ASUS Hadirkan Laptop 5G Pertama di Indonesia dengan Fitur Idaman Pekerja Kreatif

Hari Kamis lalu, tanggal 25 Agustus 2022, blogger Jogja diundang ASUS ke launching road show produk-produk terbarunya menyongsong era 5G. Ada beberapa produk sekaligus yang diusung dengan teknologi terbaru, namun sebagai blogger crafter, bukan blogger techno, saya fokus pada apa yang bisa dimanfaatkan teman-teman pekerja kreatif yang cenderung berhubungan dengan kerajinan dan UMKM.

launching asus yogyakarta
Launching laptop ASUS terbaru di Yogyakarta 2022


ASUS, LAPTOP 5G PERTAMA DI INDONESIA

DI acara ini, ASUS memperkenalkan produk dengan membawa contoh laptop secara langsung dan ada pula masih belum kita lihat wujud aslinya. Nanti jika semua sudah memasuki pasaran, teman-teman bisa segera melihat contohnya di toko langganan.

Laptop-laptop tersebut adalah Vivobook Pro 14 OLED (M3400) untuk sehari-hari, laptop detachable OLED pertama di Indonesia Vivobook 13 Slate OLED (T3300), laptop premium Zenbook 14 OLED (UX3402), serta laptop layar ganda Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402).

Saya sendiri masih mengunakan ASUS U36S. Kalau dibandigkan dengan laptop-laptop tersebut, mungkin laptop saya sudah tergolong era dinosaurus. Tapi berhubung produk ASUS, jadi awet banget, hanya sudah kewalahan mengejar teknologi terkini. Semoga saja segera ganti dengan Vivobook Pro 14 OLED (M3400) itu. Aamin!

Masih ingat ketika pertama kali kita memasuki era 4G? Meski tidak serta merata semua perangkat tidak bisa dipakai, tapi banyak yang terjebak harus membeli perangkat dengan teknologi lama karena butuh sekali untuk bekerja, sementara perangkat 4G belum tersedia meski kabarnya sudah santer. Akibatnya, ketika 4G benar-benar sudah masuk, perangkat yang barusaja dibeli itu harus direpotkan dengan berbagai penyesuaian agar bisa beroperasi dengan teknologi terbaru.

Akhir-akhir 5G sudah santer sekali terdengar. Beberapa negara sudah menggunakannya secara luas. Beruntung ASUS sudah menyediakan laptop 5G pertama di Indonesia. Teman-teman yang membutuhkan laptop baru harus mempertimbangkan kompabilitas laptop tersebut dengan teknologi 5G agar tidak repot dalam jangka waktu yang lama.


ASUS Vivobook 5G
ASUS Vivobook 5G


LAYAR ASUS DENGAN TEKNOLOGI OLED

OLED adalah teknologi layar yang menghadirkan layar yang kaya warna dan akurat. Selain itu, layar OLEDl dilengkapi dengan fitur kesehatan mata yaitu EyeCare bersertifikasi TÃœV Rheinland sehingga mata tidak mudah lelah. Idaman banget kan buat pekerja kreatif seperti blogger yang bisa berjam-jam di depan laptop. Terlebih buat blogger yang juga aktif membuat konten tutorial crafting di youtube beyourselfwoman seperti saya, harus telaten melakukan editing agar selain terlihat dan terdengar juga bisa terbaca oleh teman-teman tuli.

ASUS merupakan produsen laptop dengan layar OLED yang memiliki varian terbanyak di Indonesia. Dengan harga dibawah 10 juta rupiah di beberapa varian, pekerja lepas seprti blogger yang mengandalkan invoice tak tentu waktu, bukan gaji rutin, bisa memiliki laptop dengan kinerja maksimal.


LAYAR ASUS DENGAN PANTONE VALIDATED DISPLAY

Dulu ketika masih bekerja di eksportir kerajinan, saya paham betul susahnya mendapat design approval. Customer asing selalu meminta warna sesuai dengan pantone. Padahal kerajinan yang berbahan serat alam tidak ada yang sama persis dengan pantone. Selalu ada kompromi untuk mendapatkan warna paling mendekati kode pantone tersebut. Untuk mencapai kesepakatan tersebut, kami harus bolak-balik mengirim sample ke luar negeri yang menghabiskan waktu, tenaga dan biaya. Akhirnya, sering kalah dengan Thailand dan Vietnam. Ini karena sample yang dikirim jauh dari warna foto yang kami email. Ketika edit foto, layar laptop tidak bisa menampilkan warna yang mendekati asli meski pengambilan foto sudah senatural mungkin. 

Sekarang hal itu bisa diatasi dengan layar ASUS OLED yang sudah tersertifikasi PANTONE Validated Display. 

Meski sekarang saya hanya crafter mandiri yang mengerjakan pesanan-pesanan personal, tapi laptop dengan layar yang aman di mata dan kaya warna sangat membantu proses edit dan pembaharuan stok toko online beyouprojects di Shopee. Tahu sendiri kan konsumen jaman sekarang gampang sekali protes jika ada sedikit ketidaksesuaian fotoproduk.


LAPTOP ASUS UNTUK UMKM

Satu lagi yang menarik perhatian saya adalah ASUS ExpertBook mengingat tahun depan kami ada rencana usaha cafe yang menyatu dengan penginapan sementara kami belum mampu membayar kasir terpisah, terbayang ribetnya urusan administrasi nanti. 

Lho, tinggal mencatat aja susahnya dimana? Heheheee .... Stok barang dan bahan harus akurat untuk kepentingan pricing agar tidak rugi. Kasir-pun tidak sesederhana mengeluarkan kwitansi tapi juga sekalian ada aplikasi untuk menghitung pajak agar tidak pusing tiap tanggal 10 ketika harus setor pajak ke pemkot.

ASUS ExpertBook fokus pada durabilitas, keamanan dan kemudahan. Ini penting banget karena laptop akan digunakan oleh karyawan sehingga harus mudah dioperasikan. Selain itu, namanya manusia kita tidak tahu bagaimana suasana hatinya. Kalau dikasih laptop yang ringkih, bisa-bisa sudah harus ganti sebelum break even point.

Untuk spesifikasi detil laptop-laptop ASUS 5G terbaru favorit saya dan laptop-laptop lain seperti ROG untuk gaming dan lain-lain bisa teman-teman baca di https://www.asus.com/id/ . Selain karena saya bukan blogger techno sehingga takut salah menjelaskan, juga karena laptop baru ASUS itu banyak banget. Laptop untuk semua keperluan ada. Terlalu panjang untuk ditulis semua di artikel ini. Yuk, semangat para pekerja kreatif!

Post a Comment

0 Comments