Monday, July 22, 2019

Tips Mendapatkan Apartemen Sewa Harian Untuk Rombongan Peserta Pameran Di Jakarta

Saya merasakan sendiri pentingnya tips mendapatkan apartemen yang bisa sewa harian untuk rombongan peserta pameran di Jakarta. Karena apartemen di Jakarta Pusat sering penuh atau terlalu mahal ketika musim pameran, apartemen di Jakarta Selatan bisa menjadi alternatif terbaik. Jadi, artikel ini akan fokus membahas sewa harian apartemen Jakarta Selatan.

inacraft
Stan kerjasama saya dengan sahabat di Inacraft.

Setahu saya, tempat-tempat di Jakarta yang sering digunakan untuk pameran adalah:

  • Jakarta Convention Center (JCC) di Senayan, Jakarta Pusat.
  • Jakarta Internasional Expo (JIExpo) di Kemayoran, Jakarta Utara.
  • Smesco Indonesia di SME Tower, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan.
Tentu saja masih banyak tempat lain yang juga digunakan untuk event pameran tapi tak sebesar dan sesering ke-3 tempat tersebut.

Yang membuat gamang para peserta pameran dari daerah, termasuk dari Yogyakarta seperti saya, yang mau ikut pameran di Jakarta adalah bingung mau menginap dimana. Ada yang takut ditipu, takut mahal, takut preman dan terutama takut tersesat. 

Sedangkan kalau numpang di rumah saudara tidak saya sarankan. Menjadi peserta pameran itu sangat sibuk dan capek. Tidak ada waktu untuk basa-basi atau ramah tamah. Pulang juga sudah larut. Lebih baik mencari penginapan karena bisa langsung istirahat.

Umumnya peserta pameran berombongan atau barengan dari satu daerah. Tujuannya untuk menghemat taksi, menghemat penginapan dan untuk teman perjalanan. 

Untuk stan besar, biasanya terdiri dari 5 orang. Sedangkan stan kecil umumnya terdiri dari 2 orang. Sedangkan durasi pameran rata-rata 3 malam 4 hari dimulai hari Kamis dan ditutup hari Minggu atau lebih lama lagi.

apartemen puri casablanca
Foto Apartemen Puri Casablanca di Traveloka.

Beberapa keuntungan apartemen daripada hotel bagi rombongan peserta pameran:
  • Bisa sharing biaya sewa apartemen dan bayar taksi.
  • Jika kelebihan 1 orang bisa tidur di sofa.
  • Bisa untuk menumpuk stok pameran yang hand carry. Jika terlalu besar, tentu tak akan diijinkan pengelola apartemen.
  • Bisa untuk diskusi atau rapat kilat membahas peristiwa atau pemasukan hari itu dan strategi untuk keesokan harinya.
  • Bisa untuk menyiapkan sarapan rame-rame atau masak larut malam jika masih lapar setelah jaga pameran.

Untuk event yang tidak terlalu besar, mungkin tidak terlalu masalah, banyak penginapan tersedia. Saya akan mengambil contoh yang ekstrim saja, yaitu Inacraft sebagai event kerajinan tahunan terbesar di Indonesia, yang bertempat di JCC. Event ini diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia, baik pengusaha besar, UMKM, mitra binaan swasta dan BUMN maupun binaan pemerintah daerah. Semua tumplek blek dan selalu ramai tiap hari.


Berbagai cara yang dilakukan peserta pameran untuk sampai di JCC. Ada yang seluruh biaya ditanggung sendiri dan ada yang mendapat bantuan dari mitra. Saya dan teman saya dulu mendapat bantuan biaya stan dan transportasi barang dari Kementrian Perindustrian dan Perdagangan, sedangkan biaya produksi dan akomodasi harus ditanggung sendiri. Alhamdulillah tetap untung banyak.

Saat itu agak sulit mencari penginapan karena hampir semua penginapan yang menjadi incaran (sesuai budget) sudah penuh. Penginapan yang diidamkan adalah yang dekat dengan JCC serta transportasi pulang perginya mudah dan murah. Pulang jaga pameran itu umumnya diatas jam 22.00 jadi serem kalau terlalu jauh. Waktu itupun sempat melihat driver ojek online dan ojek pangkalan berkelahi di salah satu pintu gerbang JCC. Sebenarnya kalau budget memadai, tentu masih ada saja penginapan seputar Jakarta Pusat yang merupakan pusat bisnis dan pemerintahan. 

Nah, berikut tips mendapatkan apartemen untuk rombongan peserta pameran di JCC:

1. Lihat Peta Jakarta Selatan


Teman-teman bisa lihat sendiri di google map diatas bahwa Jakarta Selatan memang alternatif terbaik jika penginapan seputar JCC sudah penuh. Jakarta Selatan tidak terlalu jauh dari JCC, stasiun Gambir, stasiun Pasar Senen (untuk kereta api ekonomi), bandara Halim, serta pas jika ada teman yang menyusul menggunakan mobil.


Untuk event di JIExpo memang lebih baik mencari apartemen di Jakarta Utara. Tapi karena saya mau mengambil contoh JCC, maka yang paling tepat alternatifnya di Jakarta Selatan.

Jangan tutup google map-nya, ya. Akan kita gunakan untuk langkah selanjutnya.

2. Cari Apartemen Jakarta Selatan Di Traveloka


Selanjutnya buka aplikasi atau website Traveloka. Search "Apartments in South Jakarta". Kalau lebih suka pakai bahasa Indonesia, ubah saja ke bahasa Indonesia. Saya lebih suka pakai bahasa Inggris untuk urusan booking akomodasi perjalanan karena lebih familiar dengan istilah-istilahnya. Kalau dibahasa Indonesia-kan jadi terasa janggal. Ketik tanggal rencana menginapnya.

apartemen jakarta selatan
Apartemen di Jakarta Selatan yang muncul untuk tanggal 30 Juli 2019. Tampilannya tidak seperti ini karena ini hanya contoh yang saya crop agar bisa ditampilkan dalam 1 halaman. Yang dicoret adalah yang berjarak lebih dari 5 km di google map.


