Cara Membuat Bunga Dari Kertas Brosur

Cara membuat bunga dari kertas brosur ini merupakan kerajinan tangan daur ulang yang sangat mudah sehingga bisa dipraktikkan bersama anak-anak. Mereka pasti akan bangga dan senang. Kalau tidak punya kertas brosur, bisa menggunakan majalah, koran atau kalender bekas.

bunga kertas daur ulang

Di blog ini sudah diposting beberapa kid's craft atau kerajinan yang saking mudahnya bisa dikerjakan oleh anak-anak. Jadi jangan lupa ajak anak-anak untuk mencobanya, ya. 

Seseorang, saya lupa siapa karena sudah lama, mengatakan bahwa DIY (Do It Yourself) itu ribet banget. Mengapa tidak membeli saja sih, kayak nggak ada kerjaan lain saja? 

Di dunia ini banyak sekali orang yang hobi bikin-bikin sendiri. Apapun dibuat sendiri, dari mulai yang mudah-mudah seperti memasak untuk sehari-hari sampai yang luar biasa seperti membangun rumah sendiri. Hah? Membangun rumah sendiri? Iya, tetangga saya ada yang seperti itu dengan dibantu tukang. Dia hanya melakukannya setiap liburan karena di lain hari bekerja di kantor. Dia tidak punya target kapan harus selesai dan benar-benar menikmati tiap lekuk bangunannya. Rumah itu sampai sekarang belum selesai dan tampilannya terlihat sangat unik.

bunga kertas brosur majalah



Saya sendiri punya tujuan lain dengan ber-DIY ini yaitu memanfaatkan apa yang ada di sekitar saya untuk didaur ulang, daripada menumpuk atau daripada dibuang. Saya punya prinsip, kegiatan ini tidak boleh menambah biaya. Ini beda dengan jahit-menjahit karena hasilnya saya jual. Sedangkan hasil DIY hanya untuk keperluan rumah atau saya sendiri saja. 

Selain itu, cara pembuatannya pun harus simple karena saya bukan crafter profesional, bahkan belum sampai tingkat advanced, melainkan masih senang mengeksplorasi segala rupa. Jadi, apakah benar DIY itu ribet dan kegiatan orang yang kurang kerjaan? Kurang kerjaan mungkin iya. Wkwkwkk. Tapi kalau ribet, itu pikiranmu saja yang ribet. Kan banyak pilihan yang bisa dikerjakan sesuai kemampuan dan kebutuhan.


BAHAN MEMBUAT BUNGA DARI KERTAS BROSUR


Bunga kertas ini menggunakan brosur yang sudah tidak diperlukan lagi atau eventnya sudah kedaluarsa. Selain kertas brosur, teman-teman bisa menggunakan kertas bekas lain seperti majalah, koran atau kertas kado. 

Yang kita butuhkan hanyalah satu lembar brosur, gunting, selotip kertas, selotip daun / batang dan tusuk sate atau lidi.

bahan membuat bunga kertas brosur majalah

Untuk hasil yang lebih bagus, gunakan brosur yang tipis, jangan terlalu tebal. Yang saya gunakan di foto atas itu lumayan tebal, jadi saya harus tekan kuat-kuat sewaktu melipat. Panjang dan lebar kertas seadanya saja. 

Kalau tidak ada selotip kertas, bisa menggunakan isolasi lainnya karena hanya digunakan untuk menahan posisi kertas di tangkai dan nantinya ditutup selotip daun. Jadi selotip apapun yang digunakan tidak akan kelihatan. Kebetulan saya punya selotip kertas sehingga tidak licin dipegang.

Selotip daun bisa dibeli di toko kertas, toko buku atau toko kerajinan tangan. Sebenarnya ini lebih tepat disebut sebagai selotip tangkai. Tapi karena warnanya hijau, sering pula disebut sebagai selotip daun. Jaman dulu, saya harus menggunting sendiri kertas krep hijau, lalu disapu dengan lem. Sekarang tinggal beli segulung Rp 5.000,- sudah sangat panjang dan siap dililitkan. Tangan tak perlu belepotan lem karena mengelem kertas krep itu cukup susah, gampang robek. 

CARA MEMBUAT BUNGA DARI KERTAS BROSUR


membuat bunga kertas.

Apapun kertas yang digunakan, posisikan memanjang atau landscape, lalu dilipat seperti pola diatas. 

Pertama, dilipat mengikuti garis warna merah tepat di tengah kertas.

Kedua, lipat lagi melawan arah, tepat di 1/4 lebar kertas mengikuti garis warna hijau.

cara membuat bunga kertas brosur

Selanjutnya gunting dengan posisi seperti foto diatas. Gunting dari satu sisi ke sisi lain tapi tidak sampai putus. Lakukan berulah di sebelahnya sampai ke ujung kertas satunya. Jarak antar guntingan suka-suka saja. Bagian yang digunting adalah lipatan yang ada garis hijaunya didalam. Tapi jika mau menggunting lipatan yang ada garis merahnya di dalam juga tidak apa-apa. Keduanya bisa menghasilkan bunga hanya beda bentuk. Jika menggunting di garis hijau, bunga akan berbentuk agak bulat. Jika menggunting di garis merah, bunga akan lebih mekar. Lihat foto paling atas.

Langkah berikutnya adalah menggulung kertas yang telah digunting tadi ke tusuk sate atau lidi. Awali dengan merekatkan kertas dengan lidi menggunakan selotip. Gulung pelan sambil memegangi bagian bawah yang menempel di lidi agar tidak ambyar. Jika seluruh kertas sudah digulung, tutup dengan selotip kertas agak banyak supaya kencang dan bentuknya bagus.

cara membuat bunga kertas

Terakhir, tutup bagian bawah bunga tadi dan tangkai lidinya menggunakan selotip daun. Selesai!

Jika lebih senang melihat tutorial videonya, silakan melihat video dari youtube beyourselfwoman di bawah ini. Semoga bermanfaat! Jangan sungkan colek saya di manapun, baik IG, twitter dan facebook jika sudah mempraktikkannya atau punya tutorial lain yang bisa saya coba. Saya akan sangat senang sekali belajar dari teman-teman.

Post a Comment

0 Comments