Roboguru, Terobosan Fitur Tanya Jawab Bantu Belajar Siswa

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhadjir Efendy, M.A.P, pernah mengatakan bahwa di masa depan kehadiran guru bisa tergantikan. Tergantikan disini bukan berarti tak dibutuhkan, melainkan beda fasilitas saja. Siswa dan guru tidak harus berhadapan atau tatap muka. Di masa pandemi, hal itu lebih cepat terwujud. Namun pembelajaran jarak jauh atau PJJ itu masih dibatasi dengan waktu serta kehadiran guru dan siswa secara online. Nah, Ruangguru sudah mempelopori kecerdasan buatan dalam belajar yang diberi nama Roboguru. Solusi belajar di Roboguru ini tetap dipersiapkan oleh orang-orang yang kompeten di bidang pendidikan. Tapi penyajiannya sudah sangat maju menggunakan deteksi Robuguru sehingga siswa bisa lebih cepat mengaksesnya tanpa terbatas waktu dan kehadiran online.


belajar-roboguru


SEKILAS ROBOGURU

Sewaktu anak-anak saya masih usia sekolah, paling heboh itu kalau dapat PR Bahasa Jawa. Meskipun eyangnya adalah penyusun kamus bahasa Jawa, tapi anak-anak yang besar di luar pulau Jawa sangat kesulitan mengerjakannya. Akhirnya mereka berbalas sms dengan kakeknya. Anak-anak mengirim soal satu persatu, lalu eyangnya membalas dengan jawaban. Masalah selesai dan saya tidak perlu pusing menjelajahi mesin pencarian internet.

Konsep seperti diatas sekarang ada di Roboguru. Berdasarkan pengalaman kami, cara seperti ini sangat cepat dan praktis. Hanya saja, Roboguru tidak pakai sms tapi whatsapp atau WA dan aplikasi. Kalau pakai sms bisa tekor untuk bolak balik bertanya.

Wah, enak dong kalau begitu? Anak-anak tidak perlu berpikir, langsung ketik WA saja? Nah, disinilah fungsi orangtua. Kemudahan yang diberikan oleh beberapa fasilitas Ruangguru merupakan penunjang belajar agar anak-anak terus maju, tidak berhenti terlalu lama pada satu soal. Tapi ini bukan berarti orangtua lepas tangan, menyerahkan semua ke Ruangguru. Orangtua tetap punya tanggung jawab sebagai pendamping anak-anak untuk memastikan bahwa anak-anak benar-benar belajar. Lagipula jawaban yang diberikan Roboguru disertai penjelasan sehingga anak-anak tahu darimana asal jawaban tersebut.


roboguru-by-ruangguru


CARA KERJA ROBOGURU

Sesuai namanya, Roboguru, maka yang menjawab bukan teacher atau guru, melainkan kecerdasan buatan yang telah teruji. Canggih banget, kan? 

Kecerdasan buatan ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk menggantikan peran guru. Karena itu, interaksinya tentu berbeda. 

1. Cara kerja Roboguru dimulai dengan ketik "ROBOGURU" dan kirim ke Whatsapp dengan nomor 0815-7815-0000 GRATIS! Bisa juga dengan download aplikasi Ruangguru.

2. Setelah itu, mesin Robuguru akan bekerja. Kita tinggal mengikuti instruksi balasannya. Ini seperti kalau kita mau cek dan isi pulsa dari ponsel. Tinggal pilih nomor-nomor yang tertera, yaitu untuk tingkatan dan pelajaran apa. Roboguru tersedia untuk tingkatan SD, SMP, SMA, UTBK, bahkan STAN. STAN banyak diidamkan oleh para orangtua kan? Heheheee.

3. Unggah foto soal yang ditanyakan. Ingat ya, ini kecerdasan buatan, bukan teacher. Jadi mesin Roboguru hanya bisa membaca ketikan, bukan tulisan tangan. Susah lah tulisan tangan terdeteksi karena tulisan tiap orang kan beda, ada yang miring, keriting dan sebagainya. Foto juga harus jelas, jangan blur. Sekarang ponsel sudah bagus-bagus, tidak perlu kursus fotografi biar estetik, yang penting jelas.

