5 Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang Online Shop Terbaik

Jasa pengiriman barang atau kurir merupakan bagian yang sangat penting dalam usaha saya. Meski usaha saya tidak besar, tapi saya telah mengandalkan kurir selama hampir 10 tahun. Produk online shop saya yang berupa craft bukanlah kebutuhan primer. Tak jarang produk saya bukan untuk dipakai sendiri, melainkan dijadikan hadiah. Kebahagiaan ketika menerima produk kami sangat penting. It’s about connecting happiness.


kurir olshop craft


Dahulu saya harus menelepon customer service kurir untuk mengetahui ongkos kirim ke kota pelanggan. Sungguh pengalaman yang menguras perasaan jika pelanggan tak sabar untuk segera mengetahui total pesanan. Belum lagi jika ternyata orang tersebut baru tanya-tanya saja, tidak benar-benar berniat mau membeli produk saya. Heheheee.... 

Sekarang semua info berada di ujung jari. Kurir sudah menyediakan aplikasi yang memuat semua informasi pengiriman. Bahkan jika kita ketik nama kurir di pencarian google, langsung tersedia kotak pelacakan jasa pengiriman barang tersebut sehingga tak perlu lagi masuk ke halaman utama websitenya. Tak disangka, teknologi di dunia logistik bisa maju secepat itu. 


1. PILIH JASA PENGIRIMAN BARANG YANG BUKA TERUS

Alhamdulillah rumah saya dekat dengan 5 agen kurir yang berbeda. Tapi itu bukan berarti saya punya banyak waktu senggang untuk bolak-balik kesana. Saya memang selalu mengantar sendiri paket-paket pesanan ke kurir, tidak pernah minta dijemput. Kebetulan produk saya bukan yang berukuran besar sehingga masih bisa saya angkut di mobil meski banyak. Saya tidak nyaman menunggu kurir datang ke rumah untuk mengambil paket karena seringkali ada urusan mendadak. Mungkin beda jika nanti saya punya tempat usaha yang terpisah dari rumah.

Dari agen-agen tersebut, dua diantaranya punya jadwal aneh untuk sebuah jasa. Salah satu agen itu punya jam istirahat siang dan sore. Semacam lunch dan coffee break. Sebenarnya saya tidak mengharapkan kurir yang buka 24 jam sehari, cukup di jam buka toko pada umumnya saja. Tapi karena sering kecele, agen tersebut tidak saya masukkan dalam list yang saya sodorkan ke pelanggan. 

Sedangkan kurir satunya lagi tidak saya masukkan rekomendasi ke pelanggan karena libur di hari Sabtu dan Minggu. Padahal justru di hari-hari tersebutlah pelanggan banyak yang order karena waktu mereka sedang luang. Jadi, pilihlah agen jasa pengiriman barang yang waktunya fleksibel karena akan mempengaruhi performa kecepatan pelayanan online shop.


jasa pengiriman barang olshop


2. PILIH JASA PENGIRIMAN BARANG YANG ADA DIMANA-MANA 

Meski dekat dengan agen-agen jasa pengiriman barang, tak berarti saya pasti mengirim paket dari sana. Kadang saya punya beberapa keperluan sehingga baru sempat mengantarkan paket setelahnya. Selama itu, paket saya bawa kesana-kemari di dalam mobil. Kantor agen yang ada dimana-mana akan sangat membantu kinerja online shop. Tentusaja  lokasi saya berkegiatan tersebut masih satu kota agar ongkos kirim tetap sama. 


3. PILIH JASA PENGIRIMAN BARANG YANG PUNYA CITRA POSITIF

Maraknya penjualan online, terlebih selama pandemi, menimbulkan persaingan yang ketat diantara para penyedia jasa pengiriman barang. Banyak promosi dan gimmick yang disebarkan untuk menaikkan citra kurir. Padahal yang kami (saya) butuhkan sebagai penjual adalah keamanan dan ketepatan waktu. Diskon sebesar apapun akan berbalik menjadi kerugian ganda bagi usaha kecil jika cara handling paket sembrono. 

JNE adalah contoh jasa pengiriman barang yang bagus sehingga jika ada pengiriman dokumen dan barang penting, misalnya KTP, barang elektronika dan sebagainya, yang terlintas pertama kali adalah nama JNE. Dari sejak jaman manual hingga serba digital sekarang ini, JNE tetap bisa mengkomunikasikan jasa layanannya dengan tenang.

