Tuesday, October 15, 2019

Nyabar, Nyari Barang Untuk Craft Dan Jahit Di Pusat-pusat Grosir Jakarta Barat

Dahulu, 3 bulan sekali sahabat saya meramaikan group whatsapp dengan cerita petualangannya menjelajah Jakarta untuk kulakan isi tokonya. Kadang saya menyela untuk bertanya apakah alat dan bahan craft atau jahit juga bisa ditemukan disana? Di artikel ini, saya mau kasih info yang seputaran Jakarta Barat saja karena saling berdekatan dan terkenal se Indonesia, yaitu Pasar Asemka, Pasar Pagi Mangga Dua dan Harco Mangga Dua.

pasar pagi mangga dua
Foto milik www.pasarpagimanggadua.com

Sahabat saya ini tinggal di Kalimantan. Dahulu ia memiliki toko baju dan pernak-pernik perempuan, untuk anak-anak hingga ibu-ibu. Untuk mengisi toko, dia harus rutin kulakan ke Jakarta karena di kotanya masih langka penyuplai. Sekarang isi toko sudah berubah menyediakan peralatan ibadah dan haji umat Islam. Sebagai penyintas kanker, dia juga sudah jarang kulakan ke Jakarta karena harus menjaga kondisi tubuh tapi tetap mendatangkan isi toko dari Jakarta. Dia sudah memiliki penyuplai terpercaya sehingga tinggal telepon untuk meminta pengiriman produk tertentu. Lagi pula perubahan tren peralatan ibadah tidak selaju fashion dan pernak-pernik, jadi tidak perlu terlalu ngoyo datang ke Jakarta demi mendapatkan model-model terbaru.

Apapun produknya, sebelum punya penyuplai terpercaya seperti itu, sahabat saya menekankan pentingnya kita survei sendiri dan berkenalan dengan si penyuplai. Ini tidak semata untuk mendapatkan harga terbaik tapi juga mutu terbaik. Jadi jika penyuplai ada di Jakarta sementara kita di luar Jakarta, paling tidak pernah sekali datang kesana untuk selanjutnya komunikasi dilakukan secara online. Supaya survei bisa tuntas dalam sehari, lebih baik menyewa mobil. Terserah mau sewa mobil Jakarta Barat lepas kunci atau dengan sopir, itu tergantung pengalaman teman-teman dan rasa percaya diri menghadapi traffic Jakarta.

Lalu lintas Jakarta itu mengerikan bagi pendatang dari kota-kota kecil karena wilayahnya sangat luas dan dimana-mana macet. Apalagi pasar-pasar grosirannya yang menjadi tempat tujuan banyak pedagang dari seluruh Indonesia, bahkan dari negara tetangga. Teman-teman pameran saya di Pekanbaru dulu juga mengambil barang jualan dari Jakarta.

Karena itu, sebelum datang ke pusat-pusat grosir di Jakarta, tentukan tujuan utama supaya waktu teman-teman tidak habis di jalan.

Pusat grosir paling besar tentu saja Tanah Abang. Tapi letak Tanah Abang berjauhan dengan pusat grosir lainnya. Saya ingin memberi alternatif untuk yang punya waktu satu hari saja dengan hasil sebanyak-banyaknya.

Baca juga: Blusukan Ke Toko-toko Kulakan Keperluan Jahit Di Jogja

APA ITU NYABAR?


Nyabar itu kependekan dari Nyari Barang. Istilah yang sering digunakan oleh teman-teman wirausahawan atau penghobi tertentu di media sosial dan group-group chat.

Biasanya dilakukan oleh teman-teman yang mencari alat dan bahan untuk produksi mereka. Tapi banyak juga yang mencari produk jadi untuk langsung dijual di tokonya, baik toko online maupun offline.

Karena hobi saya craft dan DIY (Do It Yourself), maka fokus saya berada di group-group seputar hobi tersebut. Dari group-group tersebut saya mendapatkan banyak sekali informasi tentang cara membuat tas, topi, dompet, gamis, kerudung dan sebagainya. Tidak hanya tutorial menjahit saja, melainkan juga apa nama bahan dan dimana membelinya. Asik, kan? Belakangan pengetahuan saya bertambah ke jenis-jenis craft lain, seperti macrame, merajut, aplikasi kain dan sebagainya.

