Wednesday, May 29, 2019

Tips Membuat Konten Instagram Home Decor Keren Untuk Rumah Minimalis

Belakangan konten instagram yang menunjukkan foto rumah yang kinclong dan bikin tersenyum bahagia sangat disukai para wanita. Home decor rumah mewah sudah hampir pasti ditangani oleh arsitek dan interior designer. Tapi jika budget terbatas, si penghuni rumah harus kreatif dan penuh semangat. Beberapa rumah mungil tipe 45 - 60 ternyata mendapat sambutan yang sangat baik di instagram sehingga followersnya bisa mencapai puluhan ribu. Padahal pemiliknya mengaku mengerjakan semuanya sendiri. Nah, apa rahasia dibalik foto-foto menakjubkan itu?

home decor lover

1. Decluttering Maksimal


Pernahkah melihat rumah-rumah selebgram home decor yang ada tumpukan korannya? Tidak ada, bukan? Jika adapun hanya 2 atau 3 sebagai properti foto. Makanya jika ingin rumah tampil keren di IG, lakukan decluttering maksimal. Jika biasanya mainan anak-anak menyebar merasa di seluruh lantai rumah, maka sebelum difoto masukkan semua ke tempat mainan. Jika tempat mainan itu juga menjadi bagian dari foto, usahakan agar cukup menampung semua mainan. Jika bukan, sembunyikan saja di ruangan lain.

Baca juga: DIY Makeover Meja Makan

Baju yang bergantungan jelas terlarang untuk masuk frame foto. Jika ada jemuran, pilih yang bagus diletakkan di hanger. Baju dalam wajib disembunyikan dulu. Jika yang akan difoto adalah dapur, maka semua wadah bumbu harus seragam dan berjajar rapi. Wadah yang tidak seragam, misalnya bekas kaleng permen yang dijadikan tempat kacang-kacangan tapi merknya belum dilepas, sebaiknya disingkirkan lebih dulu.

Agar lebih rapi lagi usahakan semua wadah berada diatas rak atau di dalam lemari sesuai dengan kategorinya. Jadi, tak ada toples peyek nangkring di rak buku. Jika ada wadah yang masih menumpuk di pojokan, tambahkan rak. Sekarang banyak rak tinggal pasang yang dijual secara online. Rak lebih praktis untuk rumah kecil karena ditempelkan di dinding sehingga tidak memakan tempat. Jika masih punya rak tapi sudah bulukan, tinggal dicat saja. Semua itu bisa kita lakukan dengan peralatan-peralatan seperti yang saya rekomendasikan disini. Selain murah, peralatan tersebut bisa kita pakai terus berkali-kali. Kebayang hematnya daripada membayar tukang, kan?

2. Pencahayaan Maksimal


Pencahayaan berperan sangat besar dalam suksesnya foto instagram untuk mendapatkan likes yang banyak. Sebenarnya lampu temaram seperti di hotel-hotel itu bagus untuk efek foto. Tapi untuk rumah kecil, lampu yang terang-benderang atau cahaya matahari yang bisa menembus jendela dan pintu rumah adalah pilihan terbaik agar rumah terlihat lapang dan bersih. Foto terbaik dihasilkan pagi hari ketika matahari sudah agak naik menerobos masuk ke dalam rumah. Tapi ada pula yang bisa menghasilkan foto malam yang bagus dengan lampu yang sangat terang dan merata. Cahaya yang merata juga menjadi faktor menentu. Ini beda dengan foto produk yang umumnya fokus pada satu bidang.

3. Tanpa Noda


Ruangan tanpa noda itu nyaris tidak mungkin jika punya anak kecil. Karena itu banyak ibu-ibu instagrammer yang memilih melakukan pemotretan ketika anak-anak sekolah. Tanpa noda ini berarti di seluruh permukaan, termasuk lantai, tembok dan benda-benda sekitarnya. Jadi pastikan lantai sudah dipel sampai kinclong, tembok tanpa coretan dan benda-benda disekitar tidak ada debu. Jika belum sempat membersihkannya, sebaiknya ditutupi dengan sesuatu atau hiasan lebih dulu.

Baca juga: Ide Menyamarkan Kabel Listrik di Tembok

4. Clean Photo 


Kamera sekarang, baik kamera ponsel maupun mirrorless sudah dilengkapi dengan filter. Jika filter belum memuaskan bisa melakukan preset di aplikasi edtiting. Namun khusus untuk home decor, foto yang jadi favorit adalah yang bersih dan jelas. Karena itu, filter dan preset jarang digunakan. Yang sering dilakukan adalah edit manual untuk menambahkan cahaya, kontras dan sebagainya untuk membuat foto lebih baik tapi tidak sama sekali jauh dari warna aslinya.

