Wednesday, May 01, 2019

5 Alasan Pentingnya Membuat Blog Bagi Sebuah Bisnis Craft

Beberapa tahun belakangan, tren blog semakin fenomenal dari waktu ke waktu. Perkembangan blog yang makin menjanjikan ini menimbulkan pertanyaan: perlukah membuat blog khusus untuk bisnis kita? Jawabannya tentu saja HARUS. Jumlah blog yang bertambah setiap harinya ini juga disebabkan oleh makin banyaknya pemilik usaha dan brand yang aware dengan tren digital marketing yang mengutamakan Search Engine Optimization (SEO) untuk meningkatkan omset penjualannya.

kerajinan pasar beringharjo


Seperti tools marketing lainnya, blog dinilai sebagai salah satu cara efektif yang digunakan pada berbagai jenis bisnis dalam mempromosikan produknya. Begitu pula dengan bisnis kerajinan tangan atau yang akrab disebut dengan craft. Mengapa blog menjadi salah satu media penting yang harus dimiliki untuk melancarkan suatu pemasaran? Berikut 5 alasan pentingnya blog bagi sebuah bisnis craft.

1. Tidak Membutuhkan Modal Terlalu Banyak


Aspek paling utama dalam membangun suatu bisnis adalah berapa jumlah modal yang harus dikeluarkan untuk mengakomodir penjualan produknya. Tidak bisa dipungkiri apabila kualitas produk dan pelayanan  menentukan baik tidaknya suatu usaha. Namun, modal menjadi pondasi penting dalam pengembangannya apabila usaha tersebut ingin terus berjalan. 

Berbicara tentang modal, hal ini juga berlaku saat saya mengalihkan niche blog yang sejalan dengan bisnis craft saya. Pada dasarnya, tidak diperlukan biaya fantastis untuk membuatnya. Kita bisa memulai dengan menggunakan Content Management System (CMS) gratis seperti Blogger atau Wordpress dan membeli domain yang murah di penyedia jasa web-hosting. Akan lebih baik lagi apabila teman-teman menggunakan self-hosting untuk menjual produk-produk craft milik teman-teman melalui website dan menambahkan menu blog di dalamnya. 

2. Meningkatkan Interaksi dengan Para Pelanggan


Pada sebuah website bisnis, menu blog dapat difungsikan sebagai media yang menyediakan informasi lebih mendalam seputar produk-produk craft yang kita jual. Dari sini, blog mampu meningkatkan interaksi kita dengan para pelanggan. Interaksi ini bisa terjadi dengan diskusi mengenai jenis-jenis produk, apa saja keunikannya, hingga pelayanan apa yang diberikan. 

Adanya diskusi terbuka ini juga memberikan kesempatan pada kita sebagai pemilik bisnis untuk menambahkan lebih banyak variasi konten yang berkaitan dengan produk kita dan dibutuhkan oleh para pelanggan. Dengan adanya konten yang lebih bervariasi, blog kita akan semakin ramai pengunjung dan pelanggan kita pun bisa mendapatkan informasi produk yang paling update.

craft shop

3. Bisnis Terasa Lebih Hidup dan Mudah Dijangkau 


Melalui peningkatan interaksi dengan para pelanggan, bisnis craft yang teman-teman jalani pun akan terasa lebih hidup. Para pelanggan pun merasa lebih mudah untuk menjangkau kita. Beda halnya dengan website yang hanya berisi keterangan produk saja, blog bisa membawa suara tersendiri untuk produk-produk yang terdapat di dalamnya. Sebagai pemilik, kita bisa membagikan pengalaman pribadi seputar produk craft yang kita jual. 

Katakanlah teman-teman menjual produk-produk craft seperti sarung bantal dan menuliskan informasi seputar seberapa sering kita harus mengganti sarung bantal setiap minggunya. Di dalamnya, teman-teman sisipkan pengalaman pribadi semacam efek dari tidak mengganti sarung bantal terlalu lama. Melalui pengalaman ini, kita tidak hanya memberikan informasi, tapi juga awareness kepada para pelanggan. Jangan lupa mengajak mereka untuk membagikan pengalamannya juga, ya!

