Cara Menggunakan Pola Jahit Gratis Atau Free Sewing Pattern Dari Internet

Sudah bikin masker sendiri? Tutorial masker atau face mask sedang diburu di internet untuk menghadapi wabah virus corona atau COVID19 saat ini. Saya sudah dari dulu memanfaatkan pola jahit gratis untuk berbagai kebutuhan. Tutorial gratis dari crafter atau penjahit profesional di internet seringkali disertai free sewing pattern. Bagaimanakah cara menggunakannya?

pola busana

Jika teman-teman search di internet akan banyak menemui free sewing pattern. 

Pembuat pola jahitan memang lebih banyak dari luar negeri. Buatan Indonesia belum banyak. Bisa jadi karena orang Indonesia enggak sempat, belum sadar manfaatnya bagi branding atau belum tahu cara membuatnya. Kalau saya terus terang belum tahu cara membuatnya. Heheheee. Tapi sekarang sedang belajar kok. Semangat!

Baca juga: Cara Membuat Masker Kain Dengan Tali Headloop dan Slot Tissue

Crafter atau penjahit Indonesia lebih senang menunjukkan cara membuat polanya, baik pakai matematika maupun dengan cara mudah. Sebenarnya ini bagus loh, membuat kita paham secara menyeluruh. Jika sudah paham dasarnya, kita bisa kembangkan berdasarkan kreativitas. Tapi jika waktu terbatas untuk belajar dari nol, sementara kebutuhan untuk menjahit sangat mendesak, tak ada salahnya tinggal print pola yang sudah ada di internet.

Satu hal yang harus diingat, jangan curang meminjam pola berbayar untuk keperluan komersial, baik untuk dijual hasilnya ataupun untuk konten dalam rangka menambah subscriber.

Jika teman-teman butuh pola untuk berjualan atau membuat konten media sosial, gunakanlah pola gratisan. Pola berbayar digunakan terbatas oleh orang-orang yang telah membayar. Pola berbayar memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda dan memang ada yang mengijinkan pembelinya untuk menjual hasil karya berdasarkan pola yang sudah dibayar tersebut. Karena itu, pastikan tidak melanggar syarat dan ketentuannya agar kredibiltas kita juga terjamin. Jika menggunakan pola gratisan, tak ada salahnya menyebutkan nama si pembuat pola sebagai tanda terima kasih walaupun tidak wajib. Yuk belajar menghargai hasil jerih payah orang lain sebelum menghargai karya sendiri.

Jenis-jenis free sewing pattern atau pola jahit gratisan:
  1. Pola dengan ukuran asli. 
  2. Pola dengan ukuran skala.
  3. Pola tanpa ukuran.

Pola atau pattern gratis bisa dicari di blog, youtube atau pinterest. Kadang ada juga di facebook dan twitter tapi tidak banyak. Umumnya kita akan diberi link menuju ke file google drive. File akan disimpan dalam format PDF.

1. POLA DENGAN UKURAN ASLI

Pola dengan ukuran asli umumnya digunakan untuk menjahit craft. Itu karena ukuran jahitan craft banyak yang kecil sehingga muat dalam selembar kertas.

pola pouch gratis


File pola gratisan dengan ukuran asli umumnya menggunakan format PDF. Jika ukuran polanya besar melebihi ukuran kertas printer rumahan, yaitu A4 dan F4, pembuat pola akan memecah pola tersebut menjadi beberapa bagian. Setelah diprint, kita harus menyambung sendiri bagian dari pola-pola tersebut menggunakan selotip atau isolasi. Buat pola-pola kecil, tentu tidak masalah karena muat satu halaman.

Yang perlu diperhatikan adalah penguji ukuran di sudut kertas. Letaknya bisa diatas atau dibawah pola. Bentuknya bisa kotak, bisa juga garis.

Penguji ukuran ini adalah untuk memastikan pola yang sudah kita print sesuai dengan ukuran aslinya. Ukurannya bisa menggunakan cm (sentimeter) atau " (inch). Umumnya pola dari luar negeri menggunakan inchi. Sedangkan ukuran yang digunakan untuk menguji tergantung si pembuat dengan pertimbangan ukuran polanya. Misalnya jika bentuknya kotak bisa 1" x 1" atau 2 cm x 2 cm. Jika bentuknya garis, bisa 2", 4 cm dan sebagainya.

Yang kita lakukan adalah mengambil penggaris dan meletakkanya di penguji ukuran tersebut. Misalnya di pengujinya tertulis 2", letakkan saja penggaris di kotak atau garisnya. Jika ternyata tidak sama. maka printer harus disetting dulu dan print ulang. 

Pastikan kondisi printer default, tidak fit to paper atau diset ukuran kertas tertentu agar gambar tidak menyesuaikan dengan setting apapun melainkan tetap dengan ukuran sebenarnya.

Baca dengan teliti, apakah pola tersebut sudah termasuk kampuh atau harus menambahkan sendiri. Biasanya jika termasuk kampuh, ada garis putus-putus beberapa cm atau inch dekat dengan garis tebal tempat kita menggunting. Namun tak semua memberikan garis putus-putus, melainkan hanya ditulis di dalam keterangan.

free sewing pattern

2. POLA DENGAN UKURAN SKALA


Pola dengan ukuran skala umumnya diterapkan untuk busana. Selain karena busana itu besar-besar sehingga sulit diterapkan di kertas printer, juga agar pengguna pola tersebut bisa mengembangkannya sesuai dengan ukuran tubuh pemakai baju. Jadi pola ini merupakan ukuran sebenarnya yang telah diperkecil beberapa kali agar muat dengan kertas printer.

Baca juga: Cara Membuat Masker Kain dengan Tali Adjustable dan Tempat Tissue

Langkah awalnya sama dengan no 1, pastikan printer dalam posisi default, tidak ada penyesuaian atau adjusment terhadap kertas printernya. Biasanya pembuat pola akan memberikan panduan untuk baju ukuran S harus pakai skala berapa, M berapa, L berapa dan sebagainya. Kita tinggal membesarkan ukurannya sesuai dengan ukuran tubuh di kertas pola. 

Kalau saya sering menggunakan kertas koran karena masih tahap belajar, masih suka emosi dan merobek kertas tersebut jika gagal. Sayang kan kalau menggunakan kertas pola beneran? Hahahaaa. Tapi jika sudah pandai, kertas pola dengan ukuran sebenarnya itu bisa disimpan untuk digunakan lagi.

3. POLA TANPA UKURAN


Pola tanpa ukuran ini biasanya juga untuk craft. Biasanya bukan berupa pola benda tapi pola hiasan, misalnya berupa tulisan atau gambar untuk kain. Kita harus memperkirakan sendiri seberapa besar pola yang akan diprint. Sebaiknya sebelum diprint dibuka dulu di adobe photoshop agar kita tahu ukurannya. Di photoshop kan ada "ruler" sehingga kita tahu berapa besar pola tersebut. Pola semacam ini sering digunakan untuk bordir atau sulam.

Nah, begitulah cara menggunakan pola jahit gratis atau free sewing pattern yang banyak bertebaran di internet. Sangat menghemat waktu kita dan tidak perlu pusing. Jadi, jangan lupa berterima kasih kepada pembuatnya dengan mencantumkan sumber pola tersebut.

Jika teman-teman lebih suka menyimak ulasan ini dalam bentuk video, silakan menyimak video dari channel youtube beyourselfwoman di bawah ini:


Post a Comment

0 Comments