4. Roboguru akan mencarikan pembahasan dan video penjelasan yang dibawakan oleh  teacher Ruangguru. Jadi, siswa tidak mendapatkan jawaban mentah-mentah ya. Mereka harus tahu darimana jawaban tersebut berasal sehingga jika guru kelas bertanya, mereka bisa menjelaskan. Begitu pula jika mereka menghadapi ujian tanya jawab yang disertai dengan uraian penjelasan. Jadi enggak benar ya kalau Roboguru itu bikin anak malas berpikir. Inti belajar itu untuk membuat seseorang paham, bukan untuk mengalahkan orang lain. Kalau untuk mengalahkan orang lain, itu namanya kompetisi.

Belajar memang sudah semaju itu, bunda. Tinggal bagaimana orangtua memberi akses seluas-luasnya buat anak-anak.


Post a Comment

12 Comments

  1. Keren banget tim RuangGuru!
    Ternyata, RoboGuru ini dibikin berdasar hasil survei internal Ruangguru kepada lebih dari 800 siswa di 32 provinsi, selama rentang waktu Juli hingga Agustus 2020, ditemukan fakta bahwa
    Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membuat siswa kesulitan memahami pelajaran tanpa penjelasan dari guru. Selama PJJ, siswa mendapat lebih banyak tugas tanpa ada pembelajaran yang lebih variatif dan interaktif. Sehingga siswa membutuhkan waktu yang lebih lama untuk belajar dan mengerjakan tugas.

    Jadi, walau telah diiluncurkan sejak tahun 2019, keberadaan Roboguru sangat dirasa manfaatnya selama pandemi Covid-19. PJJ membuat siswa mengalami hambatan berkomunikasi dengan guru tanpa tatap muka.

    ReplyDelete
  2. Wah keren sekali ROboguru. Inovasi demi inovasi ini menunjukkan Ruanguru selalu mengikuti perkembangan jaman. Kecerdasan buatan yang terbaik saat ini ya Roboguru :)

    ReplyDelete
  3. keren banget ya, cukup WA dengan mengirim pertanyaan/gambar udah bisa dapat jawaban dari Roboguru lengkap dengan penjelasan pula ya.

    ReplyDelete
  4. Ini asik banget jadinya yaaa, bisa tanya jawab kaya gini, mau aku infoin juga ah buat keponakan aku nih

    ReplyDelete
  5. Bagus ya dibuat berdasarkan hasil riset kebutuhan siswa jadi solusi nya pas deh buat para siswa yang sekarang harus banyak PJJ

    ReplyDelete
  6. Caranya sangat mudah sekali.
    Sangat solutif untuk anak-anak yang di rumah tidak memiliki pendamping saat belajar.
    Roboguru...aku juga mau ikutan coba minta tolong tanya PR doonk..

    ReplyDelete
  7. Wah asyik nih ada bala bantuan misalnya ada PR anak yang gak bisa ortu bantuin jawab haha
    Memang yang kyk gini makin dibutuhkan di masa sekarang, apalagi kyknya PJJ msh akan lama, mungkin sampai akhir tahun lha ya.
    Asyik juga bahkan soal2 utk masuk STAN juga ada ya? Lengkap.
    TFS infonya

    ReplyDelete
  8. well, we have more and more choices when it comes to studying online nowadays. AI membantu sekali ya menjawab banyak pertanyaan

    ReplyDelete
  9. wahh asyik banget yaa roboguru ini, benar-benar membantu para siswa (juga ortunya) di musim pandemi ini

    ReplyDelete
  10. Wah makin canggih aja ya fasilitas belajar untuk anak. Kecanggihan ala roboguru ini tetap harus didampingi oleh orangtua juga ya. Jadi anak bisa belajar, mendapatkan jawaban soal, plus tetap harus diajak memilah saat mana saja butuh banget bantuan si roboguru.

    ReplyDelete
  11. Adanya Roboguru ini membantu banget ya anak-anak untuk belajar. Mereka bisa latihan soal sekalian diskusi jawabannya juga. Aku baru tahu ini lho dan kayaknya bisa untuk belajar ponakan-ponakan yang saat ini masih PJJ.

    ReplyDelete
  12. wah canggih bener nih ROBOGURU, ini beneran dibutuhin para orangtua untuk bantu anak belajar dirumah. Pandemi memang membuat sistem pembelajaran jadi lebih flexible namun tetap tercapai tujuan belajar.

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)