Demi Masak Kilat, Simpan Sayuran Mentah Ini, Semua Pasti Doyan

Wednesday, January 02, 2019

Waktu yang sempit tapi tetap ingin makan dari dapur sendiri tidaklah mustahil. Siapkan lauk praktis dan sayuran mentah saja. Semua pasti doyan.


iceberg lettuce
Lettuce. Pic from amazon.com

Sebenarnya, beli makanan di luar itu tidak dosa. Kalau memang tidak sempat masak, masa tidak makan? Namun, jika masih punya waktu, walaupun sempit, tak ada salahnya mencoba masak sendiri. Yang sulit ditemukan di warung-warung makan adalah sayuran. Kalau lauk sih banyak pilihan. Sedangkan sayur itu faktor yang super merepotkan bagi pemilik usaha makanan karena jika dimasak bening atau sop tidak bisa awet dan tidak bisa dipanaskan. Jika dipanaskan, cita rasanya akan berbeda. Kalau ingin awet, biasanya sayuran dimasak oseng-oseng atau berkuah santan.

Untuk menu populer seperti ayam goreng, ayam penyet, mie goreng, nasi goreng dan sebagainya, seringkali pengelola warung pelit banget menambahkan sayur. Kadang cuma timun 2 iris tipis atau sesobek kobis. Menu yang sangat tidak seimbang tapi banyak yang memakannya hampir tiap hari.

Selain keberadaan sayur segar yang cukup langka si warung-warung, memasak sendiri tentu lebih hemat dan higienis. Namun yang bikin malas untuk masak sendiri itu adalah persiapan yang lama. Kebayang nggak sih, ibu bekerja dan mengantar anak ke sekolah juga tapi masih harus masak juga? Tapi dengan satu lauk siap masak atau telor ceplok dan sayur mentah akan sangat menghemat banyak waktu untuk masak sarapan dan bekal sekalian. Jika ada waktu luang, bisalah memasak lauk yang lebih fresh, bukan yang siap masak atau siap saji.

Sayangnya tak semua orang doyan sayuran mentah, apalagi anak-anak. Tapi sebagai ibu, kita tidak boleh menyerah. Berbagai cara saya coba, antara lain dengan menambahkan mayonaise atau thousand islands. Ternyata tak semua jadi enak juga. Ada beberapa sayuran mentah yang pahit atau rasanya aneh. Tak perlu dipaksakan. Hidup cuma sekali, tak perlu menyiksa diri dengan makanan yang kita tidak doyan.

Baca juga: Resep Salad Ubi Ungu Brokoli

Setelah lama gonta-ganti sayuran, beberapa sayuran ini layak disimpan di kulkas untuk dikonsumsi kapan saja jika tak punya banyak waktu untuk memasak. Perlu saya tekankan, ini hanya berdasarkan suka dan tidak suka. Kandungan gizinya tentu banyak dibutuhkan, hanya saja tidak saya rinci untuk menyesuaikan dengan judul.

1. Lettuce 


Lettuce adalah favorit keluarga saya karena tinggal dicuci dan disobek-sobek. Untuk meningkatkan selera makan yang lebih baik, dirajang dengan pisau akan lebih baik dan lebih enak. Bentuk lettuce seperti kubis tapi lebih renyah dan juicy. Tak heran selalu tersedia di menu prasmanan hotel. Sayangnya di pasaran tak selalu tersedia, itupun di supermarket dan agak mahal. Sepertinya musiman. Kalau pas ada pun kita harus teliti, ada ulat atau tidak. Sebenarnya lettuce ada bermacam-macam. Ada yang bulat seperti foto diatas yang disebut iceberg lettuce. Yang seperti itu langsung dimakan enak, dikasih mayonaise apalagi. Ada juga yang bentuknya seperti sawi hijau, biasanya cuma diberi dressing ringan, misalnya minyak zaitun. Ada juga yang bentuknya mirip daun selada.

2. Timun


Timun ini termasuk buah atau sayur, ya? Heheheee.... Sebenarnya paling enak zuccini atau timun jepang, tapi mahal harganya. Timun selalu ada dimana-mana. Jadi, pakai timun lokal saja di tukang sayur. Untuk timun lokal, saya pilih timun baby atau timun lalap yang kecil-kecil itu. Harganya seplastik besar cukup murah, paling Rp 7.000,- berisi 10-15 buah tergantung ukuran. Meskipun bentuk luarnya tidak semulus timun normal tapi saya jarang menemukan timun lalap yang pahit.

3. Daun Selada


Daun selada juga termasuk yang banyak tersedia dimana-mana. Tapi tak semuanya enak. Selada yang biasa saja saya gunakan untuk campuran gado-gado karena rasanya agak pahit jadi tertutup sambal gado-gado. Tapi untuk masak cepat, saya gunakan selada hidroponik yang masih di pipa air (nggak tahu namanya) supermarket. Rasanya segar. Saya pernah mencoba selada hidroponik yang sudah dikemas plastik, rasanya agak pahit juga. Kalau tidak ada, bisa menggunakan selada merah. Yang sudah diplastik juga tak apa. Selada merah ini yang paling kami sukai.

