Free Printable Gift Hang Tag Bentuk Geometris

Wednesday, October 24, 2018

Free printable hang tag ini saya persembahkan buat teman-teman yang berkepribadian hangat karena suka memberikan gift tapi juga tegas dengan bentuk-bentuk geometris. Hihiii kontradiktif, ya?



Sebenarnya enggak juga. Coba dikepoin akun-akun instagram interior para mommy yang kekinian. Banyak kan yang suka bentuk-bentuk geometris, baik berupa cat dinding, sarung bantal maupun hiasan dinding. Agar suasana ruangan lebih hangat, dipilihlah warna-warna yang cute atau girly.

Beberapa waktu lalu, saya sudah membuat free printable kitchen label sticker yang bisa langsung teman-teman download. Hanya saja, jika ingin customized, teman-teman harus menghubungi saya dulu. Kali ini, teman-teman bisa langsung menimpa template yang saya berikan ini dengan tulisan di photoshop atau tulisan tangan manual.


Kalau teman-teman menjelajah pinterest, gift hang tag ini happening banget. Hang tag tersebut tidak hanya digunakan untuk goodie bag atau hadiah ulang tahun, tapi juga untuk pemberian yang lebih personal, misalnya pudding in the jar, cake in the mug, buku, dan sebagainya. Ibu-ibu "sana" memang senang memberikan perhatian in a sweet way. 



Ibu-ibu sekitar saya juga perhatian kok, tapi dengan cara yang lebih praktis, misalnya ngirim semangkok kolak. Hehehehee.... Ada satu ibu yang lain dari yang lain, yang beberapa kali saya ceritakan di blog ini. Namanya mbak E, mantan tetangga saya, ibu dengan 6 anak, yang selalu melakukannya secara personal. Beliau rajin berdakwah dengan cara yang simple dan sweet. Misalnya beliau mengirim semangkok kolak, maka akan disertakan print ayat atau kisah yang digulung rapi dan diikat dengan pita. Kolak tersebut tidak lagi sebagai hantaran tapi meninggalkan kesan yang jauh lebih dalam dan bertahan sangat lama hingga bertahun-tahun, hingga membuat saya selalu ingat beliau sementara ingatan terhadap tetangga lain memudar.

Semisal kita membuat schootel 5 cup, lalu ingin memberikan 1 cup ke tetangga, jangan lupa menyematkan hang tag untuk menambah kesan dari sekedar 1 cup schootel. Kita bisa menuliskan kata-kata yang sok akrab supaya hubungan dengan tetangga cair, misalnya Selamat Pagi Tetangga Kece.

Jadi, gift hang tag ini saya buat menggunakan aplikasi canva.


Teman-teman bisa membuat yang lebih bagus lagi kalau sempat karena sebetulnya saya tidak bisa design grafis sama sekali. Template ini hanya menggabung-gabungkan apa yang ada di canva.com.

Postingan ini bertujuan untuk memancing ide dan membantu teman-teman yang sibuk sehingga tidak sempat membuat hang tag sendiri.




Ukuran kertas yang saya gunakan adalah A4 dengan file png. Teman-teman bisa membukanya melalui photoshop, corel atau paint untuk menambahkan tulisan. Kalau ingin menggunakan tulisan tangan, gunakan kertas print yang sesuai. Kertas print yang licin biasanya akan membuat tinta pena bleberan dan luntur. Teman-teman bisa print sendiri di rumah. Kalau saya sih lebih suka print di tempat fotocopy atau cetak digital karena tintanya akan lebih baik. Lagian murah aja kok.

Bulatan-bulatan di tengah atas itu sebagai patokan untuk melubangi menggunakan stapler. Untuk pengikat atau penggantungnya bisa menggunakan pita, tali goni yang banyak dijual di toko kerajinan atau toko buku dan bermacam tali lain. Bebas.

Sebenarnya banyak banget free printable hang tag di internet, terutama dari blog atau website asing. Sayangnya, banyak pula yang link downloadnya diputer-puter kemana-mana dulu. Sering pula bolak-balik klik tapi larinya ke iklan. Sementara free printable freebies di blog beyourselfwoman tidak seperti itu karena saya belum tahu cara mendapatkan klik dan uang dari muter-muter klik seperti itu dan belum sempat mempelajari efeknya terhadap blog ini. Heheheee. 

Oke, silakan dimanfaatkan. Sampai ketemu lagi di freebies selanjutnya.

You Might Also Like

2 comments

  1. Bagus juga nih Mbak idenya kasih hang tag.. Bagi sebagian orang yang suka printilan kecil akan berkesan. Btw Mbak Lusi pake kertas apa bilangnya di toko digital buat ngeprint ini?

    ReplyDelete
  2. jadi cantik ya bingkisan pakai hang tag gitu. Jadi pingin nyoba aplikasinya juga

    ReplyDelete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.