Beberapa Macam Kain Blacu Di Pasaran

Kain blacu menjadi favorit untuk dibuat totebag dan pouch. Tampilannya yang terkesan natural, memberikan sentuhan etnik ketika totebag dicangklong. Produk yang menggunakan blacu termasuk murah. Bahkan setelah ditambah sablon, harganya tetap terjangkau. Namun demikian, totebag atau pouch mudah diberi nilai tambah dengan bordir, aplikasi kain atau hand lettering. Tadinya, artikel ini akan saya jadikan bagian satu dari serangkaian artikel. Tapi berhubung tidak pasti kapan belanja lagi, maka saya urungkan rencana tersebut. 


kain-blacu


KAIN BLACU ITU APA?

Saya bukan ahli tekstil dan tidak pernah belajar tekstil. Jadi, saya mencari informasinya seperti yang kebanyakan orang awam lakukan, yaitu dengan searching di internet. 

Menurut wikipedia, kain blacu atau belacu adalah kain silang polos yang diproduksi dari katun yang belum diputihkan dan seringkali belum selesai diproses.

Dalam beberapa artikel, kain blacu disebut juga calico, kain greige atau kain mentah. 

Teori lebih detil tentang kain blacu tentu saja ada. Tapi saya tidak mau memberikan hal-hal yang tidak saya kuasai ke teman-teman. Jika teman-teman butuh teorinya, ada banyak kok di internet. Di artikel ini, saya akan bahas dari sisi pemakai setaraf pengrajin, yang tahunya cuma memakai dan bergantung dari informasi dari mbak-mbak toko.

Baca juga: Beberapa Macam Kain Blacu Di Pasaran


DIMANA BELI KAIN BLACU?

Meski namanya kain, tapi blacu jarang bisa ditemukan di toko kain biasa. Bahkan selama ini saya tidak pernah menemukannya di toko kain. 

Kain blacu bisa ditemui di pasar besar yang ada los penjualan kain. Biasanya kain blacu di pasar bertekstur sangat kasar. Seringkali blacu ada dalam satu kios dengan dengan saringan tahu dan karung gandum atau tepung.

Kain blacu juga ada di toko-toko yang menjual bahan-bahan craft atau kerajinan.


BEBERAPA MACAM KAIN BLACU DI PASARAN

Sekali lagi perlu saya sebutkan bahwa saya tidak punya cukup ilmu untuk dibagikan ke teman-teman terkait kain blacu ini. Yang saya berikan hanyalah informasi dari kegiatan menjahit craft. 

Daftar di bawah ini adalah macam-macam kain blacu berdasarkan nama tempat saya membeli kain tersebut, yaitu toko Liman (offline) dan Mekar Jaya (online). Sebutan tersebut bisa berbeda di toko lain. Untuk harga berdasarkan pembelian Januari 2021.

1. BLACU HALUS

Blacu halus adalah favorit saya dan paling sering saya pakai. Teksturnya terbilang halus untuk ukuran blacu tapi cukup tebal untuk dijadikan totebag. Harganya Rp 16.500,- per meter dengan lebar 160cm. Sayang benangnya tidak rapat, sehingga mudah terurai dan tidak mudah untuk dilukis. Karena itu, saya lebih banyak menggunakan blacu ini sebagai lapisan dalam tas atau pouch daripada menjadikannya lapisan luar. Trik yang saya pakai untuk mengatasi pinggiran kain yang mudah terurai adalah menjahit zigzag. Kebetulan mesin jahit saya portable entry level, jadi bisanya cuma jahit zigzag. Kalau teman-teman punya mesin obras, lebih baik lagi.

2. BLACU KUCING

Kucing disini sebenarnya merk, produsen pembuat blacu tersebut. Warnanya lebih putih dari umumnya blacu. Teksturnya sedikit halus. Sebenarnya tidak tipis, tapi susah diatur. Bagian tepinya mudah terurai dan selalu bergulung sehingga perlu banyak jarum pentul. Kain ini sangat murah, hanya Rp 5.500,- per meter dengan lebar 91cm. Saya menggunakan blacu kucing untuk melapisi bagian produk-produk yang tidak terlihat dan tidak teraba. Fungsinya hanya untuk menyembunyikan jahitan karena secara penampilan, kain ini kurang menarik.

3. BAHAN TAS SERUT

Ini hanya nama dari tokonya. Kain ini bisa digunakan untuk banyak hal. Teksturnya tidak tebal tapi juga tidak tipis, serta tidak menerawang. Saya sendiri merasa kurang pas jika ini digunakan untuk tas serut. Tas serut yang paling enak terbuat dari kain yang lemas supaya mudah serut. Harganya Rp 11.000.- dengan lebar 94cm.

Baca juga:  DIY Membuat Pouch Serut 2 Tali

4. BLACU TR2

Teksturnya lebih lembut dari no 3. Ini lebih cocok untuk tas serut meski harganya lebih mahal. Untuk totebag juga lumayan, tapi kurang cocok untuk pouch. Pouch lebih baik menggunakan kain yang lebih kaku. Harganya Rp 14.700,- dengan lebar 117cm.

5. BLACU TC

Teksturnya mirip no 1. Karena itu, penggunaannya sama dengan no 1.

6. BLACU TOTE BAG

Sesuai namanya, blacu ini bisa untuk membuat totebag. Untuk membuat tas serut juga bisa karena teksturnya malah lebih lembut daripada no 3.  Harganya Rp 13.200,- per meter dengan lebar 150cm.

7. BLACU 22 100% KATUN

Menurut saya, ini paling pas buat totebag dan pouch. Dibandingkan semua yang diatas, kain ini paling tebal, warna paling krem dan kaku. Benangnya juga rapat sehingga akan lebih mudah dilukis atau handlettering. Harganya Rp 15.950,- dengan lebar 125cm.


MANA FOTO KAIN BLACUNYA?

Bukan karena saya malas, tapi sulit untuk memotret agar tekstur dan warnanya jelas. Saya tidak mau mubazir menghabiskan kapasitas memory di blog ini untuk sesuatu yang tidak bermanfaat. Cara terbaik untuk mengenalnya adalah dengan membeli secara minimal. Pada tahap awal, saya selalu membeli 1/2 atau 1 meter kain yang baru saya kenal. Umumnya toko offline mengijinkan pembelian 1/2 meter, sedangkan toko online minimal 1 meter. Saya sih tidak takut mubazir karena selalu bisa menghabiskan kain-kain tersebut. Hanya saja memang agak repot karena satu model produk jadi bisa berbeda-beda harga jualnya karena dari bahan yang berbeda pula.

Mungkin video yang sudah upload di youtube ini bisa membantu memberi sedikit gambaran. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

1 Comments

  1. aku baru baca Mbak. baiklah terima kasih artikelnya. kemarin kau beli blacunya udh berbentuk tas dan beli online, jd ngga paham milih2 jenis kainnya. kalau gitu next aku mau langsung ke toko kain aja utk cek en ricek.. hheheheh.. Terima kasihhhhh

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)