Sekilas Petra, Toko Keperluan Kerajinan Dan Aksesoris Jogja

Toko Petra yang menjual alat dan bahan kerajinan tangan atau craft serta akseoris ini terletak di kawasan pecinan Ketandan Yogyakarta. Kawasan ini selain sebagai pusat pedagangan emas di Jogja, juga berdampngan dengan Pasar Beringharjo, Malioboro dan Kantor Gubernur DIY Kepatihan. Jadi, bisa belanja sekalian jalan-jalan.

toko petra jogja

Tentang Toko Petra Jogja


Sebenarnya saya agak bingung dengan hubungan antara toko Petra dan Bella. Mungkin teman-teman bisa membantu mencerahkan saya supaya tidak salah memberikan informasi. 


Kalau digoogling nama Bella akan keluar Petra juga dan sebaliknya. Sudah lama banget saya tidak blusukan di toko-toko seputar Pasar Beringharjo seperti Bella, Petra dan Satria. Tapi dulu, saya pernah ke toko Bella yang letaknya tak jauh dari Satria. 

Dulu banget, sebelum ke Bella, saya juga pernah ke Petra yang letaknya di barat. Setelah itu, muncul Bella di sebelah timur. Lalu Bella geser ke sebelah timur lagi atau yang tak jauh dari Satria itu. Beberapa teman saya mengatakan Petra berubah nama menjadi Bella. Lha tapi kok sekarang ada Petra lagi? Apakah keduanya adalah toko yang berbeda? Ya begitulah, simpang siur. Insya Allah kalau sudah ketemu kronologinya, bagian ini saya edit lagi.

toko petra yogyakarta

Petra Kentandan ini merupakan bangunan yang baru dipugar dan menjadi yang paling keren diantara toko bahan kerajinan dan aksesoris di sekitar sana. Sebenarnya nggak baru-baru banget sih karena sudah buka di tempat baru ini selema beberapa tahun. Tapi karena di sekitarnya bangunan super lama semua, jadi kelihatan beda sendiri. Diantara teman-teman saya yang hobi craft, mungkin saya yang paling ketinggalan mengaduk-aduk toko Petra. Inipun saya sekalian mampir dari parkiran ke Malioboro untuk menikmati Seloso Wage.

Cara Menuju Toko Petra Jogja


Cara paling mudah adalah naik sepeda motor. Teman-teman bisa masuk ke kawasan ini dari Malioboro maupun Suryatmajan. Letak gangnya sejajar dengan pintu masuk Kantor Gubernur DIY yang ada plang kantor tersebut dari sisi Jl Suryatmajan.

Jika naik mobil, teman-teman bisa parkir di Jl Suryatmajan lalu jalan kaki sedikit. Nggak sampai keringetan kok. Hanya saja parkiran disini terbatas. Di hari biasa, banyak mobil pengangkut barang bongkar muatan. Di hari libur lebih-lebih lagi karena dijejali mobil wisatawan. Teman-teman juga bisa parkir di area Pasar Beringharjo tapi harus jalan kaki agak jauh meski nggak sampai capek banget. Sebenarnya di Petra sendiri ada parkir basement kok. Dicoba saja, siapa tahu masih ada space untuk mobil.

Jika naik TransJogja, turun saja di Malioboro. Saya tidak hapal dimana saja haltenya. Saya hanya ingat halte depan Kantor Gubernur DIY yang berada di sisi Malioboro. Oya, supaya tidak bingung, saya harus jelaskan bahwa pintu gerbang Kantor Gubernur DIY itu ada 3, yaitu lewat Jl Malioboro, Jl Suryatmajan dan Jl Mataram. Pengunjung umum biasanya lewat Malioboro, dinas lewat Suryatmajan, sedangkan pegawai lewat Jl Mataram. Tapi sebenarnya semua bisa diakses asal seijin satpam. Setahu saya yang dari Jl Mataram hanya dibuka di jam kerja.

Jika menggunakan transportasi online, sesuai dengan map di aplikasi saja.

toko aksesori jogja
Backdrop yang ada daun-daunnya itu bisa untuk selfie.