4. Membuka Potensi Kolaborasi dengan Bisnis Lain


Bisnis craft teman-tema mungkin sudah berkembang pesat dengan banyaknya order yang terus bertambah dari waktu ke waktu. Tidak ada salahnya untuk berbagai tips sukses teman-teman dalam berbisnis, dari awal memulainya dengan modal yang tidak seberapa hingga akhirnya menghasilkan omset berkali-kali lipat jumlah modal awal. Dengan membagikan tips ini, teman-teman bisa menginspirasi mereka yang ingin memulai bisnis serupa atau murni tertarik ingin mempunyai bisnis saja.

Seiring berjalannya waktu, teman-teman mungkin juga akan melihat makin tingginya antusiasme para pengunjung blog untuk menggali lebih banyak informasi seputar bisnis dan mempelajarinya langsung dari teman-teman. Mengamati hal ini, ada peluang untuk berkolaborasi dengan mereka yang benar-benar tertarik untuk belajar atau bahkan membangun kerjasama langsung dengan teman-teman untuk memperluas market bisnisnya. Peluang inilah yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan exposure yang lebih luas kepada bisnis craft milik teman-teman.


5. Bisa Diurus Kapan Saja dan di Mana Saja


Last but not least, sebuah blog bisa kita urus di mana saja dan kapan saja. Sewaktu-waktu inspirasi datang, kita bisa langsung memperbaruinya dengan informasi-informasi yang bermanfaat untuk para pelanggan. Selama kita memperhatikan kebutuhan para pelanggan dan menjaga hubungan personal dengan mereka melalui tulisan-tulisan kita, mereka akan kembali lagi untuk membaca blog dan membeli produk craft kita. 

Bisnis tanpa adanya interaksi personal hanya akan menjadi tempat jual beli tanpa ikatan yang berarti antara pemilik bisnis dan pelanggan. Mulailah blog bisnis craft teman-teman dari sekarang dan bangun suatu bisnis yang juga meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada kita. Selamat berbisnis, teman-teman!

39 comments:

  1. Ulasan yang menarik mb... Memasukkan blog ke dalam web bisnis kita membuat orang lebih tahu juga tentang informasi penggunaan produk kita dan informasi lainnya. Tidak kalah penting, sentuhan personal dengan adanya blog dalam web bisnis kita memperbanyak peluang orang untuk mengunjungi web kita, tidak cuma yang memang berniat membeli, tapi juga yang baru sekedar mencari informasi..tfs mb..

    ReplyDelete
  2. Ibuku sudah kuajari bikin blog untuk membagikan hasil karya tangan ibuku Mbak, tapi menurut beliau kalau harus menulis, waktunya yang nggak ada. Okelah, Alhamdulillah ibuku punya medsos yang dikelola sendiri akunnya. Alhamdulillah di usia ibuku yang lebih dari 70 tahun, masih aktif menerima pesanan craft apapun, mulai dari rajutan, seserahan, sampai membuat bros dan kalung untuk souvenir pernikahan. Ibuku ndak membuat tanpa pesanan, takut ndak sempat kalau kehabisan stock.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Problem kita kok sama persis gini sih? Aku nggak ada apa2nya dibandingkan ibuku tapi ibu nggak bisa online.

      Delete
  3. Bener bisnis jadi lebih mudah di jangkau ya mom sukses ya bisnisnya

    ReplyDelete
  4. Sekarang bisnis online yang lebih dipercaya itu yang punya website ya mba
    . Mempermudah transaksi juga..

    ReplyDelete
  5. setuju dengan semua poin di atas mak, berlaku juga untuk bisnis yg lain ya mak

    ReplyDelete
  6. Mak lusiiiii, suka banget nyimak hasil craftingnya. Lucu-lucuuu deh.
    Btw, saya ketemu temen2 ukm yang pakai website untuk bisnisnya katanya ini minim resiko dikemudian hari ya dibanding marketplace dan sosmed. Kayaknya harus belajar juga nih sayanya 😍

    ReplyDelete
  7. Yang paling enak adalah...bisa diurus dari mana saja, dan kapan saja. Itu menurutku sisi fleksibilitas dari ngurus sebuah blog.

    ReplyDelete
  8. Nah itu masalahku mak. Kalau harus membagi waktu antara jahit dan menulis kok suka keteteran ya. Boleh dong mak, kapan2 bagi2 tips manajemen waktunya itu. Gimana biar bs tetap produktif jahit, tp ngeblog juga bisa jalan. Please ya mak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya aku pernah nulis tentang itu deh, tapi masih secara global. Ntar aku bikin lagi ya.