4. Wortel


Ada penggemar makanan cepat saji jepang yang isinya macam-macam rolade goreng? Biasanya sayuran yang digunakan adalah wortel serut. Wortel serut ini memang enak sih, tapi pilih wortel baby ya karena teksturnya lebih halus dan rasanya tidak tajam.

coleslaw
Coleslaw. Recipe by Rachel Ray Magazine

5. Kubis / Kol


Kubis ini biasanya berpasangan dengan wortel serut lalu ditambah mayonaise, jadilah coleslaw. Pilih kubis yang daunnya tidak terlalu tebal dan tulangnya tidak terlalu besar. Biasanya saya pilih kubis putih jika beli di supermarket tapi jika beli di tukang sayur malah beli yang warnanya hijau. Jangan lupa dirajang halus agar rasanya lebih segar tidak getir di mulut. Saya pernah nyoba kubis merah tapi kok kurang banyak yang suka ya karena daun dan tulangnya besar jadi kurang enak.

Baca juga: Vegetable Haul Setelah Libur Panjang

Nah itulah  sayuran yang saya rekomendasikan. Tomat nggak masuk? Sementara belum karena belum menemukan jenis tomat yang semua doyan. Sudah mencoba tomat biasa, hidroponik dan cherry tapi masih ada yang mengeluh nggak suka karena ada rasa sedikit kecut.

Kok kacang panjang nggak masuk? Yang suka kacang panjang malah lebih sedikit lagi karena kata mereka langu (bahasa Jawa). Aroma mentahnya terlalu tajam. Kok terong lalap nggak masuk? Yaaah itu mah ibu-ibu aja yang doyan, dilepeh sama anak-anak.

Jadi ini dulu aja ya sayuran mentahnya, nanti kalau sudah nemu yang semua suka, update lagi.


Yang penasaran siapa yang jadi pencicip, tester atau responden, jawabnya adalah keluarga saya dan teman-teman keluarga yang pernah makan di rumah saya.

Ada usul lain?

You Might Also Like

20 comments

  1. Aq juga terlalu gak doyan sayur mentah tp 5 sayuran itu aq doyan semua, bener kacang panjang sm toge tuh kalau gak di masak bau langu, terong mentah gak sanggup makannya, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terong mentah itu gimana ya, nggak paham kok ada yg doyan wkwkwk

      Delete
  2. aku suka smua sayuurr. wortel dan buncis yg harus slalu ada. Klo segala macam selada juga hrs ada sjak kenalan sama saus wijennya kewpie. Duh enyaakk

    ReplyDelete
  3. samaaa dong mba..kalaa aku juga suka jamur dan sawi. Oseng-oseng aja udah enak banget..anak-anak sih favoritnya kentang dan wortel so far :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jamur dikasih kocokan telur enak deh mbak.

      Delete
  4. saya suka sayuran. Malahan kalo makan nggak ada sayur kayak seret gitu, jadi saya wajib sayur. Setuju ... masak sendiri, hehe ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, aku selalu tanya mana sayurnya kalau di resto

      Delete
  5. aku suka banget sayuran mentah kayak kacang panjang, tomat,ama rebusan daun singkong. dimakan pake smbal gandaria, mantaaaap :D.

    kalo sayuran lain, yg salad2 kebule2an, juga suka sih, tp harus pake dressing yg light seperti vinnaigrette yg asam manis seger. kalo dressing yg creamy aku ga trlalu suka :D

    ReplyDelete
  6. Kalau aku selalu ada di rumah tuh terong dan sawi daging Mbak. Kala kepepet, langsung bikin terong penyet atau tumis sawi daging. Super praktis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya terong dan sawi aku juga selalu ada. Tapi digoreng dulu kan?

      Delete
  7. Mak Lus, aku doyan semuanya, termasuk tomat, kacang panjang mentah, kemangi. Sayangnya anak-anak itu pemilih banget. Berbagai cara dicoba dan baru si sulung yang lolos semua sayur mentah.

    Btw, aku loh kalau beli penyetan aja, sayurnya kurang banyak. Bakulnya pelit sayur, haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba, bujuk anak2 biar mau makan sayur susah juga yah

      Delete
    2. Suka semua, tapi pake sambal bawang ya heheee

      Delete
  8. Eiya bener, saya selalu stok Timun sama Daun Selada di rumah karena memang enak, apalagi dicocol pakai sambal, duh nyess rasanya

    ReplyDelete
  9. sayur memang enak aklau dimakan langsung setelah matang ya, janagn dihangatkan lagi jd masak secukupnya saja agar tak banayk dihangatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, kalau dihangatkan rasanya jadi eneg.

      Delete
  10. Kol, timun, dan juga tomat, di kulkas juga selalu stok sih. Iya ketika makan pakai telor ceplok atau lauk lainnya, sayuran ini tinggal diiris dan dimakan mentahan aja. Apalagi tomat yang cukup membantu makan jadi kenyang, selada juga ini.

    ReplyDelete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.