Sunday, July 31, 2016

Memberdayakan Postingan Lama Di Blog

Ada masanya blogger mengejar jumlah posting di awal ngeblog dulu untuk berbagai kepentingan, misalnya alexa, adsense bahkan lomba, tapi kemudian melupakannya.

Pic from pexels.com


Ketika kondisi blog sudah agak stabil, kebanyakan blogger berubah fokus, tak lagi mengejar persyaratan melainkan mengejar traffic. Banyak cara untuk mendapatkan traffic yang maksimal, antara lain share sebanyak-banyaknya, SEO friendly, mobile friendly dan tentusaja konten yang menawan. Namun, ide cemerlang itu tak datang tiap hari. Ada kalanya kita benar-benar hanya menatap layar laptop selama berjam-jam sambil scroll media sosial tanpa menghasilkan artikel apapun.

Di saat itulah sebaiknya bongkar-bongkar postingan lama. 

Pasti ada beberapa postingan yang membacanya saja membuat kita malu karena wagu sekali. Ada juga postingan yang sebenarnya sangat keren tapi tidak sesuai dengan perkembangan jaman. Nah, 2 jenis artikel lama seperti itu bisa kita permak untuk diberdayakan menjadi pendulang traffic baru, terutama jika andalan blog kita adalah konten.


Saya berusaha mencari berbagai sumber yang dapat memberi pengetahuan tentang cara memberdayakan postingan lama. Ada beberapa sih, tapi yang paling mengena adalah postingan ini https://www.entrepreneur.com/article/249085. Meski temanya berbeda dan tidak terlalu banyak memberi tips, tapi setidaknya bisa saya kembangkan sebagai pandauan saya yang mulai mengutak-atik postingan lama.

POSTINGAN YANG PERNAH TOP
Ada beberapa postingan lama yang pernah top, dalam artian pernah mencapai jumlah klik terbanyak dalam bulan itu. Kemana postingan itu sekarang? Dilupakan? Kebanyakan kita hanya memperhatikan postingan lama yang masuk dalam jajaran 5-10 besar sepanjang masa saja kan? Coba kita lihat, apakah postingan tersebut bisa dipoles, diperbaiki, diperpanjang, ditambah foto atau di-update perkembangannya. Misalnya postingan tentang ASEAN Community sebelum tahun 2015, coba di review bagaimana perkembangannya kini? Benarkah prediksi dulu dengan kenyataan sekarang? Jangan lupa, berhubung ini postingan lama yang diberdayakan, share secara manual sebanyak-banyaknya. Kebanyakan blogger sudah menggunakan tools otomatis untuk share setelah postingan dipublish sehingga lupa bahwa postingan lama tidak bisa muncul secara otomatis di media sosial jika tidak dilakukan manual.

POSTINGAN LAMA YANG TIDAK TOP
Postingan lama ini kasihan banget ya? Mungkin waktu itu kita nulisnya males-malesan sehingga share-nya pun tidak bersemangat. Nah, sekarang setelah jam terbang ngeblog banyak, pasti sudah bisa melihat banyak kekurangan dari postingan tersebut. Saatnya mengamalkan jam terbang tersebut untuk mempermak postingan lama yang tidak pernah top tersebut supaya tidak malu-maluin dan tidak hanya berperan sebagai "tambah-tambah" jumlah postingan. Diharapkan setelah diperbaiki akan memberikan kontribusi juga pada blog kita.


CARA MEMBERDAYAKAN POSTINGAN LAMA
Segala sesuatu yang kedaluarsa itu tak baik bagi kesehatan. Begitu pula dengan postingan lama. Jadi, postingan lama jangan sampai dilupakan, ya. Ini dikarenakan berapapun lamanya artikel tersebut, asal masih bisa diakses google akan merusak search ranking blog kita jika konten tersebut tidak bagus. (Baca sumber diatas). 

Baiknya sih tidak sekaligus dipermak ya, agar perhatian tidak teralihkan dari arikel-artikel baru. 