Jam Buka Toko Petra Jogja


Artikel ini saya beri judul sekilas karena kunjungan kami benar-benar kilat. Waktu itu kami mampir dalam perjalanan menuju Malioboro untuk Seloso Wagen. Tujuan kami membeli tali sepatu. Sampai disana, kami terjebak dalam euforia melihat pilihan aksesoris yang lucu-lucu dan banyak. Apalagi pengunjung sedikit. Jadi leluasa banget melihat-lihat. Nggak empet-empetan seperti toko lain. Sebenarnya agak heran sih, biasanya toko seperti ini dipenuhi orang-orang kulakan. Antara heran dan kasihan sih kalau nggak ramai gini.

Jam 16.45 tiba-tiba ada pengumuman yang diulang berkali-kali agar pelanggan segera menyelesaikan transaksi karena toko akan tutup jam 17.00. Hah? Pantesan toko sepi! Ternyata bukan karena enggak laku tapi memang sudah mau tutup! Heheheheee ....

Jadi toko kerajinan dan aksesoris ini beda dengan toko lain di Jogja karena tutup jam 17.00, tidak buka sampai malam. Tapi untuk kawasan ini, tutup jam 17.00 itu wajar, mengikuti jam tutup toko-toko emas Ketandan dan pasar Beringharjo.

Melihat Isi Toko Petra Jogja


Sebagai toko alat dan bahan kerajinan, bagian depan toko Petra ini nyenengin banget deh karena luas dan ada tempat duduk. Belanja apalagi kulakan peralatan craft seperti yang saya lakukan itu capek banget, you know. Milihnya udah capek, antrinya juga capek. Tapi tak semua toko menyadari dan memberi fasilitas untuk leyeh-leyeh sebentar sebelum berjuang menembus keramaian pusat kota Jogja untuk pulang.

Yang juga penting banget saya highlight adalah di toko Petra ada lift! Hahahaaa.....

Penting banget ini buat saya karena bagian alat dan bahan kerajinan itu selalu diletakkan di lantai paling atas. Kalau di Jolie Diponegoro cukup naik satu lantai, di Jolie Wirobrajan harus naik 2 lantai. Ngos-ngosan, sista!

toko alat bahan kerajinan jogja
Tangga menuju lantai alat dan bahan kerajinan tapi belum sempat kesana sudah mau tutup. Sedih. Huhuuhuhh....

Lantaran cuma 15 menit disana, jadi mohon dimaklumi, laporan saya cuma sedikit. Makanya judul artikel ini "sekilas" supaya teman-teman tidak merasa saya PHP heheheee....

Toko Petra yang bisa diakses pengunjung ada 4 lantai. Lantai paling bawah adalah basement untuk parkir sepeda motor dan mobil. Pintu masuknya parkirannya agak curam, tapi jangan khawatir papasan karena ada satpam yang sigap memberikan aba-aba. Lantai 1 ada pernak pernik, lantai 2 fashion, lantai 3 alat dan bahan kerajinan.

Penyesalan terbesar saya adalah tidak sempat naik ke lantai 3 lantaran harus antri di kasir lantai 2 membayar tali sepatu tadi karena toko akan segera tutup. Tapi saya janji, bakal balik lagi kesana terus laporan deh sama teman-teman.

Petra ini termasuk sering bikin workshop kerajinan loh dan nggak mahal. Ikuti saja akun instagramnya: @petraaccessories untuk melihat event yang akan mereka selenggarakan.

Semoga informasi terbatas ini bermanfaat. Semoga bisa ada tambahan informasi lagi.

Petra Accessories
Jl. Ketandan Lor No.29, Ngupasan
Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
Telepon (0274) 563156

Post a Comment

2 Comments

  1. Wah, ini petranya komplit ya mbk ada baju, tas dll. Dulu waktu masih kuliah di Malang dan sempet jual gelang dan kalung, beli bahannya selalu ke petra. Komplit banget

    ReplyDelete
  2. Untuk saat ini pandemi covid-19 ,petra tutup jam berapa ya sis

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)