Cara Membuat Kipas Dari Kertas Brosur

Tutorial cara membuat kipas dari kertas brosur ini mengawali kategori Kids Crafts atau Kerajinan anak-anak di blog beyourselfwoman.

kipas kertas

Saya punya banyak sekali brosur dari event blogger, pameran kerajinan dan piknik keluarga. Tadinya saya kumpulkan karena sayang kalau dibuang. Bikinnya kan susah dan butuh biaya, kok dibuang begitu saja. Lagipula saya berangan akan membuat artikel dari semua brosur tersebut. Brosur tersebut juga saya simpan sebagai kenang-kenangan.

Rumah saya mungil. Barang-barang saya yang penting-penting cuma sedikit, selebihnya berisi barang-barang yang remeh seperti brosur-brosur itu. Saya sering merasa iri dan mengeluh mengapa rumah saya tidak bisa seperti rumah-rumah mungil tapi kinclong di instagram? Rumah-rumah di instagram itu seperti tidak menyimpan kertas-kertas atau kabel atau koran dan sebagainya yang tidak penting. Semua benda yang dipamerkan ada fungsinya semua. Yah, bagaimana mau punya seperti rumah mungil di instagram jika brosur saja sayang melepaskannya?

Baca juga: Fungsi Gunting Zigzag

Beberapa hari lalu, saya melihat video pemanfaatan kertas dari luar negeri. Salah satunya mirip dengan kipas ini tapi dia tidak membuat kipas melainkan untuk hiasan langit-langit kamar anak-anak. Mungkin orang luar negeri tidak tahu bahwa itu biasa dijadikan kipas oleh anak-anak Indonesia. 

Lalu saya mencari-cari channel kerajinan anak-anak dari Indonesia. Apakah sudah ada? Ternyata sudah ada beberapa, tapi kebanyakan kerajinan tradisional atau montessori sekalian yang sedang disukai ibu-ibu karena edukatif. Sedangkan kerajinan atau prakarya yang mudah-mudah dari seputar rumah begini belum ada. 

Saya pikir, mengapa tidak menampilkannya di video dan blog? Dari sekian lama menelusuri konten-konten di internet, saya menyadari bahwa cara berpikir crafter luar negeri itu sebenarnya banyak yang sederhana dalam mencari ide konten. Tapi cara menyajikannya tak beda dengan konten-konten craft kelas advanced. Ini menjadi pelecut bagi saya untuk terus belajar menyajikan konten craft yang simple, bagus dan bermanfaat.

BAHAN MEMBUAT KIPAS DARI KERTAS BROSUR


1. Brosur


Butuh 2 lembar, untuk bagian lingkaran dan untuk pegangan. Kalau tidak punya brosur, bisa menggunakan majalah. Kalau saya kebetulan memang tidak punya majalah. Majalah yang sudah selesai saya baca, entah kemana. Ada yang dipinjam tidak kembali, ada yang sudah disumbangkan. Yang tersisa hanya yang ada foto atau berita tentang kami sekeluarga. Kami masing-masing pernah masuk majalah atau koran loh meski kecil saja. Heheheee ....

Pilih yang warna-warnanya menarik. Lebih bagus lagi jika permukaannya mengkilat. Tapi tidak mengkilat juga tidak apa-apa.

Baca juga: Free Printable Gift Hang Tag Bentuk Geometris

2. Gunting


Sembarang gunting kertas bisa digunakan. Cutter juga boleh.

3. Lem 


Jika menggunakan kertas yang mengkilat, lebih baik gunakan lem tembak. Jika kertasnya tidak mengkilat, lem kertas biasa sudah cukup. Jika mengajak anak kecil dan dia ingin membuatnya sendiri, gunakan lem kertas saja karena lem tembak itu panas. Bahaya untuk anak kecil! Memang lem biasa itu perlu waktu untuk menempelkan kertas yang mengkilat. Jadi bisa sekalian mengajarkan kesabaran pada anak-anak.

4. Sumpit


Sumpit digunakan untuk membuat tangkai atau pegangan kipas. Jika tidak ada sumpit, bisa menggunakan kayu lain atau tidak usah menggunakan apa-apa.

CARA MEMBUAT KIPAS DARI KERTAS BROSUR


1. Lipat kertas menjadi 4 bagian sama besar.

daur ulang kertas


2. Gunting kertas menjadi 4 bagian sama besar.
3. Lipat-lipat tiap potongan kertas seperti bentuk akordion dengan posisi memanjang.

membuat kipas kertas

4. Tekuk dan lem bagian tekukan tersebut.
5. Sambung 4 bagian itu sehingga menjadi bentuk lingkaran. Pasti jadi lingkaran kok dan mudah, nggak perlu trik apa-apa.
6. Lanjut dengan membuat tangkai atau pegangan. Gulung kertas menutupi sumpit. Lem ujung akhirnya. Ujung awalnya jangan dilem karena nanti sumpitnya tidak bisa diambil. Sumpitnya hanya untuk membentuk, tidak untuk pegangan. Sayang, kan. Jika tidak menggunakan sumpit, kertas langsung digulung manual. Memang sih agak repot karena harus kita pegangi semua sisinya agar tidak ambyar. Bagian awal guluangan dilem dulu untuk membantu agar tidak banyak gerak.
7. Tempelkan pegangan ke lingkarannnya. Menempelkannya jangan dari tengah tapi kira-kira 3/4 diameter lingkaran agar bagian atas lingkaran tidak mudah rusak ketika digerakkan atau dikipaskan.

tutorial kipas kertas


8. Selesai!

Mudah sekali! Semoga bisa digunakan untuk mengisi liburan anak-anak di rumah di tengah musim hujan. Kids crafts diharapkan untuk memberikan ide sederhana menyalurkan energi dan kreativitas anak-anak. Kids crafts tidak ditujukan agar anak-anak anteng karena dunia anak-anak memang penuh keceriaan dan dinamis.

VIDEO CARA MEMBUAT KIPAS DARI KERTAS BROSUR


Post a Comment

4 Comments

  1. Kerajinan sederhana jaman aku SD dulu, mbak. Bermanfaat sekali buat kipas2 di panasnya Indonesia sekarang hahaha.
    Bisa ini jadi ide waktu liburan ntar. Kebetulan, kertas sisa di kantor banyak bgt

    ReplyDelete
  2. Ya ampun kreatif bgt memanfaatkan brosur2.. Ih mau coba ah

    ReplyDelete
  3. asik, rajin buat tutorial kids craft ya mbak buatku belanja ide bermain dengan anak.
    Cara buat kipas ini gampang banget. Pas dengan anakku yang doyan ambilin brosur.

    ReplyDelete
  4. Wuis... Keren ini.. Layak coba untuk ngasah kreatifitas di waktu libur.

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)