Cara Membuat Jok Kursi Bulat Tipis

Saya punya 2 kursi besi dengan dudukan anyaman plastik. Kursi itu beli di supermarket. Waktu itu sepertinya kuat karena harganya juga tidak murah dibandingkan dengan bahannya yang cuma plastik. Tak lama kemudian, anyaman plastiknya jebol semua, tapi besinya masih bagus. Jadi, daripada disingkirkan, lebih baik diberi jok baru.

cara membuat jok kursi bulat tipis

Entah yang benar itu bulat atau bundar. Setahu saya bulat itu seperti bola, bundar itu rata saja. Setelah mencari di KBBI daring, saya malah tambah bingung. Sepertinya bulat itu yang penting bervolume tidak harus seperti bola. Jadi sebelumnya saya minta maaf kalau salah istilah. Mari tidak berputar-putar saja di istilah karena saya bukan ahli bahasa, hanya crafter yang ingin terus belajar. Langsung saja kita kerjakan.

BIKIN JOK KURSI ITU MUDAH


Yang susah itu pendapat netizen. Hahahaaa. Kalau teman-teman membuat jok untuk dipakai sendiri di rumah, jangan berpikir yang sulit-sulit. Gunakan saja apa yang ada. Soal tampilan, bisalah  kekurangannya disembunyikan dari tamu. Apalagi kalau cuma dijadikan latar belakang foto.

Baca juga: DIY Makeover Kursi Dan Jok Monochrome

Tapi jika dijadikan konten utama, bikin jok itu jadi ribet. Saya pernah membuat video youtube tentang membuat jok pakai stapler. Video tersebut menjadi yang paling banyak dikunjungi di channel youtube beyourselfwoman. Namun, video itu pula yang banyak komplain karena penggunaan stapler tersebut. Mereka mengatakan kalau (maaf) pantat bisa kena stapler jika duduk disana. 

Dengan sabar saya jelaskan bahwa busa yang digunakan disitu sangat tebal, tak mungkin tertembus stapler. Belum lagi saya menggunakan pelindung kardus dibawahnya. Tapi ya namanya juga netizen, yang ngotot tetap ada. 

Biarpun begitu baru sekarang saya menyadari ada satu kekurangannya yang meskipun terlihat mustahil tapi bisa saja terjadi.Membuat jok dengan stapler sebaiknya tidak dilakukan di rumah yang ada anak kecilnya. Anak-anak sering melakukan hal ajaib yang tidak kita sangka-sangka misalnya menggigit jok? Yah siapa tahu, lebih baik mengantisipasi kan?

Nah, mari kita membuat jok yang lebih aman dengan menjahitnya. Buat yang tidak punya mesin jahit, bisa dijahit tangan karena joknya tidak terlalu besar.

BAHAN MEMBUAT JOK KURSI BULAT TIPIS


Bahan untuk membuat jok kursi berbentuk bulat tipis ini sebenarnya cuma 2, yaitu kain dan busa.

Baca: DIY Mengganti Jok Kursi Tanpa Jahitan

Untuk kain, teman-teman bebas menggunakan kain apa saja yang di rumah. Tapi kalau pengin menggunakan kain khusus jok juga tidak apa-apa. Yang jelas, pilih kain yang tidak mudah robek, jaga-jaga kalau yang duduk menggunakan jeans kaku. Di tutorial ini saya menggunakan kain kanvas lokal yang kasar. Kain kanvas dan kain kain dijual di toko yang sama. Begitu pula dengan busanya.

Untuk busa, saya tidak memotong dari busa utuh. Kebetulan saya punya potongan busa kecil-kecil dari sisa kerjaan lain. Cara menjadikannya jok, potong dulu kardus bekas sesuai dengan bentuk jok. Tempelkan busa tersebut di kardus menggunakan lem. Rapikan pinggirannya agar mengikuti pola kardus menggunakan cutter.

CARA MEMBUAT JOK KURSI BULAT TIPIS


1. Buat cetakan jok menggunakan kertas tidak terpakai, misalnya koran. Di video youtube saya menggunakan kain karena itu bekas penutup jok lama yang mau saya buang. Saya tidak mengukur dengan penggaris karena sering salah ukur. Lagipula sulit karena bentuknya tidak benar-benar seperti lingkaran, melainkan peyang sedikit di bagian bawah sandaran. Jangan lupa menambahkan 1,5 - 2 cm untuk kampuh jahitan.

cara membuat jok kursi

2. Siapkan 2 lembar bahan berdasarkan pola yang sudah dibuat tadi. 

3. Letakkan permukaan yang buruk dari ke 2 bahan tadi saling berhadapan. Bantu dengan jarum pentul agak posisinya tidak berubah.

4. Jahit keliling! Sisakan sebagian tanpa jahitan untuk jalan masuk busa. Jika menggunakan busa utuh, cukup sisakan sedikit saja karena busa bisa diremas kecil. Tapi jika menggunakan busa sisa seperti saya, sisakan cukup lebar, sekitar 1/3 keliling karena kardusnya tidak fleksibel.

tutorial membuat jok kursi
Jahit di bagian garis putus-putus merah.

5. Gunting pinggiran kecil-kecil memutar agar setelah dibalik, pinggirannya rapi dan rata.

6. Balik kainnya supaya permukaan yang bagus berada diluar. 

7. Masukkan busanya.

tutorial membuat jok kursi bulat tipis

8. Jahit bagian yang masih terbuka dengan jahit tangan. Usahakan agar benangnya tidak terlihat.

Selesai!

Sangat mudah ya. Tak perlulah panggil tukang untuk hal-hal seperti ini. Jangan takut tampilannya akan seperti apa. Coba saja dulu. Buat teman-teman yang lebih suka tutorial dalam bentuk video, klik saja video di bawah ini. Semoga bermanfaat.


Post a Comment

0 Comments