Friday, November 15, 2019

Aksi Nyata Darling Squad Hijaukan Situs Ratu Boko Dan Candi Ijo Dengan 2350 Tanaman

Mengesankan sekali bisa menyaksikan adik-adik yang tergabung dalam Darling Squad melaksanakan kolaborAksi Siapdarling (Siap Sadar Lingkungan) di Situs Ratu Boko dan Candi Ijo. Dalam acara ini tersebar kata "darling" dimana-mana karena acara yang bertajuk Candi Darling ini  tak sekedar mengkampanyekan darling atau sadar lingkungan tapi juga melakukan aksi nyata.

kunto aji

SITUS RATU BOKO DAN CANDI IJO


Teman-teman sudah pernah berkunjung ke Situs Ratu Boko dan Candi Ijo? Kedua peninggalan bersejarah ini terletak tidak jauh dari Candi Prambanan. Situs ini belum "tercemar" oleh spot foto alay yang ramai pengunjung tapi sebenarnya justru mengurangi nilai sejarah dari Candi Indonesia. Memang ada beberapa sudut yang dihias tapi sekedar untuk mengisi ruang kosong. 

Dari Situs Ratu Boko tersebut, teman-teman bisa melihat Candi Prambanan dari kejauhan. Sedangkan dari Candi Ijo, teman-teman bisa melihat pesawat mendarat di landasan bandara Adi Sutjipto. Candi Ijo juga merupakan candi yang letaknya paling tinggi di Yogyakarta. Sunset di kedua tempat ini merupakan atraksi yang paling diburu jika cuaca mendukung.

Pemandangan yang dominan disini adalah lapangan rumput yang hijau terhampar. Meski terlihat menguning di musim kemarau yang sangat panjang ini, tapi kerapiannya masih terjaga. Sepertinya dengan beberapa kali hujan dalam waktu dekat ini, warna hijau rerumputan bakal kembali terlihat. 

bakti lingkungan djarum foundation


Siapdarling, SIAP SADAR LINGKUNGAN


Siapdarling adalah sebuah gerakan sosial yang diinisiasi oleh Bakti  Lingkungan Djarum Foundation sejak November 2018 atau tepat setahun yang lalu. Gerakan ini mengajak masyarakat, khususnya milenial, untuk aktif memberikan informasi terkait lingkungan agar bisa menginspirasi dan membuka kemungkinan kolaborasi melalui media sosial. 

Siapdarling memiliki tagline "Cintai Lingkungan Dengan Cara Yang Kita Cintai".

Dengan tagline tersebut, masyarakat diharapkan terinspirasi untuk bergerak menjaga kelestarian lingkungan dengan cara masing-masing. Masyarakat pasti bisa, yang penting ada kemauan dan kesadaran. 

Pemilihan media sosial sebagai sarana untuk menyebarkan gerakan sosial ini adalah karena milenial, baik kenal maupun tidak kenal, terkoneksi satu dengan yang lain melalui platform tersebut. Konektivitas tersebut akan membuat Siapdarling cepat tersebar. Namun demikian, apakah gerakan sosial melalui media sosial saja sudah cukup?

candi darling ratu boko


DARLING SQUAD


Untuk melanjutkan gerakan sosial Siapdarling agar menjadi tindakan nyata, dibentuklah Darling Squad yang menjaring kalangan milenial, utamanya di kampus-kampus. Darling Squad menjadi tempat berbagi informasi dan wawasan tentang lingkungan. Tercatat sudah ada 998 Darling Squad dari 209 kampus.

Darling Squad telah melaksanakan Aksi Squad di beberapa wilayah di Indonesia dengan dukungan penuh Djarum Trees For Life. Dalam aksi tersebut telah tertanam 6.263 bibit pohon dan tanaman perdu.

Kutipan dari Djarum Trees For Life: Jika bumi adalah ibu, maka pohon adalah anaknya tercinta.

Kesadaran tersebut berusaha ditularkan kepada seluruh anggota Darling Squad dan mendorong pelaksanaan Aksi Darling.

CANDI DARLING


KolaborAksi atau Aksi Darling yang diadakan di Situs Ratu Boko dan Candi Ijo lalu diikuti oleh 250 anggota Darling Squad dari perguruan-perguruan tinggi di Yogyakarta, antara lain UGM, UII, Sanata Dharma, ISI, Atmajaya dan sebagainya. Acara tersebut dinamakan Candi Darling

sadar lingkungan ratu boko

Darling Squad dibagi menjadi 2 kelompok yang beraksi di Situs Ratu Boko dan Candi Ijo. Saya dan teman-teman blogger mengikuti acara di Situs Ratu Boko. Meski demikian, adik-adik mahasiswa yang tidak bisa ikut acara penghijauan karena pendaftaran telah ditutup, diperbolehkan datang malam harinya di acara hiburan yang diisi oleh penyanyi idola anak muda, Kunto Aji.

Sebelum acara dimulai, adik-adik mahasiswa bisa belajar menyemai bibit tanaman di booth yang disediakan. Hasilnya boleh dibawa pulang. Asik, kan? Saya dan teman-teman juga mendapatkan bibit tanaman perdu sekaligus pot keramiknya. Tentu saja kami sangat senang.

Untuk membakar semangat para peserta tagline "Karena Berbuat Itu Nggak Bisa Sendirian" beberapa kali diteriakkan.

