Menjahit, Hobi Yang Menghasilkan Cuan Tapi Harus Terus Jaga Kesehatan

Menjahit dan ngeblog adalah dua hobi yang saya tekuni bersamaan. Keduanya bisa menghasilkan cuan atau pendapatan. Tapi harus disiplin menjaga kesehatan agar bisa terus berkarya. Kalau sampai sakit, semua kegiatan terhenti karena salah satu modalnya adalah fisik yang prima. Terlebih di masa pandemi ini harus atur waktu menjahit, istirahat cukup, makanan bergizi, olah raga dan minum vitamin, antara lain vitamin D, C, B atau sesuai dengan saran dokter.


hobi menjahit


HOBI MENJAHIT ITU MENGASYIKKAN

Awal menjahit dulu karena gemas, ingin membuat ini itu tapi tidak menemukan tukang jahit yang bisa direpoti setiap saat. Ternyata untuk memulainya pun tidak langsung lancar. Sempat jeda lama banget karena tidak puas dengan hasil dari mesin jahit mini. Dasar jodoh, akhirnya menemukan komunitas yang mengadakan arisan mesin jahit portable. Barulah kegiatan menjahit meningkat karena mesin jahit portable bisa diekplorasi lebih jauh.

Saya menemukan keasikan tersendiri dengan menjahit. Hampir sama dengan ngeblog, menjahit bisa saya lakukan sendiri tanpa gangguan di rumah. Saya tidak bisa ngeblog di tempat umum seperti di cafe meskipun sendirian, apalagi bareng teman-teman. Pikiran baru bisa fokus ketika di rumah. Kalau sudah menjahit, tak terasa waktu cepat sekali berlalu. Tahu-tahu hari sudah gelap dan pinggang kaku karena kelamaan duduk. 


MANFAAT HOBI MENJAHIT

1. Memenuhi kebutuhan sendiri seperti menjahit sprei, baju, tas, taplak atau sekedar memperbaiki yang robek. Kita bisa berkreasi dengan design yang berbeda dari yang ada di pasaran.

2. Membuat produk yang bisa dijual, untuk hadiah atau ikut kegiatan amal. Menjahit adalah usaha yang sangat fleksibel karena bisa dilakukan oleh siapapun di rumah.

3. Menggerakkan seluruh tubuh dan mengajak otak terus berpikir agar sehat jiwa raga, terlebih pada masa pandemi di rumah saja. Badan dan pikiran kalau dibiarkan menganggur bisa bikin sakit-sakitan dan cepat pikun loh.


HOBI MENJAHIT BIKIN SAKIT

Hobi menjahit bisa bikin sakit kalau tidak disertai dengan jeda peregangan. Belum lama ini saya menerima pesanan yang harus dikebut dari mulai bangun tidur sampai masuk jam tidur. Bahkan di 2 malam terakhirnya harus lembur. Pesanan selesai tepat waktu, tapi saya ambruk dan harus istirahat tidak pegang mesin jahit selama beberapa hari.

Sebelum menerima banyak pesanan, teman-teman wajib mencatat kapasitas produksi, baik produksi sendiri maupun jika memiliki karyawan atau maklun borongan. Kapasitas produksi tersebut tidak boleh lebih dari jam kerja normal, yaitu 8 jam. Catatan ini berguna untuk tawar-menawar dengan calon pemesan. Jika waktu yang diberikan kurang dari kapasitas produksi, memang tidak lantas wajib kita tolak, apalagi jika kita butuh uang. Setidaknya dengan catatan tersebut, kita tahu resikonya. Kita bisa mengukur diri apakah fisik kita akan sanggup menyelesaikannya atau tidak.

Menjahit merupakan koordinasi antara otak dan tubuh yang prima. Keasikan menjahit sering membuat kita merasa sayang untuk mengambil jeda. 

"Ah sayang, sedikit lagi." 

"Entar ah, kalau ritnya sudah terpasang semua."

