Roadshow Perempuan Makin Cakap Digital di Solo Raya

Sekecil apapun usaha kita jaman sekarang, wajib mengenal perangkat digital untuk pemasaran dan berkomunikasi dengan pelanggan dan supplier. KEB Solo Raya bekerjasama dengan Kominfo dan Siberkreasi menyelenggarakan roadshow dan workshop tentang Perempuan Makin Cakap Digital pada tanggal 7 September 2022 di House of Danarhadi.

perempuan makin cakap digital solo raya
Stan UMKM Solo Raya

Keikutsertaan saya disini cuma menemani mbak Indah, co-founder KEB (Kumpulan Emak Blogger). Dengan pemberitahuan yang sangat singkat, saya putuskan untuk hadir karena temanya menarik dan berhubungan dengan usaha saya di bidang craft atau kerajinan tangan. Ada beberapa ide usaha lain yang masih di kepala. Semoga dengan acara ini bisa memotivasi saya.

Perempuan UMKM Solo Raya

Alhamdulillah perjalanan ke Solo sangat lancar. Lalu lintas agak padat karena bersamaan dengan jam berangkat kerja. Tapi sopir yang membawa kami sangat lincah sehingga kami sampai di venue tepat waktu dan workshop Perempuan Makin Cakap Digital belum dimulai. 

House of Danarhadi (HoD) merupakan gedung pertemuan yang nyaman dan artistik. Di sebelahnya ada cafe dan rumah makan yang menyatu dengan gedung pertemuan tersebut. 

perempuan makin cakap digital solo
Stan UMKM Solo Raya

Di dalam gedung pertemuan sudah ada 2 deret stan UMKM unggulan perempuan di Solo Raya, serta ada satu stan Wardah di pintu masuk.

Stan UMKM diikuti oleh berbagai usaha yang dimiliki perempuan. Tentu saja stan craft jahit ada dan bagus-bagus. Ada pula stan makanan dan jamu. Produk yang mereka bawa tidak semuanya dibuat sendiri. Ada juga yang dibuat oleh para penyandang difabel binaan mereka.

Perempuan Makin Cakap Digital

Pengisi acara workshop Perempuan Makin Cakap Digital adalah:

Joko Porwono, ketua UMKM Solo Raya
Sara Neyrhiza: CEO Speaking.id
Niken Satyawati: Presidium Mafindo

Joko memberikan berbagai tips dan pengalaman cara memanfaatkan data konsumen untuk pengembangan usaha. Ini penting sekali karena sekarang era big data, dimana info konsumen sekecil apapun bisa berguna bagi arah usaha kita.

workshop perempuan makin cakap digital solo raya
Workshop Perempuan Makin Cakap Digital Solo Raya

Sara banyak memberikan tips tentang branding usaha, sedangkan Niken bercerita tentang berbagai pengalaman penipuan secara digital yang sering dialami pengusaha.

Acara juga dimeriahkan dengan banyak sekali doorprize serta kompetisi instagram. Acara berlangsung dua sesi, yang diselingi dengan 2 coffeebreak dan makan siang. Kami kembali ke Jogja segera setelah Ashar. Alhamdulillah keputusan tersebut tepat karena tak lama setelah itu jalanan macet akibat jam pulang kantor. 

Semoga dengan roadshow dan workshop Perempuan Makin Cakap Digital ini, para pemiliki UMKM perempuan di Solo Raya makin jaya. Begitu pula dengan perempuan di daerah lain karena selain roadshow ini akan terus bergulir, juga bisa diikuti secara online oleh masyarakat umum dari mana saja.

Post a Comment

1 Comments

  1. Waaah acaranya diadain Deket rumahku di solo 😁. Sayang aku ga sedang di sana.

    Zaman digitalisasi, udah seharusnya kita memang menguasai teknologi digital ya.. Trutama yang kerjanya sudah mulai digital online. Ga boleh gaptek, dan trus mau belajar cara menggunakan digitalisasi yg menunjang bisnisnya. Udh banyak contoh usaha yg Krn tidak mau berubah, malah omzet jadi menurun dan lama2 bangkrut.

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)