekeeping dan sebagainya yang fokus ke urusan perempuan. Untuk kerajinan dan DIY akan dipisahkan yaitu step by step kerajinan akan berada di blog www.ladakahandicraft.com, sedangkan step by step DIY akan berada di blog www.beyourselfwoman.com.

3. Jika 2016 blog beyourselfwoman sudah minim curhat dan foto pribadi, maka di 2017 akan terus berusaha dihilangkan lagi, sehingga yang akan selalu terlihat adalah user's experiences saja. Ini bukan berarti blog beyourselfwoman tidak akan blogwalking ke blog yang isinya curhat. Saya suka blogwalking ke blog curhat yang sebenarnya lebih enak dibaca karena ditulis sepenuh hati. Namun peristiwa perampokan Pulomas mengingatkan saya akan peristiwa yang nyaris menimpa kami beberapa tahun lalu. Ekspos keluarga tersebut di instagram membuat keyakinan kami makin kuat untuk memproteksi keamanan keluarga dari intipan publik.

4. beyourselfwoman akan membuat beberapa freebies, giveaway, ebook dan merchandise yang diberikan dalam jumlah terbatas (tergantung dompet hihiii...) serta diselenggarakan baik dengan full publikasi berupa lomba atau kuis, maupun secara spontan. Jadi siap-siap kaget saja kalau tiba-tiba dapat kejutan dari beyourselfwoman.

5. Review gratis bagi pemilik usaha kecil tetap terbuka. Review gratis ini sudah komitmen saya sejak awal ngeblog. Ini sebagai bentuk solidaritas saya dengan sesama pemilik usaha kecil. Sayangnya, tahun 2016 itu tidak banyak dimanfaatkan oleh teman-teman. Entah apakah mereka sungkan atau karena takut ada persyaratan yang berat untuk dipenuhi seperti job review pada umumnya. Jika teman-teman tertarik, silakan email ke burselfwoman@gmail.com untuk mendapatkan persyaratannya.

6. Monetizing tetap menjadi penghasilan utama untuk menghidupi blog beyourselfwoman. Sudah lama saya membebankan biaya operasional blog dari hasil monetizing berupa job review, meski belum bisa menggantikan tarif per jam kerja saya jika dihitung menggunakan rate pekerja profesional. Lomba blog masih akan terus diikuti jika temanya dikuasai. Ini karena makin banyak blogger baru yang lebih pandai dan kreatif sehingga harus menahan diri untuk tidak iseng-iseng ikut. Dengan tema selektif, setidaknya jika kalah lomba, postingan tersebut akan tetap bagus dan bermanfaat.
Tidak seperti blogger Jakarta yang mulai mendapat imbalan, trust dan authority yang sesuai jika hadir di event, blogger daerah masih berkutat dengan networking semata. Karenanya, tujuan saya menghadiri event ya masih sebatas untuk networking. Semoga tahun ini bisa upgrade untuk menaikkan kompetensi, meski tampaknya itu agak sulit karena harus tarik menarik dengan kegiatan offline lainnya. Sementara, afiliasi belum memberikan hasil yang signifikan.

7. Konsultasi teknis dasar, pencarian ide dan fokus niche ngeblog dengan senang hati diterima. Saya memang tidak membuka kelas karena membuka kelas itu bagi saya perlu tanggung jawab besar, tidak asal berani. Membuka kelas berarti harus komit meluangkan waktu untuk memantau perkembangan anggota dan memastikan anggota memiliki progres seperti yang diharapkan. Komitmen tersebut sulit saya penuhi. Tapi kalau ada yang mau mengkoordinasikannya, hayuk saja.
Tapi sebenarnya saya bukan orang yang ribet, kalau butuh tukar pikiran, langsung saja email, inbox di akun media sosial atau WA (meskipun slow respon). Insya Allah semua dijawab, asal bukan soal drama dengan blogger lainnya atau gosip-gosip dunia persilatan. Bukan mau sok suci, tapi justru karena saya orangnya gampang pengin tahu, ntar urusan saya sendiri jadi nggak selesai karena sibuk kepo. Hahaaa....

Jadi kita akan ketemu dalam suasana yang lebih excited dan penuh warna di blog beyourselfwoman. Sering-sering main kesini ya.

14 comments:

  1. Banyakin artikel-artikel serba serbi Jogja kayaknya oke juga tuh, Mbak. Karena dari popular lists kan kelihatan banyak tuh yang butuh. Useful banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih betul banget mamake. Kalau aku bikin postingan ttg Jogja, selalu pvnya bisa puluhan ribu.

      Delete
  2. Duh Mbak pengen deh nanya soal blog ku baiknya di bawa ke arah mana? *Langsung nyanyi*

    ReplyDelete
  3. keren mbak, semoga di tahun 2017 beyourselfwoman lebih banyak lagi menghasilkan konten yang unik dan bermanfaat. Semakin banyak pengunjungnya dan sukses selalu, hihihi udah kayak doa selamat ulang tahun aja ya. :D

    ReplyDelete
  4. Waduuhh piye iki soal curhat makin diminimalisir, padahal aq malah pengin nambahin porsinya di blogku hihihiii.. Preambule pake curhat itu seru je mba :)

    ReplyDelete
  5. ngurangi curhat dan foto pribadi.. kayaknya emang perlu deh... banyak belajar dari beyourselfwoman :) makasih mba

    ReplyDelete
  6. freebies tuh apa ya mbak? serius nanya.

    ReplyDelete
  7. Aku suka sama isi kontennya, menarik dan beda sama lainnya. Dan itu aku suka, meskipun jarang komentar tapi selalu baca postingannya.

    ReplyDelete
  8. Aku sama kayak mbak Uniek, malah lagi pengin memperbanyak curhat karena pv nya tinggi bianget di blog2 aku xD

    ReplyDelete
  9. Video dan vlog yang pengen kuasah, terkadang ketika traveling sudah niat banget eh ketika ngedit malesnya minta ampun...jadi cuma nimbun di hardisk bhuahahah

    Semiga kita sama-sama konsisten ya mba di tahun 2017 ini :D

    ReplyDelete
  10. Masih blogger baru..masih banyak belajar nih dari yang sudah wara wiri :)
    Kalau ikut kompetisi, pesertanya harus yang domisili di Indonesiakah?

    ReplyDelete
  11. assik assik...aku yakin blog ini tetap dengan ciri khasnya di 2017.
    oiya blm follow yutube...n*newtab-yutub

    ReplyDelete
  12. aq suka blognya mbak, 2017 semoga makin berjaya be your self woman

    ReplyDelete
  13. Postinganku masih banyakan curhatnya mbak Lus, lha kalo nulis curhatan malah makin lancar jaya nulisnya heheheh. Penginnya nulis curhat yg bermanfaat bagi pembaca :)

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.