Apartemen yang muncul sesuai dengan rencana kita ya, jadi bisa saja berbeda tiap kali teman-teman mengganti tanggal menginap dan jumlah orang yang akan menginap.


Jika sudah muncul, gunakan google map untuk mengukur jarak ke JCC. Eliminasi apartemen yang terlalu jauh. Biasanya saya gunakan radius 5 km lurus. Lebih dari 5 km dicoret. Fakta di jalan sebenarnya pasti lebih jauh lagi. Apalagi jalan di Jakarta muter-muter.

Cara mengukur jaraknya, klik kanan lokasi apartemen yang akan dicek jaraknya, pilih "measure distance" lalu klik lokasi JCC. Cara lain yang lebih praktis adalah dengan klik apartemen di aplikasi atau website Traveloka dan lihat keterangan dibawah peta. Jika tidak ada, tinggal klik peta lalu klik "popular in the area". Radius yang dipakai juga garis lurus di atas peta.

treehouse suites jaksel
Contoh mengukur jarak dari Apartemen Treehouse Suites ke JCC menggunakan Traveloka.


3. Menyesuaikan Budget


Setelah diringkas berdasarkan jarak, kita harus menyaring lagi berdasarkan budget. Meski dekat tapi kalau uang tidak cukup kan tetap tidak bisa dipilih. Sebagai awal, kita sorting dulu yang kamarnya lebih dari 1. Kalau cuma butuh 1 kamar, ya mendingan di hotel saja.

Setelah itu hitung biaya per orang per malam. Perhatikan bed jenis apa yang tersedia dan lihat fotonya apakah ada sofa. King bed bisa untuk 3 orang berukuran standar dengan gender yang sama. Double bed atau queen bed bisa digunakan 2 orang berukuran standar dengan gender sama atau suami istri. Sofa bisa dimanfaatkan untuk tempat tidur. Rombongan pameran jarang yang membawa anak kecil. Untuk memastikannya, kita bisa bertanya pada pengelola apartemen karena seringkali jumlah guests hanya ditulis sesuai jumlah kamar.

Harga juga akan selalu berubah berdasarkan hukum pasar supply and demand. Jadi kalau sedikit diatas budget, jangan putus asa dulu. Coba berdoa dan diulang lagi beberapa jam lagi atau keesokan hari. Siapa tahu harganya berubah karena saya dulu seperti itu. Alhamdulillah dapat harga yang benar-benar murah jika dibandingkan dengan fasilitas yang saya dapat.

4. Cek Transportasi


Transportasi itu benar-benar penting di Jakarta yang sering macet. Sekalipun mengharapkan bayar taksi patungan supaya tidak capek ke stasiun, tapi kalau jalanan sudah macet, nggak akan bisa kemana-mana. Enaknya di Jakarta Selatan adalah terbentangnya stasiun MRT sampai ke Senayan. Coba cari apartemen dengan budget sesuai yang dekat dengan stasiun MRT. 

5. Membandingkan Fasilitas Dan Layanan


Jika sudah memiliki kandidat apartemen yang akan disewa berdasarkan lokasi dan budget, berikutnya sorting berdasarkan fasilitas dan layanan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kita.

apartemen somerset berlian kuningan
Perhatikan foto sofa, bisa untuk tambahan tempat tidur. Foto Apartemen Somerset Berlian di Traveloka.

Sepertinya semua kamar apartemen jaman sekarang sudah dilengkapi AC dan TV. Jadi yang harus diperhatikan adalah:
  • Cara pembayaran apakah harus menggunakan kartu kredit atau bisa kontan di resepsionis apartemen.
  • Apakah bisa dilakukan pergantian tanggal menginap?
  • Bagaimana kebijakan pembatalan pemesanannya? Apakah dikenakan denda?
  • Apakah ada sarapan?
  • Apakah ada wifi?
  • Jika ada kelebihan jumlah tamu, apakah ada sofa yang bisa digunakan untuk tidur?

Sebenarnya mencari apartemen yang sesuai kebutuhan peserta pameran di Jakarta itu gampang banget. Banyak apartemen yang disewakan harian karena apartemen sekarang tidak hanya dibeli untuk ditinggali tapi juga untuk investasi. Yang bepergian secara berombongan, baik keluarga maupun bukan, makin banyak yang memilih apartemen karena bisa terus-terusan ngumpul di tempat tujuan. 

Semoga artikel tentang sewa harian apartemen Jakarta Selatan ini bermanfaat untuk teman-teman yang akan berpameran di Jakarta. Semoga sukses dan untung banyak. Aamiin.

5 comments:

  1. Untuk anak daerah kayak aku, liat apartemen kayak di foto gini suka mendadak antusias haha. Maklum di Palembang belum ada apartemen. Kayaknya keren gitu kalau nginap di apartemen hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas. Aku dah pernah nginep di apartemen adik. Perasaan gimana gitu melayang2 wkwkwk

      Delete
  2. Waaah.... Baru tahu caranya menginap di apartemen.
    Makasih tipsnya Mbak.
    Beberapa kali pengen mencoba tapi ragu. Sekarang lebih tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat rombongan worthy mbak daripada hotel :)

      Delete
  3. Betul juga, kalo rombongan, sewa apartemen bisa jadi pilihan karena jatuhnya bakal lebih hemat.

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.