5. Sudut Pengambilan Foto


Pernah heran, bagaiamana rumah tipe 45 bisa menghasilkan banyak sekali foto bagus yang berbeda? Jawabannya adalah sudut pengambilan foto. Satu meja makan saja bisa diambil dari berbagai sudut foto, lo. Kalau tidak percaya coba cek ulang akun-akun home decor, maka teman-teman akan temukan bahwa sebenarnya lokasi foto muter-muter disitu-situ saja. Memang dibutuhkan kreatifitas dan kepekaan untuk mengambil sudut foto yang menarik. Karena itu, sering-seringlah bereksplorasi mengambil foto disekitar rumah agar kepekaan terasah.

Sekarang jamannya serba minimalis. Apalagi makin banyak yang lebih menikmati travelling daripada menghabiskan uang untuk menghias rumah. Namun bukan berarti rumah tipe kecil tak bisa tampil menawan dan membuat pemiliknya menjadi selebgram.

Selamat mencoba!


27 comments:

  1. Saya jadi senyum-senyum sendiri bacanya terutama pas bagian "pernah lihat foto rumah selebgram home decor ada tumpukan korannya? pakaian kotor dan mainan berserakan?" saya mah langsung nyeletuk dalam hati itumah rumah saya banget. Diberesin sedimikian rupa bentar lagi berantakan sama bocah. Its okay, setidaknya ngelihat foto-foto selebgram home decor lumayan memanjakan mata dan langsung auto do'a semoga kelak punya rumah dengan decor sebagus itu. ^^

    ReplyDelete
  2. Tanpa noda itu mbak yang susah, hehehe
    di rumahku hampir setiap tembok yang terjangkau oleh anak semua penuh noda krayon

    ReplyDelete
  3. Kl bunda mau fotobtrus perlu background yg rada kece bisa diakalin dengan menggunakan kain batik yg ciamik. Kan gakbseluruhnya yg diambil. Dengan begitu dpt jugavtuh keindahannya. Kadang kl kurang puas aku minta si Mbak ikut ambil bagian buat nyentornobjectbyg mau nunda foto page flashlight hapenya doi, hehe.. hasilnya lumayan

    ReplyDelete
  4. Hiyyaaa yang hampir tidak ada cela yg seperttinya sulit ya mbak. Selain itu preparasinya juga bener2 persiapkan betul, jadi emang fotonya gampang2 susah, tapi ntar kalau udah jadi bingkai foto, baru terbayarkan sudah eheee

    ReplyDelete
  5. Gak saya bange ini mah Mak. Hahaha. Rumah saya berantakan maksimal, tembok penuh coretan, dan catnya dah dikopekin ama anak. Waakkkaka.

    Makasih tipznya Mak. Siapa tau ntar klo anak dah gedean pas udah bis bikin rumah baru.

    ReplyDelete
  6. Waduh waduuuhhh 😑😑😑 tipsnya ciamik bangettt tapi demi ngeliat kenyataan rumah eikeh kok sepertinya syusyaahhh qiqiqiqiqi
    --Bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  7. Aku jadi senyam senyum nie buat ide rumah aku nanti jadinyaa...

    ReplyDelete
  8. Pengin, Mak, foto-foto rumah cakep a la -a la pinterest gitu. Tapi kondisi rumah belum oke untuk mencoba tips-tipsnya. Masih terlalu banyak noda di hati eh di tembok akibat kreatifitas balita. Tapi untuk urusan jemuran dan sudut pengambilan foto dah mulai kucoba. Ya, meskipun space fotoku itu-itu aja, karena yang temboknya agak waras ya cuma bagian depan seupil yang biasa kuposting itu, hehe. SImpen dl tipsnya.

    ReplyDelete
  9. Nah itu akupun penasaran selebgram kok apik2 potonya. Sekarang aku lagi mau bikin sudut foto instagramabel. Biarlah rumah berantakan, pojok itu kudu tetep rapi dan bersih xixixi.