      Delete
  9. Kapan ya aku bisa kreatif kayak mba Lusi. Hihihih. Selama ini aku parah dan payah nih soal craft. Tapi aku setuju banget blog pas buat bisnis craft

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah aku pengin jadi jurnalis kayak dirimu hehee

      Delete
  10. Benar banget mba, punya blog craft jadi lebih personal ya, pembeli jadi merasa lebih akrab dengan penjual lewat cerita-ceritanya di blog dan beli deh..

    ReplyDelete
  11. Iya setuju banget, blog untuk usaha itu bisa diurid dari mana aja karena online. Yang penting mah harus ada akses internet ya mba

    ReplyDelete
  12. Iya, sih. Jaman sekarang, menjalani bisnis apa pun ada baiknya ditunjang dengan blog/website dan dipasarkan secara online.

    ReplyDelete
  13. Saya setuju kalau blog bisnis craft perlu punya web sendiri. Ini pasti akan memudahkan bagi pelaku bisnis untuk menampilkan kreasinya dan lainnya. Juga aka membantu pembeli untuk mencari informasi seputar kreasi craft yang dipunyai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, udah nggak jamannya cuma jualan doang tanpa informasi yang berhubungan.

      Delete
  14. Aku juga suka mampir ke blog paara crafter yg akhirnya berbisnis. Lebih personal rasanya jadi meningkatkan kepercayaan pelanggan

    ReplyDelete
  15. Jadi ngingetin aku buat blog untuk garuda balon party mba. Aku malah belum bikin blas

    Soale banyak yg minta di ig mba. Makanya aku maksimalin di ig. Ternyata emang enakan kalau bikin juga ya di blog biar banyak nambah cust

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin kategori baru aja Cha, nggak usah bikin blog baru.

      Delete
  16. Bener banget nih mba. Tp sering sy ditanya kalo nyaranin bikin blog buat bisnisnya. Katanya lebih enak bangun branding di ig n sosmed lain. Lebih banyak dikenal dibanding blog. Padahal kan salah satu pentingnya punya blog untuk bisnis itu dia bisa langsung detect di SEOnya google. Plus dia jg terlihat lbh trust aja bisnisnya.

    ReplyDelete
  17. Iyaaa penting banget buat memamerkan produk2 kita. Trus menurutku juga dengan adanya web sendiri jd keliatan lbh kredible shg pelanggan jg mudah percaya gtu. Itu sepatu dan pouch karyamu mbak?

    ReplyDelete
  18. Keren banget deh membuat blog khusus untuk bisnis ke craft-nya semoga semakin ke atas dan semakin banyak pelanggannya ya mbak

    ReplyDelete
  19. Temenku bisnis akhirnya dibuat blig juga mba. Poin diatas aku setuju banget.

    ReplyDelete
  20. 5 alasannya mantap mak. Bisa atur produk-produk yang mau di post, dengan deskripsi yang jelas, foto2nya pun jelas sesuai keinginan.

    ReplyDelete
  21. Iya, bener banget mba. Blog bisnis nih penting untuk terus share karya maupun info2 penting seputar bisnis. Bisa untuk inspirasi orang lain yang ingin berbisnis juga. Katanya kan berbagi itu tidak bikin kita mati rejeki kan yaaa... jadi harus terus dibagi2.

    Lalu aku ingat blog craftku yang mangkrak karena aku kehilangan spirit perajutnya yang udah agak susah disemangati lagi hehehe... Maklum aja, bukan aku yang merajut soalnya. Aku hanya tim cuap2 dan R&D :D

    ReplyDelete
  22. Benar juga nih mbak, selain dengan media social kita juga harus punya blog. Karena dari situ orang akan melihat keseriusan suatu produk yang kita jual dan juga tau lebih detail lagi. Karena informasi di blog bisa lebih detail daripada di media social.

    ReplyDelete
  23. Blog memang penting banget buat bisnis apa pun. Aku aja lebih merasa aman belanja di olshop kalo mereka punya website pribadi.

    ReplyDelete
  24. Dengan memiliki website, pelanggan juga akan merasa lebih percaya ya, Mbak. Karena bisa selalu berinteraksi dengan pemilik bisnisnya.

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.