DIY Membuat Coaster Atau Tatakan Gelas Kain Perca Paling Mudah

Tuesday, April 03, 2018

diy tutorial membuat coaster tatakan gelas


DIY membuat coaster atau tatakan gelas kali ini menggunakan perca yang seukuran dengan dengan coaster itu sendiri. Tapi jangan khawatir, yang dibutuhkan tidak banyak karena ukuran coaster juga kecil.

Sebelumnya, di blog beyourselfwoman sudah ada 2 tutorial tentang coaster. Jadi sebenarnya kebalik ya saya ngasih tutorialnya? Harusnya yang paling mudah dulu, baru 2 postingan dibawah ini. Yuk klik lagi biar ingat.

Coaster atau tatakan gelas yang akan dibuat kali ini berukuran sama atau standar, yaitu 10 x 10 cm. Jadi, kita harus menyiapkan bahan dengan ukuran 11 x 11 cm. 1 cm akan kita gunakan sebagai kampuh jahitan. Dibandingkan tutorial coaster lainnya, yang model ini akan lebih mudah karena ukuran percanya sudah langsung pas dengan yang kita perlukan, nggak perlu sambung menyambung menjadi satu.

Karena ukuran yang kecil ini pula, kalau niat, bisa kok jahit tangan, nggak capek.

Bahan yang dibutuhkan:
  • 2 lembar kain perca ukuran 11 x 11 cm. Boleh menggunakan motif yang berbeda tapi usahakan sama-sama bagus agar bisa dibolak-balik. Saya menggunakan kain batik dan errow warna putih. Kain errow biasanya digunakan sebagai furing baju.
  • 1 lembar pelapis ukuran 11 x 11 cm. Pelapisnya boleh apa saja karena fungsinya agar coaster lebih tebal untuk manahan panas minuman dan lebih kaku agar bentuknya bagus. Saya sendiri menggunakan staplek, kain keras yang sering digunakan untuk menegakkan kerah.
Yuk, mari kita mulai!


diy tutorial membuat coaster tatakan gelas


Susun bahan dengan urutan: paling bawah pelapis, bagian tengah kain dengan permukaan yang bagus menghadap ke atas, paling atas kain dengan permukaan yang bagus menghadap ke bawah. Jahit keliling dengan menyisakan satu bagian yang tidak dijahit untuk membalik. Jarak jahitan dari tepi kain adalah 1 cm.

Sebenarnya dibalik juga bisa, yaitu pelapis di bagian paling atas, tapi kalau teman-teman menggunakan pelapis busa, menjahitnya akan lebih sulit karena jarum terjebak busanya.


diy tutorial membuat coaster tatakan gelas


Balik susunan kain melalui bagian yang tidak dijahit sehingga bagian kain yang bagus berada diluar semua. Rapikan, lalu tandai bagian tengah kain agar membentuk kotak 6 x 6 cm. Jahit bagian yang ditandai tadi. Kalau menggunakan mesin jahit dan percaya diri, nggak perlu ditandai sih. Cukup jahit dengan jarak 2 cm dari tepi.

diy tutorial membuat coaster tatakan gelas 

Terakhir, tutup bagian yang belum dijahit tadi menggunakan jahit tangan. Saya tidak jahit tindas keliling karena bentuknya lebih bagus kalau gembung begitu akibat dijahit kotak bagian tengahnya tadi. Mengapa lubangnya tidak dijahit mesin saja? Tuh, lihat di foto. Nggak bagus kalau dijahit mesin hanya dibagian yang terbuka saja seperti itu. 

Oke, sudah jadi. Tutorial saya memang tidak menyajikan yang hasilnya bagus saja. Yang hasilnya kurang bagus juga saya tampilkan agar teman-teman tidak perlu buang-buang waktu bereksperiman. Belajar dari kesalahan orang lain itu lebih murah daripada belajar dari kesalahan sendiri. Heheheee....

Selamat mencoba! Kalau punya ide yang lain, ajak saya untuk mencoba, ya.

You Might Also Like

5 comments

  1. wah keren dan hasilnya benar2 bagus, kalau bisa ada tutorialnya tu heehee, salam kenal ya !

    ReplyDelete
  2. Lihat postingan MakLus itu selalu bikin mupeng 😍😍😍😍😍

    ReplyDelete
  3. Kreatif banget mak Lusi ki..so inspiring..TFS Mak Lus, bisa dicoba :)

    ReplyDelete
  4. Sebenarnya sampai saat ini masih bingung fungsinya coaster. beli beberapa kali..kok nggak nyaman juga naruh gelas pake tatakan kain..

    Tapi seru juga ya kalau bisa membuat sendiri gini..

    ReplyDelete
  5. yang gak bisa jahit, bisa diakalin pakai glue gun (lem tembak) gak mbak?

    ReplyDelete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.