Tuesday, May 01, 2018

Tutorial Membuat Tassel Sederhana


Tutorial membuat tassel sederhana ini adalah penjelasan lebih lanjut dari tutorial lama saya tentang cara membuat macam-macam bookmark.


Salah satu bookmark tersebut menggunakan tassel. Dalam tutorial itu sudah saya tunjukkan cara membuat tasselnya tapi hanya sepintas. Saya juga sudah mengunggah videonya di instagram @beyourselfwoman. Silakan dicari.

Tassel itu adalah rumbai-rumbai yang berfungsi sebagai hiasan. 


Dahulu tassel sering dijumpai sebagai pengikat korden ketika kita menginginkan korden terbuka. Di Eropa, tassel juga dijumpai sebagai pengikat jubah kebesaran. Di jaman modern ini, tassel berkembang sebagai hiasan tas, gelang, anting dan sebagainya.

Bentuk tassel kebanyakan seperti foto diatas, tapi ada juga yang nyaris bulat. Bahan tassel adalah bermacam-macam tali, tapi yang paling sederhana berupa benang wool seperti yang akan saya tunjukkan caranya.

Membuat tassel itu sangat mudah. Saya yakin, tanpa tutorial inipun teman-teman bisa membayangkan dan mencari cara sendiri. Anggap saja ini sebagai referensi, ya. Kadang hal sederhana bisa membangkitkan ide bagi orang lain, misalnya untuk membuat berbagai model anting.

Bahan dan peralatan yang dibutuhkan hanyalah benang wool, gunting dan jari.

Yuk, kita sama-sama membuatnya.

tutorial membuat tassel

Awali dengan merenggangkan jari tangan dan letakkan benang woolnya. Semakin renggang jari, semakin panjang hasilnya. Untuk panjang tertentu harus menggunakan alat bantu. Kapan-kapan saya tunjukkan caranya. Sekarang kita gunakan yang ada saja.


tutorial membuat tassel

Putar benang wool mengikuti jari tadi. Pertahankan kerenggangan tangan. Kalau tidak bisa mempertahankan kerenggangan tangan seperti foto diatas, panjang tassel nanti akan lebih pendek dari yang kita harapkan. Banyaknya putaran tergantung ketebalan tassel yang diharapkan. Makin banyak putaran, makin tebal dan makin bagus hasilnya.

Jika sudah mencapai ketebalan yang diinginkan, potong benang dengan melebihkan panjang benang wool untuk mengikat hasil putaran benang tersebut.


tutorial membuat tassel

Lepaskan hasil putaran benang pelan-pelan sambil terus memegang bagian tengahnya. Gunakan tangan lain untuk mengikat bagian tengah hasil putaran tersebut dengan benang yang kita sisakan tadi. Usahakan ikatan berada tepat di bagian tengah.

tutorial membuat tassel

Lipat hasil putaran benang dengan menekuk bagian tengah yang kita ikat tadi. Masih menggunakan sisa benang wool untuk mengikat bagian tengah tadi, ikat gumpalan benang yang telah dilipat, kira-kira 1 cm dibawah bagian yang ditekuk. Ikat yang kencang, ya.

tutorial membuat tassel

Nah, seperti foto diatas inilah hasilnya. Sekarang benang sudah boleh dilepaskan dari pegangan.

tutorial membuat tassel

Sampailah di bagian akhir, yaitu menggunting tekukan-tekukan benang di bagian bawah. Rapikan hasil guntingan tersebut dan bentuk sesuai selera, yaitu sama panjang atau oval. Selesai!

tutorial membuat tassel

Foto diatas adalah contoh tassel warna-warni dengan panjang tak terlalu rata, yang akan saya gunakan sebagai hiasan tas. Mudah banget, kan? Kalau teman-teman membuat sesuatu menggunakan tassel, jangan lupa colek saya, ya. Saya senang melihat berbagai kemungkinan.

4 comments:

  1. Mudah banget ya mba cara bikinnya. Tinggal mengerahkan tenaga dan rasa malas untuk bergerak. Hehe

    ReplyDelete
  2. lucuk mak... ikutin ahh. makasih tutonya :*

    ReplyDelete
  3. Saya membaca tulisan karena penasaran dengan judulnya, apa sih tassel itu? Oalah ternyata sudah sering lihat tapi belum tahu namanya, wkwk.

    Kelihatan mudah dibuat, dan bahannya sangat sederhana. Makasih ya mbak Lusi, nanti saya rekomendasikan buat anak saya :).

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.