Monday, November 11, 2019

Daur Ulang Gelas Dengan Huruf Timbul Jadi Vas Bunga

Punya gelas dengan huruf timbul seperti gelas Coca Cola dibawah ini? Bisa didaur ulang jadi vas bunga dengan nuansa vintage loh. Mudah banget!

daur ulang gelas coca cola jadi vas bunga


Kalau dipikir-pikir, saya jarang banget beli gelas. Nyaris tidak pernah tapi pernah. Heheee.... Saya bukan tipe yang apa-apa harus seragam, termasuk untuk interior rumah. Jadi seadanya saja dipakai. Saya punya banyak sekali gelas, mug, piring, tumbler dan termos dari event atau belanja keperluan rumah tangga. Beberapa sudah saya berikan orang agar sisanya pas masuk ke lemari saya yang cukup kecil. Tinggal itu saja yang saya pertahakankan.

Saya kurang menyukai gelas bening karena clumsy, takut pecah. Apalagi gelas yang lehernya menyempit, susah mencucinya sehingga harus pakai pembersih botol. Kebetulan saya punya beberapa gelas Cola Cola hadiah dari Mc Donalds. Yang warna-warni sudah saya jadikan vas karena warnanya cakep banget. Lihat saja di instagram @beyourselfwoman. 


Yang akan saya daur ulang ini bening saja tapi huruf timbulnya cukup menonjol, jadi saya rasa akan bagus buat praktek daur ulang jadi vintage kali ini. Praktiknya sendiri sudah lama dilakukan, ketika saya mencoba-coba daur ulang beberapa wadah sebelum mengisi workshop Toko Cat Lancar. Tapi menuliskannya di blog baru terpikir sekarang ketika mencari konten untuk instagram di kamera saya. 

Sayangnya, waktu percobaan dulu tidak sempat saya rekam untuk diunggah di youtube. Sepertinya sih, sudah ada beberapa videonya dari youtuber luar negeri. Ibu-ibu bule suka banget dengan daur ulang semacam ini, tidak hanya untuk vas tapi juga untuk tempat gula, tempat lilin dan aroma terapi. Biasanya mereka menggunakan media Mason Jar. 

gelas coca cola jadi vas bunga

Untuk daur ulang gelas dengan huruf timbul jadi vas bunga ini, teman-teman membutuhkan:

  • Gelas dengan huruf timbul. Boleh gelas bening atau tidak asal ada huruf timbulnya.
  • Cat. Sembarang cat yang bisa menempel di gelas. Cat tembok pun boleh. Saya menggunakan cat water-based karena mudah hilang kalau menempel di tangan hanya dengan dicuci menggunakan air biasa. Kuas juga bisa dicuci, disimpan dan dipakai lagi. Jika butuh yang tidak terlalu kental, tinggal ditambah air. Cat ini bisa dibeli di toko-toko cat dimana-mana. 
  • Kuas kecil.
  • Amplas seadanya. Cuma butuh sedikit banget.

Baca juga: Mengenal Cat Kayu Water-based


Cara daur ulang gelas dengan huruf timbul jadi vas bunga ini sangat mudah. 

  1. Bersihkan gelas agar cat menempel dengan baik.
  2. Tuangkan sedikit cat ke wadah kecil, tambahkan sedikit air, lalu aduk rata.
  3. Cat seluruh permukaan luar gelas. Alasi lantai dengan koran atau benda tak terpakai lainnya.
  4. Biarkan benar-benar kering.
  5. Amplas bagian huruf pelan-pelan dan random. Biarkan tepi-tepinya terlihat tapi tidak perlu semua. Asal sudah terbaca saja.
Selesai!

Mudah, ya. Kalau teman-teman penggemar interior yang serba seragam, tinggal buat yang banyak untuk berbagai wadah, mulai dari tempat bumbu sampai tempat lilin. Warna juga tidak harus putih. Warna yang populer untuk tema vintage adalah warna-warna pastel dari biru, pink dan hijau.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

1 comment:

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.