Tips dari saya ketika berada di dalam group hobi adalah luangkan waktu sebentar saja secara rutin untuk membaca apa yang diperbincangkan di group. Jangan hanya buka ketika butuh lalu menghilang lagi. Biasanya itu akan kelihatan ketika bertanya masalah yang sama yang sudah berkali-kali dibahas. Jika tidak ada waktu untuk rutin memantau group, sebaiknya sebelum bertanya, manfaatkan kolom search untuk mencari apakah kata kunci yang kita butuhkan sudah pernah dibahas. Pertanyaan yang berulang akan membuat teman-teman lain malas menjawab. Terkadang juga malah membuat teman-teman yang serius berusaha di bidang tersebut menjadi kesal karena buang-buang waktu.

Masalah orang lain bisa juga jadi sumber ide kita. Misalnya ada yang nyabar bahan tas padahal tas model tersebut selama ini kita hindari karena tidak tahu dimana mendapatkan bahannya. Ketika masalah tersebut sudah mendapatkan solusi, kita bisa mencoba membuat model tersebut.

PERSIAPAN NYABAR


Nyabar di group-group hobi membuahkan daftar panjang yang bisa menjadi pedoman tempat-tempat yang akan kita datangi. Saring daftar tersebut agar realistis berdasarkan jarak dan waktu. Cari pula rekomendasi toko-toko yang boleh membeli sample. Untuk kain biasanya ada yang memperbolehkan membeli sample sepanjang 1/2 meter. Karena ini nyabar, bukan kulakan, usahakan mendatangi sebanyak mungkin toko-toko yang direkomendasikan. Meski bukan kulakan, kadang kita menemukan bahan atau alat yang selama ini kita cari. Karena itu, supaya tidak kerepotan, sewa mobil adalah alternatif terbaik.

Jika teman saya menginap di rumah saudaranya lalu pagi-pagi mulai menjelajah Jakarta Barat, maka yang dari Jogja bisa loh nggak nginep. Caranya?

  1. Naik kereta senja, subuh mandi di stasiun Gambir, nyabar, lalu balik ke Jogja dengan kereta paling malam. 
  2. Rata-rata toko bahan dan alat craft di pusat grosir di Jakarta Barat tutup jam 18.00 dan hari Minggu tutup. Usahakan datang di hari kerja.
  3. Pilih yang lokasi pusat grosirnya berdekatan.
  4. Yang tak kalah penting, tentukan rutenya dimulai dengan pusat grosir yang buka paling pagi.

Lalu bagaimana cara sewa mobil padahal kita dari luar kota? Apakah ada persewaan mobil di Jakarta yang mau percaya dengan kita? Ada! Namanya Traveloka. Heheheee.... Tepatnya Traveloka memang bukan persewaan mobil sih, tapi dari portalnya kita bisa memilih mobil yang sesuai dengan budget. Saya cukup surprise melihat harga sewanya, karena tidak lebih mahal dari di Jogja yang merupakan kota tujuan wisata.

mau sewa mobil jakarta barat lepas kunci

Caranya sangat mudah kok. Teman-teman cukup memesan mobil yang dipilih secara online. Mitra Traveloka akan mengantar mobil tersebut ke stasiun Gambir. Sebelum mobil diserahterimakan, akan ada proses verifikasi KTP oleh si pengantar mobil. Jika teman-teman punya kartu kredit dan akun media sosial, prosesnya akan lebih cepat. Makanya, akun media sosial itu jangan buat julid dan nyinyir melulu, banyak manfaatnya. Setelah selesai nyabar, teman-teman bisa mengembalikan mobil tersebut di stasiun Gambir lagi untuk diserahterimakan ke mitra Traveloka tersebut.


PASAR ASEMKA


Dari Google, Pasar Asemka buka jam 08.00 - 18.00. Tapi ada yang menulis buka jam 09.00. Sahabat saya selalu berangkat setelah sarapan. Kalau dari Gambir sih kapan siap saja setelah mandi, ya. Mendingan sarapan di Asemka daripada di Gambir supaya dapat parkir.

pasar asemka
Foto milik www.grosirpasarpagiasemka.com
Sebenarnya Pasar Asemka didominasi kebutuhan anak-anak, ATK dan peralatan rumah tangga. Asemka tidak terlalu direkomendasikan oleh para crafter karena tidak banyak pilihan bahan dan alat. Selain itu antar toko saling berjauhan, tidak berkumpul. Toko-toko tersebut kebanyakan berada di luar, tidak di dalam gedung pasarnya yang bertingkat itu. Toko alat dan bahan craft yang terkenal di Asemka adalah Kirana, Sunflower (rajut) dan Aneka Renda. Tapi sempatkan melihat toko-toko lainnya juga.

Bahan dan alat crafting yang menonjol di Pasar Asemka adalah pita, mote, resleting hias, webbing, ring, behel, rantai nikel untuk hiasan tas dan masih banyak lagi.

