Tuesday, May 21, 2019

4 Cara Murah Mendekorasi Interior Rumah

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pemasaran jual rumah atau sewa rumah yang sedang kita pasarkan ke calon konsumen adalah dengan membuat hunian tersebut menjadi menarik. Jika biasanya cukup dengan membersihkan area-area dan menata furnitur yang ada, alangkah baiknya hunian milik kita didekorasi ulang menjadi ruang dengan nuansa yang baru.

interior rumah
Photo by Terje Sollie

Berbicara tentang nuansa baru pada ruangan, pasti kita akan berpikir untuk mengeluarkan sejumlah budget besar untuk membuatnya menjadi lebih menarik dari sebelumnya. Dibanding harus pusing memikirkan budget besar, sebenarnya ada beberapa cara minim budget untuk membuat udara baru pada interior sebelum kita membawa aktivitas jual rumah atau sewa ke dalam pasar jual beli sewa properti.

Dilansir dari Freshome.com, terdapat empat cara murah untuk mendekorasi interior kita menjadi lebih menarik.

Mengatur Ulang Tata Letak Elemen pada Ruangan


Cara ini mungkin terlihat sederhana dan mudah dilakukan, namun pada pengaplikasiannya kita harus memutar otak untuk mengkurasikan furnitur-furnitur yang kita miliki untuk sebuah ruang yang berbeda. Kita dapat memulainya perlahan-lahan yakni mengubah satu ruang pada satu waktu, bisa harian atau mingguan.

Kunci untuk membuat penataan ruang ini adalah berpikiran terbuka dan out of the box. Mungkin awalnya tata letak baru furnitur dan aksesoris yang ada bisa terasa sangat aneh dan tidak pada tempatnya serta ada indikasi kita tergoda untuk segera mengatur tata letak kita kembali seperti semula.

Untuk menangani perasaan seperti ini, sekiranya kita harus bersabar dan beradaptasi dalam beberapa hari ke depan.

Baca juga: DIY Membuat Boxy Cushion Cover Jok Bangku Panjang

Menghilangkan Kesan Berantakan


Kesan berantakan tentu lahir dari keberadaan barang-barang yang dianggap tidak diperlukan atau barang rusak. Barang-barang tersebut dapat dikatakan sangat sensitif hingga membawa energi negatif pada ruang kita. Hal tersebut tentu akan menjadi nilai minus saat konsumen yang tertarik harga jual rumah kita datang untuk menyurvei keadaan unit tersebut.

Untuk melakukan ini, caranya dengan berkeliling ruangan dan mengambil barang-barang yang kita pikir mungkin dianggap berantakan satu per satu. Tanyakan pada diri kita, apa fungsi dari barang-barang tersebut. Jika tidak ada fungsinya, silahkan singkirkan secepat mungkin.

rak
Photo by Carlos Diaz


Tata Gaya Permukaan


Salah satu trik yang digunakan oleh para desainer interior untuk menyegarkan tampilan ruangan adalah dengan memastikan barang-barang tertata pada tempatnya. Ada sebuah trik dalam ilmu desain interior yang bernama groupings. Groupings didefinisikan sebagai metode dimana desainer akan melakukan pengelompokkan barang dalam satu tempat baik untuk meningkatkan visualisasi yang terbaik. Biasanya, hal tersebut berkaitan dengan pengelompokan berdasarkan jumlah barang. Secara visual, pengelompokkan barang bernomor ganjil akan menciptakan visualisasi yang lebih baik dibanding pengelompokkan barang-barang berjumlah genap.

Baca juga: DIY Makeover Meja Makan Mudah Dengan Cat

Ganti Aksesoris Rumah


Memajang aksesoris ke dalam sebuah ruangan hakikatnya harus mempermanis kesan pada ruangan tersebut. Jika tidak, ada baiknya dapat segera kita singkirkan. Mungkin sedikit merugikan ketika harus memilah dan menyingkirkan beragam aksesoris yang kalian telah miliki.

Namun tidak usah berkecil hati, beberapa aksesoris yang tidak terpakai tersebut, dapat kita kolaborasikan secara khusus untuk ruangan-ruangan yang lain. Dari aksesoris-aksesoris tersebut, kita bisa membuat sebuah spot berfoto yang dimana dapat menjadi daya tarik konsumen terhadap unit jual rumah yang kita pasarkan.


8 comments:

  1. Baca poin kedua jadi mikir, selama ini ngeluh rumah dinas yang ditinggali ini terlalu sempit jadi kesannya berantakan. Padahal bisa jadi karena banyak barang nggak guna tapi nggak dibuang. Nanti coba diseleksi lagi. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun lagi beres2 nih, biar Lebaran rumah lebih lega.

      Delete
  2. Mumpung anak-anak sudah libur sekolah, rencanaku buat beres-beres rumah, termasuk nata ulang dekorasinya biar lebih fresh. Bete juga kalau lihat berantak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya, aku janji mau bikinin tutorial box itu ya? Baru inget.

      Delete
  3. Trik nomor tiga oke banget, saya baru nyadar kenapa kalo liat hasil desain interior pro itu kesannya gimanaa gitu, ternyata ada trik ini toh

    ReplyDelete
  4. wah kalau aku suami yang nata rumah aku tinggal terima beres saja

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.