Jika teman-teman aktif di media sosial, teman-teman bisa melihat percakapan bahwa JNE tak hanya mengejar keuntungan.  Jika ada bencana , JNE menyediakan kuota khusus pengiriman bantuan tanpa dikenai bayaran. Ketika keadaan aman-aman saja, JNE masih menyediakan kuota pengiriman buku gratis untuk daerah tertinggal dari para relawan.

Maka tak heran jika JNE mendapatkan penghargaan Indonesia Top Digital PR Award 2022 kategori Jasa Pengiriman. Ini adalah ke-3 kalinya sejak tahun 2020. JNE berhasil menjalin hubungan dengan konsumennya baik secara bisnis maupun kemanusiaan. Citra positif jasa pengiriman barang akan membantu kepercayaan konsumen online shop.


JNE Raih Penghargaan Indonesia Top Digital PR Award 2022 kategori Jasa Pengiriman


4. PILIH JASA PENGIRIMAN BARANG  YANG SOLUTIF

Jasa pengiriman barang yang solutif itu adalah ketika kita tidak punya ide lagi bagaimana membungkus paket yang aman, kita tinggal bawa saja barang tersebut ke kurir untuk dicarikan solusi. Saya pernah bareng mas-mas yang membawa gitar di agen jasa pengiriman barang tanpa dibungkus. Ternyata biaya kirim dan membungkuskannya termasuk murah jika dibandingkan dengan harga gitarnya yang jutaan rupiah. Saya tahu harga gitar tersebut karena anak saya punya merk itu tapi dengan warna berbeda.

Saya juga pernah kesal dengan salah satu agen kurir karena belum-belum pegawai agen tersebut sudah wanti-wanti kalau nanti ada kerusakan, telepon saja kurir kota tujuan. Kok aneh, ya? Saya anti cek sana-sini. Pasti customer service kantor pusat yang saya pegang untuk melakukan pelacakan. Saya adalah konsumen mereka sehingga bukan kewajiban saya untuk melakukan investigasi. Kurir yang dari awal sudah tampak akan cuci tangan pasti saya tinggalkan semurah apapun tarifnya. Jasa pengiriman barang yang solutif akan membantu pemilik online shop untuk closing sebanyak mungkin dengan konsumen.


5. PILIH JASA PENGIRIMAN BARANG YANG TEPAT WAKTU

Para penerima paket itu punya perasaan yang sama, yaitu tidak sabar menerima paket tersebut. Meski sudah tahu paket tersebut akan sampai dalam 3 hari, tapi baru 24 jam sudah melacak keberadaannya. Jadi, jasa pengiriman barang yang tepat waktu itu sangat krusial bagi pemilik online shop. Telat sebentar saja konsumen sudah cemas dan menghubungi kami. Akibatnya, kami tidak bisa hidup tenang.


JNE jasa pengiriman terbaik


Memilih jasa pengiriman barang itu cukup rumit. Tidak ada keinginan trial and error, apalagi jika yang dikirim adalah pesanan pelanggan online shop. Kita mengharapkan yang terbaik sejak terjadi transaksi dengan konsumen. Jika apes, paket telat, barang rusak, pelanggan pergi, kita pun rugi. Semoga usaha teman-teman semua lancar, banyak rejeki dan penuh berkah.


Post a Comment

19 Comments

  1. Semua tips pilih jasa pengiriman emang paling oke sama JNE ya, saya juga suka pilih JNE karena cepat dan barang terjamin aman.

    ReplyDelete
  2. Aamiin. Nah, beberapa kali aku pesan barang di olshop pengirimannya lebih cepat dari estimasi, itu bikin bahagia banget. Memilih Jasa pengiriman yang tepat waktu dan ada dimana-mana menjadi incaran mereka yang belanja di olshop.
    Btw selamat buat penghargannya , smoga makin sukses dan tetep melayani dengan baik buat pelanggannya.

    ReplyDelete
  3. Sepupu saya yang punya toko online pernah cerita beberapa kali dikomplain pembeli karena produk lama sampainya. Padahal itu permasalahan di kurir. Dia jadi belajar kalau memilih jasa pengiriman online memang harus banget. Akhirnya dia selalu menawarkan jasa pengiriman yang bisa dipercaya. JNE nih salah satunya.