Tubuh yang berada dalam posisi sama berjam-jam meski bergerak akan mengakibatkan rasa kaku di beberapa bagian. Kalau saya, rasa kaku itu menyerang leher, punggung, pinggang dan betis. Mesin jahit saya memang portable yang mengandalkan listrik. Tapi gerakan telapak kaki yang mengatur dan menahan ritme jahitan selama berjam-jam itu bisa menyebabkan kekakuan.


hobi menjahit beyourselfwoman
instagram beyourselfwoman


TIPS JAGA KESEHATAN BUAT HOBI MENJAHIT

1. Jangan lewatkan waktu sarapan dan makan siang. Jika perlu, lakukan break diantara waktu itu. Ini bukan mau manja dan pengin dianggap seperti orang kantoran. Kalau kita sakit, tidak ada yang menggantikan, 

2. Minum vitamin. Kebutuhan vitamin tiap orang berbeda, tergantung daya tahan tubuh dan aktivitasnya. Biasanya saya melakukan persiapan lebih dengan minum vitamin jika ada banyak pesanan untuk menjaga stamina atau mau bertemu orang untuk menjaga imunitas. Jika tidak ada kebutuhan ekstra terhadap salah satu vitamin, cukup minum multivitamin. Banyak informasi tentang kebutuhan vitamin sampai berpuluh-puluh ribu IU di medsos. Jangan ikut panik dan mengkonsumsi berlebihan, ya.

3. Olahraga ringan. Di masa pandemi dan jika akan bekerja keras, sebaiknya jangan olahraga berat. Stamina harus dijaga agar tidak kecapekan. Olahraga rutin setengah jam sehari sudah cukup.

4. Melakukan jeda peregangan. Saya belajar peregangan dari fisioterapis RS JIH ketika mengalami ketegangan otot leher akibat terlalu antusias ngeblog. Saya harus menjalani 8x fisioterapi dengan durasi masing-masing sekitar 2 jam. Selama perawatan, fisioterapis mengajarkan peregangan sederhana yang bisa dilakukan sendiri. Teman-teman bisa mencari tutorialnya di youtube. Pastikan youtubernya paham fisiologi, ya. Saya disarankan untuk melakukan peregangan setiap satu jam mengetik. Kira-kira pada menjahitpun sama.

5. Kesehatan ini termasuk mata karena diajak terus-menerus memelototi jarum dan benang. Usahakan menjahit dari pagi sampai sore dengan penerangan cukup. Jika terpaksa menjahit malam hari, teman-teman bisa membeli berbagai lampu LED murah yang ada di olshop. Mesin jahit saya sudah ada lampu built-in, tapi saya tambah dengan lampu kecil yang bisa ditempelkan di mesin menggunakan magnet untuk malam hari. Orang jaman dulu sih pamali menjahit di malam hari. Mungkin karena jaman dulu penerangan belum bagus sehingga khawatir tidak bisa melihat jarum jatuh yang membahayakan orang lain.

6. Jika sudah membuka pesanan, terima yang tidak melebihi kapasitas produksi, kecuali bisa menambah crew baru. Jangan memaksakan diri karena resikonya bisa lebih merugikan. Insya Allah rejeki akan terus mengalir. Aamin.

Gemes sekali tiap buka instagram atau pinterest melihat berbagai kerajinan jahit. Pengin membuat semuanya lalu memajangnya juga seperti itu. Tapi setelah sekian lama menjahit dan memahami kemampuan diri, ternyata yang penting itu menikmati daripada mengejar ambisi. Melihat peluang cuan memang menaikkan semangat untuk menjalani hobi menjahit lebih serius. Tapi kesehatan harus terus dijaga agar tidak malah tumbah setelahnya.

Post a Comment

3 Comments

  1. saya berharap kalau dulu di sekolah, menjahit adalah skill dasar yg harus dikuasai
    tak hanya untuk berkreasi juga menjahit bisa jadi skill untuk bertahan hidup apalagi di masa pandemi

    sekarang saya ingin nantinya anak anak juga bisa menjahit atau memasak

    salam kenal ya mbaaa :)

    ReplyDelete
  2. Aiiih senangnyaaaa yang bisa menjahit! Aku juga suka jahit tapi karena satu dan lain hal aku ga tekuni, sayang yaaa

    ReplyDelete
  3. nenek ku juga hobi banget menjahit, tiap dateng ke rumahnya pasti dikasih hasilnya yang udah dibuat baju :D

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)