Sunday, November 15, 2015

Blog Sebagai Penyumbang Konten Marketing Yang Makin Penting

Saat ini, blog telah tumbuh sebagai penyumbang konten marketing yang makin penting.

Para pemilik usaha online mungkin sudah pernah mengalami ketika semua produk sudah dipajang di website, facebook atau marketplace lainnya, sudah diberi keterangan detil pula, lengkap dengan foto yang jelas dan bagus, tapi masih disibukkan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari calon pembeli tentang produk tersebut. Karena konsumen adalah raja, maka sudah menjadi tugas pemilik usaha untuk memberikan informasi yang diminta.

Secara orang per orang, pemilik usaha kecil bisa menjelaskan produknya ke konsumen. Bagaimana dengan usaha yang terus berkembang dengan jumlah pelanggan yang terus meningkat? Bagaimana dengan brand yang memiliki jutaan pelanggan? Tentu tak bisa satu persatu pertanyaan dijelaskan secara panjang lebar, hanya fokus dengan subyek pertanyaan saja. Padahal yang diinginkan pemilik produk dalam komunikasi yang menghabiskan waktu itu juga membuat konsumen kembali lagi untuk membeli produk tersebut lebih banyak atau membeli produk lainnya.

Pembeli harus diberi ide untuk produk yang akan dibelinya, kegunaan lain dari produk tersebut, produk pendukung lainnya dan hubungannya dengan produk lain, agar pembeli kembali dan kembali lagi, lalu menjadi pelanggan setia. 

Jika ada sarana untuk membuat pemilik usaha berkomunikasi dengan banyak konsumen dan calon konsumen, maka itu adalah blog.

Dengan blog, pemilik usaha atau brand dapat: 

  1. Melempar teaser produk barunya agar konsumen penasaran dan memberikan perhatian.
  2. Menyebarkan berita peluncuran produk baru agar sambutan konsumen atau pasar semarak.
  3. Menyebarkan informasi promo atau paket-paket penjualan, lengkap dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, yang bisa dijabarkan dengan detil di blog.
  4. Menyebarkan perubahan kebijakan atau rencana perusahaan ke depan agar konsumen bisa memahami jika ada perubahan dalam pelayanan konsumen.
  5. Mengedukasi konsumen agar lebih memahami produk yang sedang ditawarkan, pelayanan yang bisa diberikan dan misi perusahaan.
  6. Mengajak konsumen berperan dalam program CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan.
Indosat #lovekonten
Blog di website brand.
Agar produk dan jasanya bisa diulas atau di-review di blog, pemilik usaha bisa membuat page blog sendiri di websitenya dan menggunakannya sebagai internal linking agar pengunjung berlama-lama menjelajah website tersebut mengikuti link yang ada. Dengan demikian, pengunjung website tersebut akan mengenal produk dan jasa di website tersebut lebih baik lagi.

Pemilik usaha juga bisa bekerjasama dengan blogger yang memiliki blog dengan peringkat baik dan memiliki konten yang bisa dipertanggungjawabkan. Ada pemilik usaha yang mensyaratkan tema blog yang sejalan dengan produk atau jasanya. Ada yang justru senang usahanya menjadi konten unik dari blog dengan tema berbeda. Itu tergantung dengan strategi marketing perusahaan tersebut.

Interaksi antara konsumen dengan pemilik brand atau produk bisa dilakukan dengan berbagai cara.
  1. Blog mempublikasikan artikel lengkap tentang spesifikasi suatu produk atau program brand agar konsumen bisa mempelajarinya sebelum membeli.
  2. Blog mempublikasikan Frequently Asked Questions (FAQ) sehingga konsumen bisa mencari sendiri jawaban dari pertanyaan yang dimilikinya.
  3. Blog mencantumkan semua kontak langsung dan akun media sosial brand tersebut.
  4. Blog membuat url link yang menghubungkannya dengan brand website atau product page yang sedang diulas agar konsumen bisa langsung menuju kesana jika berminat.
Indosat #lovekonten
Tes keyword  dan hasilnya didominasi oleh blog.

Agar informasi yang disampaikan memunculkan interaksi dengan konsumen, maka pemilik usaha harus menindaklanjuti apa yang sudah dipublikasikan di blog agar tidak mubazir dan hasilnya signifikan. Harus ada customer service atau admin yang bertugas memberikan respon di kolom komentar blog dan di akun-akun media sosial yang ada.
Bagaimana konten marketing bisa terangkat oleh keberadaan blog dan dibicarakan oleh pasar secara luas?
  1. Blog memuat kata kunci yang membuat produk atau brand tersebut lebih mudah dicari dibandingkan dengan produk sejenis.
  2. Blog membuat url link ke brand website atau product page untuk menaikkan peringkat pencariannya di google.
  3. Share konten marketing tersebut ke akun-akun media sosial sehingga penyebaran informasinya menjangkau seluas-luasnya konsumen.