    ReplyDelete
  4. setuju sih mba.. bagiku tepat waktu itu jadi prioritas. dan kudu aman juga tentunya.. biasanya ada juga kan yang kurirnya nakal, barang dibuka2 duluan

    ReplyDelete
  5. Setuju mbak dengan 5 tips diatas. Dan JNE rasanya menjadi pilihan tepat ketika kita menggunakan jasanya untuk mengirim barang. Ada layanan untuk tracking sehingga kita bisa memantau pergerakan barang sampai barang itu diterima langsung oleh pembelinya. Wajar bila JNE mendapatkan penghargaan berturut-turut karena pihaknya sangat memperhatikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya.

    ReplyDelete
  6. Memang ya JNE tuh gampang banget dicari. Karena ada dimana2.

    Selamat untuk JNE yang sudah mendapatkan penghargaan. Semoga semakin sukses 😍

    ReplyDelete
  7. Iya nih di sini yang paling gampang ya JNE, jadi langgananku ya JNE karena ga usah cari kemana-mana. Selain sampainya juga cepat dan ga mahal pastinya...

    ReplyDelete
  8. JNE memang sahabat terbaik buat umkm dan pemilik online shop yaa karena memudahkan pengiriman paket, plus ada yang jam operasionalnya juga sampai malam, banyak pembeli juga lebih prefer pakai JNE sih

    ReplyDelete
  9. JNE semakin kesini emamg lebih baik, jarang ada komplain dan cepet banget pengirimannya

    ReplyDelete
  10. ke-5 hal di atas sudah dimiliki oleh JNE yaa. Wajar aja bila ia mendapat predikat sebagai jasa pengiriman terbaik

    ReplyDelete
  11. Ini banget nih kriteria yang aku tetapkan saat milih jasa pengiriman saat belanja online. Dulu aku milih yang paling murah. Eh ternyata malah pernah nyasar ke mana-mana. Jadi lama deh sampe barangkunya. Sekarang balik lagi deh ke JNE. Tepat waktu dan gak nyasar-nyasarnya the best deh. Mana banyak pula kantornya di deket rumah. Btw, selamat buat JNE. Memang tepat deh JNE dapet penghargaan ini.

    ReplyDelete
  12. JNE terbaik sih, outletnya juga banyak. Kita sebagai customer dipermudah soal akses dan soal layanan. Barang cepat sampai dengan kondisi yang baik.

    ReplyDelete
  13. makluussss, aku pelanggan beyouproject yaaa, keren banget laaahh mak lusi. Pantes saja ya JNE dicintai karena memang layak mendapatkan penghargaan dari pelayanannya yang prima.

    ReplyDelete
  14. Gak kerasa kita sudah bergantung dengan jasa kurir yang sangat membantu peran pelayanan sampai ke masyarakat ya mba. Senang JNE selalu hadir membantu dan pencapaian yang JNE raih tak lepas dari kerja kerasnya. Selamat JNE dan sukses selalu usaha Craftnya Mba 😊❤️

    ReplyDelete
  15. Saya jg nyaman bgt klo pake jasa JNE, kurirnya ramah, amanah, n gesit, semoga demikian seterusnya jadi pelanggan loyal insya Allah

    ReplyDelete
  16. Justru ini yaa, kak..salah satu ujung tombak sebuah usaha.
    memilih jasa pengiriman yang amanah, baik, terpercaya dengan pelayanan maksimal.
    Jadi ikut bangga saat melihat penghargaan Indonesia Top Digital PR Award 2022 kategori Jasa Pengiriman untuk JNE.
    Sukses selalu.

    ReplyDelete
  17. Duuh, garing banget ya kalau ada agen yang jam operationalnya itu malah 'berbeda' dari yang kebanyakan.
    JNE ini memang keren ya, paling ngerti kebutuhan pelanggan, selalu memberikan servis yang baik, bahagia deh rasanya ya :)

    ReplyDelete
  18. JNE emang banyak ya mbak cabangnya. Paling mudah diakses juga nih sekarang dan bisa pick up ke rumah lagi

    ReplyDelete
  19. bangga banget sama JNE, nggak heran kalo dapet banyak penghargaan keren gini. Emang JNE andalan dalam kirim kirim kebaikan hingga pelosok :)

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)