PASAR PAGI MANGGA DUA


Pasar Pagi Mangga Dua buka jam 09.00 - 18.00. Jadi meski namanya Pasar Pagi, tapi nggak pagi-pagi banget. Selain buka setelah Asemka, tempatnya juga lebih nyaman karena di dalam gedung berpendingin. Karena itu kita letakkan setelah Asemka saja.

Enaknya lagi, toko-toko alat dan bahan craft berkumpul di lantai 3. Kalau teman-teman dapat parkir di ITC, tinggal nyebrang saja lewat jembatan penghubung dengan Pasar Pagi. Dekat jembatan penghubung itu sudah mulai ada deretan toko tersebut. Masuki saja satu-satu. Teman-teman tidak hanya mendapatkan peralatan jahit saja tapi juga peralatan craft lainnya, seperti alat dan bahan membuat boneka, kalung, gelang serta berbagai souvenir.

Baca juga: 7 Akun Instagram Toko Alat dan Bahan Jahit Atau Craft Di Jogja

Pemilik toko disini juga lebih fleksibel. Mereka sudah tahu mana yang cuci mata saja, mana yang hobi craft dan mana yang punya usaha craft. Mereka selalu siap dengan kartu nama dan bersedia dipesan dari jarak jauh. Ada beberapa toko favorit yang sering disebutkan para crafter seperti Charisma, Lou Bang Button dan Gesper 88. Tapi sebenarnya tiap toko ada plus minusnya kok.

Di Pasar Pagi ada kain juga. Bahkan Pasar Pagi merupakan pusat tekstil terbesar kedua se Asia Tenggara setelah Tanah Abang. Meski tidak semurah Tanah Abang, tapi sekalian saja keliling untuk melihat motif kain yang sedang tren.

HARCO MANGGA DUA


Nah, ini sebenarnya bonus kalau ada waktu lebih karena biasanya sudah banyak yang terlalu lama di Pasar Pagi. Atau dibalik saja, ke Harco dulu, baru ke Pasar Pagi karena jam 15.00 di Harco sudah banyak yang tutup meski di Google tertera tutup jam 17.00. Jadi kalau lupa diri di Pasar Pagi nggak masalah. Saran saya sih, di Asemka jangan lama-lama supaya alokasi waktunya bisa dialihkan ke Harco. Harco ini letaknya di seberang Pasar Pagi. Tapi kalau mau pindah parkir harus jalan dulu dan balik arah.

harco mangga dua
Foto milik facebook Toko Dhenig
Harco memang terkenal sebagai pusat elektronika. Secara umum Harco mulai sepi karena banyak toko elektronik yang tutup, mungkin bangkrut. Entahlah, saya tidak akan bahas. Toko-toko alat dan bahan craft ini ada di depan-depannya, bukan di gedung yang besar, melainkan di jalan menuju gedung yang besar itu. Letaknya tak jauh dari pintu utama, jalan sedikit lalu belok kiri sudah berjejer tokonya. Kalau bingung, mendingan tanya satpam di pintu masuk kendaraan.

Toko alat dan bahan craft di Harco sudah dikumpulkan per kategori. Misal untuk busa, kulit sintetis dan aksesoris sudah dikelompokkan.  Yang menonjol disini kain kanvas dan kulit sintetis impor untuk membuat sandal, tas, dompet, jaket dan sebagainya. Lucu-lucu motifnya. Toko-toko kulit yang direkomendasikan teman-teman antara lain Prima, Multi, Sumber Dunia, Dhenig dan JB Sol. Untuk pernak-pernik seperti gesper dan sebagainya ada di Sylvania. Toko lain masih banyak.

Saya rasa 3 tempat ini, Pasar Asemka, Pasar Pagi Mangga Dua dan Harco cukup untuk nyabar, berburu alat dan bahan craft atau jahit. Kalau masih ada waktu sebelum ke stasiun Gambir, bisa mampir ke Kota Tua dulu yang letaknya juga berdekatan meski jalannya muter-muter. Lumayan bisa refreshing sebentar dan foto-foto buat konten instagram. Disinilah untungnya sewa mobil, belanjaan nyabar bisa ditaruh di bagasi mobil. Kita bisa bebas lari-larian dan sepedaan di Kota Tua.

31 comments:

  1. Jadi kangen ngecraft, banget!
    Saya pernah 2x jelajah Asemka sendirian. Asyik banget, ya. Harganya amit-amit murahnya.
    ((amit-amit))
    Duh, kalau ga kekep dompet dengan ketat, bisa ga pulang karena kehabisan uang atau kepayahan bawa belanjaan. Hihihi...
    Kalau sewa mobil gini... bisa pesan jauh-jauh hari, ya. Ga takut kehabisan uang, karena sudah dibayar duluan.

