Blacu, Kain Serbaguna Yang Bisa Memberi Kesan Natural

kain blacu serbaguna
Kain blacu serbaguna. Dokumentasi pribadi.

Blacu adalah kain serbaguna yang bisa memberi kesan natural sehingga menjadi favorit banyak crafter dan pengguna. Blacu bisa dibuat tas, kantung, souvenir, cutlery case atau bagian dalam tas.

Blacu bukanlah kain yang asing, setidaknya buat yang sering kondangan atau event, karena merupakan souvenir yang sering didapatkan dalam bentuk totebag, pouch dan sebagainya.

Baca juga:  Beberapa Macam Kain Blacu di Pasaran

Mengenal Blacu, Kain Serbaguna

Menurut Wikipedia, kain blacu atau belacu adalah kain silang polos yang diproduksi dari katun yang belum diputihkan dan seringkali belum selesai diproses.

Karena prosesnya belum benar-benar selesai, maka warna kain tidak bisa benar-benar putih dan teksturnya kasar. Kain blacu tidak cocok dibuat baju karena kasar di kulit. Mungkin untuk topi dan kain lilit masih bisa.

Beberapa referensi menyebutkan nama-nama teknis yang berbeda. Di pasaran, nama-nama juga bisa berbeda menurut nama yang diberikan pabrik atau toko. Contohnya: blacu halus, blacu kucing, bahan tas serut, blacu TR2, blacu TC, blacu bahan bahan tote bag, blacu 22 100% katun dan sebagainya.

Tips Blacu Bagi Crafter

Toko blacu sulit ditemukan di toko offline khusus kain. Blacu banyak ditemui di toko khusus bahan kerajinan. Kadang malah ada di pasar besar.

Rata-rata lebar kain blacu adalah 1,5 meter, kecuali beberapa jenis kain blacu yang sangat tipis. Contohnya blacu kucing yang lebarnya hanya 90 cm lebih.

Harga kain bervariasi, tapi setara dengan kain inner pada umumnya, kecuali blacu tebal yang biasanya untuk membuat tote yang besar. Karena itulah, kain blacu sering digunakan untuk bahan souvenir untuk menekan harga tapi masih tampak elegan.

  • Tips khusus menjahit kain blacu adalah kerapatan kain yang sangat renggang, sehingga sebaiknya diobras atau dijahit zigzag dulu bagian tepinya agar tidak brodol. 
  • Untuk blacu yang tipis, bagian tepinya mudah menggulung. Jadi harus sedia banyak jarum pentul. Kalau bisa, lebihkan kain dan baru dirapikan atau digunting setelah penjahitan dengan kain outer selesai.

Jika ingin melihat dalam bentuk video, sudah diunggah di kanal youtube beyourselfwoman tahun lalu. Sedangkan di instagram beyourselfwoman sudah ditayangkan bulan lalu dalam bentuk carrousel.

Post a Comment

0 Comments