Monday, August 27, 2018

Tutorial Membuat Gelang Kain Perca

Video tutorial gelang kain perca ini sudah saya upload lebih dulu di akun instagram @beyourselfwoman. Artikel ini akan memberikan keterangan detilnya.

diy fabric bracelet

Gelang ini tercipta selagi mencari-cari ide craft yang berwarna merah putih untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73. Padahal saya tidak punya kain merah yang cukup lebar untuk dijadikan sesuatu. Karena itu, saya mulai browsing craft yang menggunakan kain perca saja. Ketemulah tutorial gelang ini di www.diynetwork.com. Jika ada sedikit perbedaan, itu karena menyesuaikan dengan peralatan yang saya miliki. Tapi secara garis besar sih, sama.

Idealnya kain untuk gelang itu yang agak tebal, kecuali yang modelnya kepang seperti gelang kain perca batik yang sempat tren. Tapi jika tidak punya kain yang tebal, bisa dibantu dengan kain keras yang biasa digunakan untuk kerah baju. Bagus lagi kalau punya busa ati yang agak tipis. Prinsipnya, kalau ngecraft bareng blog beyourselfwoman tak usah mengharuskan ini itu. Mari gali kreativitas mengembangkan tutorial yang ada di blog ini disesuaikan dengan bahan dan alat yang dimiliki. 

Jika teman-teman melihat saya punya berbagai peralatan membuat gelang itu bukan karena mendadak beli untuk membuat konten blog ini, melainkan memang dulu saya hobi mengisi waktu dengan beads wiring.

Tutorial ini menggunakan mesin jahit. Jika tidak punya, bisa jahit tangan atau cukup tempel dengan lem tembak.


tutorial cara membuat gelang kain

Bahan yang dibutuhkan adalah selembar kain perca, selembar kain keras (jika dibutuhkan), closures, penghubung dan pengait.

Kain perca yang saya miliki bermotif polkadot berwarna merah. Panjang kain perca menyesuaikan dengan lingkar tangan. Sementara lebarnya harus bisa menutup seluruh permukaan kain keras. 

Yang berwarna putih itu adalah kain keras. Panjang kain keras menyesuaikan dengan tangan kita, sedangkan lebarnya disesuaikan dengan lebar closuresnya. Closures itu yang ada di kanan dan kiri kain keras. 
                                                
diy membuat gelang kain

Langkah pertama, tutup kain keras dengan kain perca seperti foto diatas. Setrika agar kain keras menyatu dengan kain perca. Jahit sisi memanjang bagian pinggir dan tengah agar lipatan kain tidak terbuka ketika dikenakan. Selain itu juga membuat bentuk gelang terlihat lebih kaku. Warna benang sih bebas saja. Bisa sewarna atau malah kontras. Rapikan atau gunting kedua ujungnya agar panjang kedua kain sama.

cara membuat gelang kain

Pasang closures menggunakan tang seperti tang yang biru itu. Jangan pakai palu karena sebenarnya itu agak lunak, bisa penyok. 

Untuk memasang penghubung dan pengait, saya menggunakan 2 jenis tang. Yang biru untuk memegang closures karena jari-jari saya yang segede talas bogor ini meleset terus tiap memegang benda sekecil closures dan teman-temannya itu. Tang yang ujungnya lancip untuk meregangkan dan merapatkan penghubung dan pengait. Urutannya bisa dilihat dari foto di atas.

Udah, gitu aja! Cepat dan mudah kan, ya? Semua pasti bisa bikin. Selain sekedar hobi, gelang ini bisa diberikan sebagai hadiah persahabatan. Semoga bermanfaat.

10 comments:

  1. Biasanya anak-anak abg senang gelang-gelang kayak begini. BEner, Mbak. Jadi semacam gelang persahabatan buat mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget. Mereka suka seragaman bikin gelang persahabatan.

      Delete
  2. nah dapat bahan satu lagi nih untuk mengajadi anak.
    thank

    ReplyDelete
  3. Mbak waktu di setrika itu dalam kondisi kering ya? kadang ada yang suka dibasahin dulu baru disetrika biar lebih nempel.

    ReplyDelete
  4. Sisa kain perca ternyata juga bisa jadi gelang yang cantik ya. Buat anak-anak, bisa dibikin kembaran nih sama sahabatnya, gelang persahabatan :D

    ReplyDelete
  5. Mbaaa ini mah ingetin aku zaman sekolah :p. Dulu pake gelang lebar mirip2 gini, sebagai tanda suatu genk wkwkwkwkw. Rasanya bangga banget dulu kalo seragaman gitu ama temen2 :p. Sampe 1 sekolahan tau si A genk yg mana krn tanda gelangnya... Huehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gelang persahabatan hihihi. Aku dulu bikin dari biji2an.

      Delete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.