Bagaimanapun artikel baru tetap yang utama. Kalau saya rencananya cuma seminggu sekali, mungkin lebih. 
  1. Fokus ke artikel pendek. 5 tahun yang lalu, artikel dengan 500 kata itu sudah cukup bagus. Sekarang, idealnya 1 artikel bisa dibaca dalam 7 menit, yang berarti sekitar 1600 kata. Bahkan riset SERPIQ membuktikan bahwa konten yang masuk Top Ten search itu sekitar 2400 kata. Jadi, jika berniat memberdayakan postingan lama, lebih baik fokus ke konten-konten pendek dulu. Kalau artikelnya sudah ratusan tentu susah ya tracking mana artikel yang layak diperhatikan dulu. Ada kok toolnya, Panguin dari Barracuda. Tapi saya tidak mau ribet, cukup cek judul-judul langsung tahu mana artikel yang enggak banget. Blog sendiri pasti sedikit banyak ingat isi konten dari judul tersebut.
  2. Lihat harganya. Di blog ini ada beberapa artikel yang sebenarnya tidak berharga, dalam artian nulisnya nggak semangat, judul nggak nendang, lupa dikasih internal link, tidak ada sponsor, traffic rendah banget dan tidak ada yang komentar. Untuk artikel seperti ini, malah capek kalau permak, mendingan didelete saja. Tapi perlu diingat, pernah nggak ninggal link artikel ini di blog komentar teman. Kalau pernah, kasihan nanti masuk broken link di blog teman.
  3. Kurang eye catching. Mungkin kita pernah menulis artikel yang sangat bagus, tapi kalau dilihat kok membosankan? Nah, sekarang setelah ada infograsik, belajar fotografi, tahu tentang foto gratis creative commons zero (CC0), bisa picArts dan sebagainya, coba ditambahi dengan berbagai ilustrasi menarik dan di share ulang. Masukkan ilustrasi paling cetar di artikel tersebut ketika share di twitter atau media sosial lain agar menarik pembaca baru.
  4. Update sesuai jaman. Misalnya jaman dulu masak masih susah harus ngulek bawang putih, sekarang bisa diupdate menggunakan alat peremuk bawang. Ya semacam itulah. Penemuan baru, perkembangan baru, semua yang serba baru akan membuat postingan lama lebih readable karena sudah disesuaikan dengan masa ketika artikel tersebut dibaca.
  5. Share manual. Biasanya postingan lama muncul menggunakan tool (ada berbagai tool atau plugin untuk share postingan lama secara berkala dan otomatis), namun bila dilihat dari akun media sosial orang lain hanya tampak seperti spam saja, tak berjiwa. Khusus untuk artikel yang telah dipoles ini, lakukan dengan manual, bisa langsung publish atau melalui tool scheduler seperti hootsuite dan sebagainya. Dengan cara ini, kita bisa menambahkan pengantar yang menarik dan melampirkan ilustrasi terbaru.
Nah, kira-kira begitu deh tentang memberdayakan postingan lama di blog. Yuk ditambahin biar kita bisa pinter bareng. Cinta ngeblog itu harus dipupuk biar awet. Jangan lupakan postingan lama mentang-mentang ada yang baru. Kayak kamu yang... ah sudahlah. Hahahaaa....

71 comments:

  1. Maaksih infonya ya Mba.. Selama ini aku ngeblog fokus untuk urusan sharring aja.. Tetapi sesuai perkembangan jaman dah ikut2an nerima job juga, hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, artikel diatas untuk semua tujuan, baik sharing maupun monetizing :))

      Delete
    2. Oke, artikel diatas untuk semua tujuan, baik sharing maupun monetizing :))

      Delete
  2. memperdayakan postingan lama dengan dipoles tambah ini itu apa di republish artinya post jadi tanggal sekarang atau tetap post tanggal lama cuma di share lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jadi tanggal sekarang berarti retrieve ke draft dulu trus publish lagi. Berarti link lama hilang. Kalau postingan tsb nggak bernilai sama sekali gpp spt itu, tp kalau link tsb sdh punya view lumayan mendingan tetap di tanggal lama.

      Delete
    2. IMHO berdayakan postingan lama itu adalah dengan menuliskannya lagi dengan konten yang berbeda. Jadi postingan lama masih ada. Semacam remake dengan sentuhan baru. Itu menurut saiah ^_^

      Delete
    3. Silakan saja mbak Ratna, mana yg paling pas untuk blognya. :))

      Delete
  3. Hihi, bener, mbak. Kalo lihat postingan lama, kadang ngerasa aneh sendiri. Terutama diksinya. :D

    Makasih infonya, mbak. :)

    ReplyDelete
  4. Waduh aku udah kebanyakan nih postingan makanya yang ga popular :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan gimana ya? Tapi dirimu kan punya fans pembaca novel :))

      Delete
  5. Nice info, memberikan pencerahan kembali bagaimana memperbaiki tulisan. Sekaligus juga mempertanggungjawabkan tulisan yang pernah kita buat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menulis adalah hasil perbuatan, harus dipertanggungjawabkan :))

      Delete
  6. Oow bisa begitu ya..kok tdk kepikiran selama ini. Coba ah nanti kl kehabisan bahan tulisan

    ReplyDelete
  7. Dari kelima info yang mbak kasih kurang satu yang belum aku jalani yaitu bikin infografis. Untuk masalah ini aku nggak tahu banget deh, :D

    ReplyDelete
  8. Postinganku 2009-2012
    Curhat galau semua...
    Gimana tu mba? Di delete apa biarkan lucu2an menetap disana heehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar aja buat lucu2a. Trus kamu update dong. Misalnya, waktu itu curhat nggak bisa hidup tanpa dia. Trus sekarang gimana? Masih hidup kan? Malah tambah merajalela kemana-mana kan eksistensinya? :D

      Delete
    2. wahahah.. iya nih bisa-bisa..
      ah emang terbaiklah mba lusi ini ahzek ahzekk

      Delete
  9. Hihi di aku banyak banget nih yang sepi komentar. Maklum dulu belum gabung komunitas blog :v tapi soal menghapus artikel, aku biarin aja deh. Hitung-hitung kenangan *eeaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai sekarang blogku kadang juga sepi komentar kalau nggak rajin share & temanya kurang menarik.