    Tuh kaaan... jadi kepikiran belanja. Btw, belum pernah ke Harco. Malah baru tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau ke Asemka bawaannya borong. Kalau harco kebanyakan kulit2 gitu sih mbak, buat craft lain nggak ada.

      Delete
  2. Bahagia sekali bisa explore pasar di berbagai pusat grosir di Jakarta ya, bisa langsung borong ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Borongnya setelah nemu toko yg pas mbak biar nggak kehabisan waktu

      Delete
  3. Nyabar!
    Istilah yg cool dan kekinian banget Mak Lus.
    Kalo anak2 muda mabar alias main bareng yak :D
    Yang jelas, pakai Traveloka semuaaaaa jadi gampil.
    acara Nyabar juga makin asyiik
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Kalau cari barang2 pernak pernik untuk jahit atau kerajinan tangan, memang lengkap banget tuh di Asemka dan Mangga dua. Terus juga harganya rada miring :)

    ReplyDelete
  5. Berguna sekali ini buat yang hobi craft, ya. Kalau tau tempatnya bisa borong banyak dengan harga murah

    ReplyDelete
  6. Wow keren nih mba nyari perlengkapan alat jahit jauh tapi tetap semangat :)

    Memang satu sisi Jakarta lengkap ya mba. DUh Traveloka memang andalan banget yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jakarta terlalu luas buatku, satu sisi saja cukup :)

      Delete
  7. Seneng banget kalau berada di pusat grosir, grosir apapun itu. Bisa kalap, beli yang diluar rencana, 😀😀

    ReplyDelete
  8. Belum pernah ke Asemka. Mangga Dua kayaknya pernah. Kirain harga di daerah lain lebih murah, loh. Ternyata yang dari daerah lain justru ke Jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kayak kulit gitu lebih murah di Jogja, tapi motif2 yg lagi tren apalagi impor nggak banyak pilihan

      Delete
  9. Tempat belanja favorit ini sih.. kalo ke asemka itu suka laper mata ngga sih, rasanya apa aja mau dibawa pulang.. ingin satu toko ada dirumah, jadi ngga perlu bolak balik ke asemka hehe lumayan dari depok jauhnyaa.. tapi puas sih cari barang di asemka dan mangga dua sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penginnya langsung kulakan & buka toko sendiri heheee

      Delete
  10. Bermanfaat banget mbak, sebagai penjahit aku pengen banget datang kemari dan cari barang sepuasnya. Pakai Traveloka semua jadi mudah dan membantu banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, buat yg dari luar kota kayak aku terbantu banget.

      Delete
  11. Informasi yang bermanfaat sekali nih Mbak terutama buat yang punya hobi sama seperti Mbak. Jadu nggak susah lagi ta kalau mau cari barang di pasar tanah abang. Sayangnya saya belun pernah injak kota Jakarta so kalau ke sana pastinya butuh informasi-informasi yang seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau tambah ke tanah abang juga nggak cukup waktunya.

      Delete
  12. Asemka ini tujuan favoritku dan anak-anak kalau ke Jakarta, mainannya lengkap damurah murah meriah bersahaja banget, tapi aku baru tahu di situ juga ada toko untuk crafter, kapan-kapan ccoba ke situ ah, siapa tahu nemu barang yang lucu yang nggak ada di Jogja :)

    ReplyDelete
  13. Wah teman mpo juga suka beli bahan buat jahit di asemka. Kalau mpo kesana beli platik botol, tempat makan.opst beda tujuan tapi yang penting sama, harga murah

    ReplyDelete
  14. Aku malah baru tau pasar2 itu jujugan perajin crafter gtu hehe. Wah noted nih kapan2 kalau ke sana bisa beli perlengkapan misal buat jahit atau apa gtu ya mbak.
    Iya sih ya tanah abang mayan jauh dr pasar2 lain tapi kyknya di sana jg ada kan ya utk peralatan jahit, temenku suka bikin tas dan kaau belanja kain di tanah abang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanah Abang memang ada mbak, tapi lain hari aja, kalau sehari dg 3 tempat ini nggak cukup. Kalau disana biasanya cari gamis sih hehee

      Delete
  15. Banyak testimoni ok tentang pasar asemka, pan kapan kalau ke jakarta kudu mampir ini mah hihihi

    ReplyDelete
  16. Saya kira nyabar adalah mencoba bersabar ya ampon :'

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.