Melihat apa yang bisa dilakukan blog diatas, wajar jika saat ini keberadaan blog sebagai penyumbang konten marketing semakin diperhitungkan. 

Blogger seringkali mendapatkan undangan peluncuran produk atau konperensi pers, sama seperti media lainnya. Konten marketing yang dipublikasikan di blog tak kalah efektifnya dengan media lain karena umumnya blog memiliki ikatan yang cukup baik dengan pengunjungnya, yang bisa berubah menjadi konsumen potensial setelah membaca product review tersebut. 
Apalagi saat ini masyarakat makin terhubung dengan internet dimanapun berada. Dengan smartphone, kita sudah terbiasa mencari referensi produk barang dan jasa melalui dunia maya. Keberadaan blog yang mempublikasikan konten marketing semakin dibutuhkan untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan itu.
Product review di blog bisa terus berada disana dan bisa di share ulang hingga berkali-kali di media sosial sampai kapanpun asal tidak ada tenggang waktu promosi dari produk tersebut. Itu artinya, sekali posting, pengguna internet bisa terus menemukan informasinya untuk waktu yang sangat lama. Dengan demikian, konten di blog makin menjadi perangkat marketing yang tak terpisahkan dari sebuah produk atau brand.

NOTE: WINNER LOVE KONTEN BLOG COMPETITION by Blogger Camp ID & Indosat Ooredoo

40 comments:

  1. Blog sebagai konten marketing. Setuju Mbak, kenapa karena kebanyaka masyarakat Indonsia mencari hal-hal yang dibutuhkan dengan googling terlebih dahulu. Contohnya saya lah, mau masak? googling, butuh gadget yang bagus? lihat di internet, mau jalan-jalan ke tempat wisata? googling, mau nginep dihotel, dan membutuhkan referensi yang menarik? siapa lagi kalau bukan informasi dari blog . Yes,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kalau googling dulu itu langsung pede ya :D

      Delete
    2. sama, saya juga kalo anak nanya ini itu dan saya gatau, googling deh

      Delete
  2. ah senengnyaaa, nampaknya nih, masa depan blogger smkin cerah, bener gt nggak mbk lus ?

    ReplyDelete
  3. Betul banget mak, blogger2 sekarang sudah jadi perpanjangan marketing ya.

    ReplyDelete
  4. sekarang banyakk banget undangan buat blogger,makin jaya hehehe...

    ReplyDelete
  5. Fenomena dunia online seperti saat ini mengharuskan pebisnis online memanfaatkan program kerakyatan online: dari online, oleh online, untuk onliner.. dan blogger satu-satunya penyumbang konten marketing yang saat ini masih layak diandalkan. *Masa siih* haha

    ReplyDelete
  6. Saya justru lebih suka iklan di blog karena lebih bercerita. Kalau iklan di media mainstream kan cuma segitu aja infonya. Kalau survey di mall, ya seperti infografis Mbak Lusi itu hehehe.

    Iklan di blog itu lebih bercerita dan infonya komplit. Makanya saya gak pernah bilang, "ih, blognya ngiklan melulu." Karena saya merasakan, sih, kalau ingin mencari tau sesuatu lebih suka cari info lewat blog

    ReplyDelete
  7. Wah, semoga peran blogger di indonesia semakin berkembang, tidak hanya di konten marketing tapi juga edukasi..

    ReplyDelete
  8. Sepakat banget, Mak.
    Saya apa-apa kalo beli yang sekiranya lumayan menguras kocek, harus cari ulasannya di blog agar lebih yakin

    ReplyDelete
  9. karena pendekatan dan sentuhan yang lebih personal dari blogger yang nulis justru jadi poin tersendiri untuk marketik produk yaa (meskipun si blogger-nya tetap dpt fee utk itu), agak beda kalau pendekatannya produsen only, pembeli/konsumen merasa jadi sasaran/target produsen langsung dan jadi lebih defence dan kritis gt.