      Delete
  10. Aku belum tau nih, yang creative common zero. Nanti dicoba ahh

    ReplyDelete
  11. biasanya kalau fokus ngoptimasi artikel baru, suka sampai lupa artikel lama.. kalau saya nge-share ulang artikel lama yg ada hubungannya dengan artikel baru jadi biar satu topik

    ReplyDelete
  12. waa...boleh juga nih,mulai ceki2 ah....makaish ya mak,tips kerennya^^

    ReplyDelete
  13. aku fokus ke alat peremuk bawangnya itu :D :D

    ReplyDelete
  14. Boleh juga nih remake blog post lawas dan menjadi blog post baru yang bagus, thanks sudah sharing

    ReplyDelete
  15. Bagus idenya Mbak. Banyak yg nggak banget dengan postingan jaman unyu2, hihi. Tinggal kemauan meremake.

    ReplyDelete
  16. slama ini blm prnh sih memberayakan postingan yg lama2... agak malu juga bacanya, krn masih berantakan :D.. tapi mungkin memang sesekali hrs dibaca lg, dan dipermak sedikit ya mbak :)

    ReplyDelete
  17. Hehe postingan lama saya alay banget mbak Lus, jangankan mo remake mo.buka lagi aja males..malu-maluin pokoknya. Mau dihapus eman-eman sih gimana juga dulu tuh nulisnya pakai mikir meskipun hasilnya gaje hehe. Tapi ini ide yang bagus mbak, mungkin suatu saat harus dibuka lagi ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dihapus, dipermak aja. Kalau malu tutup muka. Loh?

      Delete
  18. Kalau udah mampet...ide...aku juga begini hehehe

    ReplyDelete
  19. Waaah, saya juga kepikiran sama mbak.mau ngubek tulisan blog dari tahun 2006. Sepuluh tahun wak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaa 10 tahun. Lama juga ya dirimu ngeblog.

      Delete
  20. Ah siaaap mbak, emang udah niat nih mau benerin beberapa postingan yang dulu masih pendek-pendek, cuma niatnya masih tinggal niat hehe, makasih mbak penyemangatnya, ada beberapa artikel saya yang selalu dicari dan saya rasa perlu diperbaiki kontennya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sayang tu artikel2 yg sudah pasti dicari gitu. :)

      Delete
  21. Kok saya ga tega ya menghapus artikel yg ga berharga...

    ReplyDelete
  22. Mak, kalau pake blogspot, ada widget buat share postingan lama secara otomatis ke Twitter ndak ya? Aku cari2 ga nemu2 :( Kalo di wordpress kan ada ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3th yang lalu belum ada. Mungkin sekarang jg blm ada. Kalau wp dari dulu ada pluginnya

      Delete
  23. Bener juga ya, memberdayakan postingan lama biar lebih cetar :D. Masalahnya kadang suka males ngecek satu-satu.. hahaha *pemalas. Fokus ke artikel pendek, yes, laksanakan! Tfs mba Lusi ;).

    ReplyDelete
  24. maksih infonya mba sangat membantu buat blogger pemula kayak saya hehehe

    ReplyDelete
  25. makasih nih tipsnya berguna sekali

    ReplyDelete
  26. Bener juga. Banyak postingan lama yang unyu-unyu. Bisa dipermak kayaknya

    ReplyDelete
  27. Nah ini tips yang aku butuhin. Banyak artikel lama yang perlu dipermak lagi hihi... Kalau inget kealayanku dulu ih kok enggak banget dah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaa kita semua pernah di periode itu

      Delete
  28. eee...kirain ini artikel lama lho mbak. tibake anyar to...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel anyar yg membahas artikel lama :))

      Delete
  29. Wah terima kasih banyak tipsnya mbak😊 iya... tulisan2 lama saya masih culun2 hihi....

    ReplyDelete
  30. udah niat pengen naikin lagi postingan lama.
    tengkiyu sudah diingatkan, mak. terus, kapan bikinnya? hihihi

    ReplyDelete
  31. musti rajin dicek yaaaa..aduh, aku kadang udah ngg sempet lagi hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laaah dirimu mah santai aja, yg utama mengurus kepentingan Indonesia didunia :))

      Delete
  32. aku lagi melawan mood yg gak baik nih , malas ngeblog & malas bw :) akhirnya bisa bw lagi hari ini semoga moodnya baik trus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari ini moodku benar2 jatuh, ini lagi maksain bw.

      Delete
  33. Makasih idenya, mulai baca-baca lagi ah postingan lamaku.
    Kadang-kadang suka geli sendiri sih baca postingan awal-awal ngeblog dulu, apa aja ditulis :D

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.