Ada 1.350 tanaman perdu dan semak berbunga yang ditanam di Situs Ratu Boko dan 1.000 lainnya di Candi Ijo. Tanaman tersebut umumnya berbunga dengan warna cerah seperti Bugenvil, Tanjung, Merak, Soka, Kepel, Ruellia dan Melati untuk memberikan nuansa berbeda yang selama ini didominasi warna hijau rumput dan dedaunan. Keindahannya pasti akan mengalahkan bunga-bunga plastik di spot-spot foto selfie yang sekarang marak di tempat lain.

darling squad

Setelah penanaman selesai, Darling Squad masih mendapatkan ilmu dari Workshop Daur Ulang Sampah dari Kertabumi dan Workshop Pembuatan Konten Video dari Studio Antelope. Ketrampilan tersebut selain berguna untuk menyebarkan gerakan sadar lingkungan, juga dilombakan.

Nah, jika teman-teman berkunjung ke Situs Ratu Boko dan Candi Ijo pas Tahun Baru 2020 atau Lebaran 2020 atau tahun-tahun berikutnya, tolong dong dilihat apakah tanaman-tanaman itu bisa tumbuh dengan baik dan apakah sudah berbunga? Jangan lupa foto bersama tanaman-tanaman itu dan mention akun-akun ini:
  • Instagram @siapdarling 
  • Facebook @siapdarling
  • Twitter @siapdarling
Jika ingin melihat kegiatan Siapdarling lebih lanjut, bisa dilihat di youtube @siapdarling dan website siapdarling.id.

32 comments:

  1. Sungguh campaignya yang sangat bagus. Mengajak orang bahkan anak-anak untu memakai auto glapas, Sukses ters untuk perusahaan yang terlihat. kalian keren.

    ReplyDelete
  2. Duh kegiatan yang sangat positif nih. Suka prihatin kalau main ke candi banyak vandalisme yang biasanya dilakukan anak muda. Tetapi anak muda disini justru jadi penyebar virus positif dalam peduli lingkungan ya. Semoga tumbuh subur semua tanamannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naah itu mbak, vandalisme itu sangat memperihatinkan.

      Delete
  3. Tumben juga ya spot seperti candi boko belum tersentuh kealayan. Padahal dia kan sempat viral banget akibat aadc

    ReplyDelete
  4. Aaakkk, ada KuntoAdjie!
    Ini bermanfaat banget ya Mak.
    Generasi millennials jadi lebih cinta lingkungan dan bangga akan budaya Indonesia yg luarrr biasa!

    ReplyDelete
  5. Nama akun sosmednya lucu jadi ganpang diingat. Siapdarling. 😃😃

    ReplyDelete
  6. pas dengar nema siap darling mikirnya agak agak romantis gitu, Hahhaa. Eh teryata malah ada kaitannya ama tindakan nyata untuk menjaga lingkungan ya mba. Keren banget

    ReplyDelete
  7. Seneng banget liat kegiatan ini semoga tanaman yang sudah ditaman ada yang rawat sehingga terus tumbuh dan membuat indah Situr Ratu Boko ya.

    ReplyDelete
  8. Wah, ada kunto aji! Keren sih ini kegiatannya. Dan aku suka mba-nya bilang situs ini belum terjamah spot2 foto kekinian :))) Aku juga mulai risih sama spot2 foto yang kadang tidak pada tempatnya dan malah menutupi esensi dari lokasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak mahasiswa yg bela2in naik malemanya buat nonton Kunto Aji.

      Delete
  9. Waktu ke Jogja bulan lalu, sempat mampir ke Candi Prambanan. Padahal dari sana dekat ya kalau mau mampir ke Candi Ratu Boko dan Candi Ijo. Sayangnya udah kesorean banget jadinya batal deh. Keren nih kegiatan Darling yang digagas Djarum Foundation ini untuk menghijaukan Ratu Boko. Pasti nanti di sana kalau sudah banyak pepohonan bakal lebih sejuk dan makin indah ya tempat wisatanya

    ReplyDelete
  10. Mbak singkatan squadnya bagus yaa.. darling hihi cerdas bgt yang bikin. Sdmoga acara kecil ini membawa dampak yg besar ya untuk lingkungan.

    ReplyDelete
  11. This is an incredible activities to be done together. And all the impacts are incredible because it brings benefits to the environment

    ReplyDelete
  12. pasti segera banget yah kak. senang bisa menghijaukan untuk masa depan yah kak. senang banget kalau kita berpartisilasi buat kehidupan masyarakat yang akan dinikmati suatu saat nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak typo ya kak :)). Semoga dengan dimulai dari milenial lebih mudah menyebar kesadarannya.

      Delete
  13. Namanya unik banget, darling dan sepertinya menyenangkan menjadi bagian dari darling squad ya hehe.. ini kegiatan yang layak mendapat apresiasi dan layak banget untuk diikuti.. semoga semakin banyak anak anak muda yang tertarik untuk bisa bergabung ke siap darling da menghijaukan nusantara

    ReplyDelete
  14. Pernah ke candi Ijo akhir tahun lalu emang agak gersang yaaa. Waah dengan adanya penghijauan ini balik ke sana nanti komplek candi sana akan lebih hijau lagi ya jadinya.Bagus mbak kegiatan penghijauan kyk gini, saya mengapresiasi sekali.

    ReplyDelete
  15. Salut untuk PT Djarum yang selalu berkontribusi membangun bangsa dengan cara yang harus diteladani. Generasi muda harus sadar lingkungan dan memahami keberadaan candi bukan sebagai artefak sejarah semata, ada akar yang menautkan sekaligus cinta tanah air.
    Semoga lebih banyak perusahaan publik yang kian getol mengampanyekan kesadaran untuk menjaga lingkungan.
    Saya berharap di Garut juga ada.

    ReplyDelete
  16. Acaranya keren nih mengajak kaum milenials untuk melestarikan lingkungan di situs sejarah candi ijo dan candi boko, apalagi ada darling squad yang bertugas memelihara lingkungan dan melakukan penghijauan

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.