    ReplyDelete
  10. Pantang belanja sebelum googling. Wkwkwk

    ReplyDelete
  11. Aku malah sebelum memutuskan sesuatu suka baca pengalaman orang lain atas sesuatu itu di Blognya. Bahkan meski itu iklan tapi blogger sering mengaitkannya dengan pengalaman sehari harinya jadi bisa ngebayangin kitanya tentang kondisi yang mendekati real sesuatu yg mau kita beli. Makanya aku suka suka aja baca review dari para blogger

    ReplyDelete
  12. makin ke sini, makin terasa bahwa blog punya kekuatan untuk menjadi sumber informasi penting. Rasanya bahagia kalau dipercaya untuk membagikan info penting dari brand. Bahagia di hati, bahagia di dompet.. *eh ;)

    ReplyDelete
  13. tapi kalau review-nya dalam suasana lomba jadi kurang terpercaya mbak. karena nggak semua pereview punya personal touch dengan produk/jasa itu. gampangnya nulis detil karena utk dilombakan gitu. cmiiw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar..tp masih lebih terpercaya menurut saya dibanding ditulis oleh perusahaan pemilik brand. Oleh karena itu ada jg yg namanya ambasador blogger kan ya..blogger di endorse juga bisa..jd lebih ke kepercayaan masy thp pemilik blog, bukan hanya kontennya:).imho

      Delete
  14. horee.... masa depan blogger makin cerah. mudah2an bisa kebeli rumah.. Aamiin :D

    Tapi kalo dateng ke acara gitu, aku masih susah ikutan... beberapa sukses, tapi banyak yg gagal karena hal di luar dugaan... sedihnya...

    ReplyDelete
  15. blogger sekarang ini semakin banyak diajak kerjasama utk mempromosikan produknya ya mba...
    berarti blogger banyak dibutuhkan ya mba hehe

    ReplyDelete
  16. Apik kok infografisnya...lucu mak Lus..

    ReplyDelete
  17. Iya mak sekarang apa-apa enaknya googling dulu cari rekomendasi biar ngga keblondrok hehehe

    ReplyDelete
  18. emang sih
    saya sendiri juga merasakan manfaatnya
    kebanjiran job review

    ReplyDelete
  19. ini makin meramaikan khazanah perblogeran ya mba.. byk brand mulai melirik blog sebagai tempat iklan.. kalo gugling pengen nyari sesuatu, ketemunya ya di blog :D

    ReplyDelete
  20. Iya nih, sekarang kalau sedang cari suatu informasi atau cari barang yang pingin dibeli, googling dulu deh, jadi nggak menyesal kemudian.

    ReplyDelete
  21. Blog sekarang emang udah jd tempat untuk cari informasi apapun.

    ReplyDelete
  22. Saya blogger, dan saya sendiri pun kalau mau beli sesuatu nyarinya tetep di blog juga maklus :))

    ReplyDelete
  23. yup, cara2 diatas memang sangat baik dalam mempromosikan barang baru

    ReplyDelete
  24. kadang suka ngikutin produk yang direview blogger mbak, pertimbangannya teman sendiri aja pakai pasti baguslah produknya...
    paling pertimbangannya soal harga, kalau mampu okelah... :)

    ReplyDelete
  25. Setuju deh.... bisa buka advetorial di blog masing-masing. ^^

    ReplyDelete
  26. Kira-kira sampai kapan dunia blog bakalan bertahan, ya?

    ReplyDelete
  27. aku pake indosat juga mak..tapi aku nggak tau caranya buat internetan di indosat..jadinya masih pake provider lain :)

    ReplyDelete
  28. Keren Mbak, semoga menang ya lombanya :-)

    ReplyDelete
  29. Setuju, Bun
    Konten baik tawarkan solusi, bukan basa-basi!
    Sebaiknya penulis juga membahas dari berbagai perspektif, sebagai konsumen dan produsen
    Begitulah...

    ReplyDelete
  30. Smoga menang,
    ..keren tulisannya mak:)

    ReplyDelete
  31. Sama, sekarang lebih milih googling dulu sebelum beli barang jadi gak dikecelein penjual hahaha. Btw, yg di infografisnya jgn yg galak napa ekspresinya? :)))

    ReplyDelete
  32. pasti ituu..ini memang eranya blogger yaa maaaak...konten kereeen pastiii banyak yang melirik :)

    ReplyDelete
  33. dari review blogger biasanya banyak yang penasaran dan akhirnya mencoba produk tersebut ya mbak

    ReplyDelete
  34. Blog lebih diminati karena based on experience ya mba, tinggal kitanya sbg blogger kudu jujur itu kata bapakku sih..

    ReplyDelete
  35. pantesan menang...ya eang kecee postinganya. huhuhu aku mah aaapa atuh mba. Tahu mba Lusitris ini malah karena sering nongol di twitter @infopekalongan hehe

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.