DIY Membuat Basket Dari Kain Untuk Cover Vas Bunga Atau Pot Tanaman

Sunday, October 22, 2017

DIY membuat baskt dari kain untuk cover vas bunga atau pot tanaman ini berdasarkan usul mak Irul dari catatansiemak.com ketika melihat foto yang baru saya unggah di IG @beyouprojects.

diy fabric basket


Sudah follow @beyouprojects belum? Akun tersebut adalah etalase hasil karya saya alias online shop baru saya. Yuk, difollow. Sebagai akun online shop, tentu yang saya pajang yang bagus-bagus saja. Sedangkan prosesnya yang penuh drama, tetap saya posting di akun IG @beyourselfwoman. Di @beyourselfwoman, saya berbagai tips, trik, tutorial, event dan bukti-bukti kegagalan saya dalam menghasilkan karya. Heheheee.... Semua karya butuh proses. 

Usul mak Irul sebenarnya bukan yang seperti ini tapi yang ada pegangannya. Tapi berhubung fungsinya sama dan contohnya ada, saya posting ini dulu. Yang lainnya menyusul.

Setelah mendapat masukan dari mak Irul, I did a stupid thing. Seharian saya menyambung perca yang super kecil untuk membentuk sebuah lembaran yang akan saya gunakan untuk membuat basket tersebut. Idenya untuk memanfaatkan perca tersebut karena sudah menumpuk. Ternyata prosesnya lama banget dan hasilnya jadinya juga buruk karena jenis kainnya nyampur. Ya begitulah, dibalik layar ada saja bencananya. Hahahaaa....

Tadinya saya sudah menulis setengah draft halaman untuk bercerita tentang berbagi tutorial di WAG. Tapi ketika teringat sebuah foto di IG @beyourselfwoman, saya pun mengulik file foto. Ya ampun, ternyata saya belum menuliskan tutorialnya di blog, cuma sudah posting fotonya di IG. Sering sih lupa seperti itu karena di IG lebih praktis daripada di blog. Meski begitu tetap ada yang menunggu tutorialnya di blog karena bisa lebih detil diikuti.

Apa nggak takut, jualan dengan tutorial sama? Nggak ah, biasa saja. Tutorial seperti itu bukan ciptaan dan hak milik saya karena mudah kok ditemukan di internet. Hanya saja kebanyakan tutorialnya menggunakan bahasa Inggris dan satuan asing, misalnya inci atau inch dan yard. Saya membantu teman-teman dengan menulisnya dalam bahasa Indonesia dan berusaha untuk mempermudahnya karena saya mencoba tutorial tersebut lebih dulu sebelum membaginya. Lagipula pasti ada saja kok yang tidak punya waktu membuat sendiri karena sibuk dengan hal lain tapi ingin memilikinya untuk menghias rumah atau dijadikan properti foto.

Yuk, kita mulai membuatnya!

Bahan yang dibutuhkan adalah 2 lembar kain outer dan 2 lembar kain inner. Jenis bahan terserah saja. Disini saya menggunakan kanvas untuk inner dan kain asahi untuk inner. Kain kanvas saya pilih karena teksturnya yang tebal dan kasar sehingga bisa berdiri dengan baik. Sedangkan kain asahi saya pilih karena tidak punya pilihan lain. Heheheee.... Kain asahi sering digunakan sebagai furing baju.

Ukur semua bahan sama persis, lalu gunting dan jahit. Ukuran juga bebas saja, disesuaikan dengan pot atau vas yang teman-teman miliki. Yang saya buat itu berukuran jadi tinggi 20 cm dan lebar 18 cm. Sewaktu mengukur, saya lebihkan 1 cm disemua sisi untuk kampuh jahitan. Jika khawatir kampuh terlalu sempit bisa ditambah tapi jangan lebih dari 2 cm supaya tampilan nggak numpuk tebal di pinggiran. Seperti tutorial saya yang lain, kalau tidak punya mesin jahit, bisa jahit tangan. Memang, jahit tangan itu lama. Tipsnya, menjahitlah sambil nonton TV.

Cara menjahit bagian awalnya seperti foto dibawah ini:

diy fabric basket

  1. Sambung outer dan inner dengan menjahit di bagian kain yang buruk. Jahit di sisi yang pendek. Lakukan hal sama untuk pasangan outer dan inner satunya.
  2. Satukan kedua pasangan tersebut dengan menjahit keliling. Cara menumpuknya, outer ketemu outer, inner ketemu inner dengan bagian bagus saling berhadapan, bagian buruk diluar. Sisakan beberapa cm tidak dijahit untuk membalik. Saya menyisakannya di bagian samping inner.
diy fabric basket

Ukur dan gunting 4 sudutnya seperti foto diatas. Lebar guntingan terserah saja. Fungsi guntingan itu adalah untuk membentuk bagian bawah cover. Disitu saya menggunakan ukuran 4,5 x 4,5 cm.

diy fabric basket

Pertemukan dan jahit bagian yang digunting tersebut seperti foto diatas. Teman-teman bisa menggunakan cara lain untuk membuat sudut seperti itu, seperti yang pernah saya lakukan untuk membuat pouch lalu.


diy fabric basket

Melalui lubang yang tidak dijahit tadi, baliklah agar permukaan yang bagus berada diluar. Rapikan bagian dalamnya agar tiap sudut membentuk sempurna. Lalu, jahit lubang tersebut semepet mungkin dengan pinggir kain agar rapi. Sebenarnya, bagian lubang itu lebih rapi dijahit tangan sih.

diy fabric basket

Kita sudah sampai bagian akhir. Masukkan inner kedalam outer. Rapikan agar outer dan inner di mulut basket sejajar dan rapi. Setelah itu, jahit tindas keduanya.

diy fabric basket

Taraaa.... sudah jadi. Seperti inilah bentuk aslinya. Supaya kece seperti basket dirumah bule-bule di pinterest, lipat saja mulut basket dengan bagian inner berada diluar sekitar 5 cm atau sesuka teman-teman. Hasil akhir seperti foto pertama diatas tadi.

Mudah dan cepat kan bikinnya? Tapi kalau nggak sempat, pesan saja sama saya, bisa buat souvenir events. Hehehee.... Hayuklah, dicoba membuatnya.

You Might Also Like

7 comments

  1. Lucu keren banget ini Mbak... jadi makin cerah ceria berwarna bunganya :)

    ReplyDelete
  2. Lagi hits basket kain,sering lihat di ig...pingin bikin

    ReplyDelete
  3. wahhh.. coba saya punya mesin jahit di rumah.. bisa jahit menjahit juga nih..
    tutorialnya bagus euy..

    ReplyDelete
  4. Lucu bgt mbak, bagus.. Jadi pengin nyoba bikin

    ReplyDelete
  5. nyoba bolehlah tapi harus belajar ekstra karena saya cowok hahahaha

    ReplyDelete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.