    ReplyDelete
  10. Untuk beberapa orang yang penyuka kerapihan pasti bisa wujudkan ini deh .. but for me... Yang kalo ngegambar barang barangnya juga bertebaran di mana mana ya wassalam.. (alesyan)

    Nomor satu kuikutin dulu, decluttering

    ReplyDelete
  11. Salut banget sama yg rumahnya fotogenic, soalnya lagi punya bayi jadi udah decluttering teteup masih ada yg berserakan, hihihi. Sharing tipsnya kece Mak :)

    ReplyDelete
  12. Hahaha... emang ya foto rumah bersih kinclong di IG tuh bikin minder apalagi dapur saya yang gak berupa dapur jadi enggak bisa punya foto dapur cantik. Balum lagi di dalam rumah yang temboknya penuh dengan coretan. gak berharap deh pnya foto rumah cantik. Tapi tipsnya bermanfaat banget mbak, siapa tahu kan ya kalau anak2 sudah besar saya pengin punya rumah cantik pas difoto, xixixi

    ReplyDelete
  13. Aku termasuk yang suka banget following akun-akun home decor meski aku aku sama sekali gak pernah melakukan foto home decor hahaha. Lihat foto-foto home decor terutama untuk rumah mungil itu seperti rekreasi yang membawa perasaan senang. Aku menyimpan satu impian untuk beli rumah mungil yang khusus untuk aku decor sesuai seleraku dan tempat aku kerja dan nulis serta menepi hehehe

    ReplyDelete
  14. Rumahku beresnya cuma sekejab mba. Itu juga sebenarnya bukan yang trus rapi gitu... Sering toples cemilan itu pindah2..kadang di dapur, kadang di meja depan, kadang di sofa.. :-D

    Nggak fotogenik lah klo buat pepotoan :-D

    ReplyDelete
  15. Nah ini ini yang suka buat aku mupeng kalau liat home dekor gni.. suka jadi semangat nabung dan beberes haha

    ReplyDelete
  16. Aku tuh Mbak..lebih pilih traveling daripada ngubek-ubek rumah. kwkww
    Tapi setuju, keknya perlu decluterring aku. Enggak cuma biar enak difoto, tapi biar lebih lega rumahnya dan nyimpen barang yang diperlukan saja:)

    ReplyDelete
  17. Rumah berantakan, tumpukan buku semrawut, sepatu berpencaran (tdk ditaruh di rak sepatu) wes pokok'e kapal pecah, itu akuu banget mbak. Jadinya menikmati indahnya rumah impian yang tayang berseliweran di Instagram, like dream come true di rumah selebgram itu

    ReplyDelete
  18. Rumahku belum bisa nih kalau buat foto2. Cahayanya kurang karena samping rumah tembok tinggi. Cahaya matahari gak bisa dapet dg bagus. Mungkin kalau nanti udah punya rumah sendiri kali ya bisa buat foto kece

    ReplyDelete
  19. Ini tantanganku nih soalnya space di rumah cuma sepetak jadi harus menyiasati saat foto kek di mana gitu, hahaha.

    ReplyDelete
  20. Iya ih, aku juga seneng banget deh lihat feed dari akun-akun dekor rumah minimalis ini. Soalnya relate ke aku yang rumahnya gak gede, gak bagus-bagus amat, dan perabot minim. Bedanya, aku banyak space acak-acakan yang dindingnya penuh coretan. Lihat-lihat semacam itu bikin refreshing dan bercita2 kalo dalam beberapa tahun ke depan, aku kepengen bikin kayak gitu. Saat anak-anak udah gak doyan corat-coret lagi. :D

    ReplyDelete
  21. Tipsnya boleh juga nih mba, aku termasuk yang suka amaze gitu sama rumah tipe kecil tapi bisa menghasilkan banyak sudut pandang foto yang clean dan menarik. Kunci pertamanya decluttering itu ya, itu susah banget sih kalau aku

    ReplyDelete
  22. wah rapih2 sebelum difoto perlu banget ya..biar gak kelihatan kemproh hahaha.. kalo di dalam rumah seringnya sih kurang cahaya..

    ReplyDelete
  23. Wah, tembok rumah udah mulai banyak coretan nih..pasti nggak asyik kalau di foto-foto..keliatan kusam

    ReplyDelete
  24. Loh kok perasaan saya udah komen, tapi belum masuk mungkin ya...

    Masih penasaran sama Instagram home decor ala ala, jadi balik lagi kemari. maklumlah.... Untuk mayoritas keluarga, urusan perut penting banget, kedua urusan sekolah baru deh jalan jalan

    Itu sebab, kadang rumahnya ngegembel padahal yang empunya rumah kinclong banget di medsos, pepotoan di sana sini dengan gaya (lah ini curcol apa gimana)

    ReplyDelete
  25. Tips ini udah pernah aku denger dr selebgram yg nichenya home decor.
    Cuma kebayang ya, kalo rumah kudu nampak rapih kalo punya anak, limited space,itu mainan mau taruh dmn ya :(
    Mau foto sudut ruangan juga susaah..

    ReplyDelete
  26. Mau banget coba triknya.. udah sering buat sudut foto di rumah tapi masih belum maksimal.

    ReplyDelete
  27. tambahin mba...kalau bisa pakai lensa wide, beberapa hape udha bis anih pake mode wide. hasilnya beda banget

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.