Simak Cara Memasak Ayam Merah Biar Cepat Empuk Tanpa Presto

ayam mentah
Ilustrasi: unsplash.com/KarynaPanchenko

Mencoba memasak hidangan spesial seperti Ayam Merah di rumah mungkin menjadi tantangan tersendiri. Terlebih lagi, mendapatkan tekstur daging yang empuk adalah suatu keharusan untuk hidangan ini. Kamu pun tidak harus menggunakan presto, karena ada cara memasak ayam merah biar cepat empuk tanpa presto yang bisa kamu praktekkan. 

Tentu cara ini bisa menjadi alternatif kalau kamu tidak punya presto di rumah. Yang pertama dan paling penting, tentunya kamu memerlukan bahan utama berupa daging ayam segar.

Cara Memasak Ayam Merah Biar Cepat Empuk Tanpa Presto

 

ayam panggang
Ilustrasi: unsplash.com/ClaudioSchwarz

Agar kamu bisa memasak ayam merah yang benar dengan tekstur empuk, bisa ikuti beberapa cara berikut ini. Tidak memiliki presto? Jangan khawatir, karena tips ini bisa diaplikasikan bagi kamu yang tidak ingin memasak ayam merah menggunakan presto:

1. Pilih Daging Ayam yang Tepat

Pertama-tama, kita perlu memilih daging ayam yang tepat. Jika kamu ingin hasil yang empuk dan cepat matang, dianjurkan untuk memilih bagian daging ayam yang lebih muda, seperti ayam kampung muda atau ayam negeri. Daging ayam segar dari ayam yang lebih muda ini memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan lebih cepat empuk saat dimasak.

Namun, jika kamu butuh referensi penjual ayam yang tepat, kami menyarankan untuk memesannya di Kingkong App. Kingkong App menyediakan daging ayam segar berkualitas dengan berbagai variasi berat. Mulai dari 500 gram, 600 gram, 700 gram, hingga 1kg. Tidak hanya itu, ayam segar yang dijual oleh Kingkong App dijamin bersih dan berkualitas terbaik.

Asyiknya lagi, kamu bisa memesan ayam ini secara online lewat aplikasi sehingga sangat mudah dan praktis. Daging ayam pun akan langsung dikirim dari cabang terdekat untuk menjaga kesegarannya hingga sampai ke tangan konsumen. 

Jadi, dengan begini kamu bisa lebih menghemat waktu tanpa perlu repot ke luar rumah. Proses memasak pun bisa jadi lebih praktis dan cepat. 

2. Marinasi Ayam dengan Nanas Muda atau Buah Pepaya

Selain baking soda, untuk memastikan keempukan daging ayam dan menghilangkan bau amis, salah satu metode yang bisa digunakan adalah dengan memasaknya bersama pepaya atau nanas muda. Kedua buah tersebut mengandung enzim yang bisa meresap ke dalam daging dan membuatnya menjadi lebih cepat empuk. 

Trik ini juga bisa diterapkan saat memasak daging sapi atau kambing. kamu bisa merebus daging ayam bersama potongan pepaya atau nanas selama 30 sampai 45 menit. Hasilnya, daging ayam akan menjadi empuk dan juicy, yang tentunya akan memperkaya rasa saat disantap. 

Untuk melakukan metode ini, kamu hanya membutuhkan panci dan pisau untuk mengiris pepaya atau nanas. Jika pepaya tidak tersedia, kamu bisa menggantinya dengan daun pepaya. Cukup bungkus daging dengan daun pepaya dan biarkan selama sekitar 1 jam. Dengan cara ini, enzim dari daun pepaya akan meresap ke dalam daging.

3. Manfaatkan Air Kelapa

Sebuah metode yang mungkin masih jarang diketahui dalam membuat daging ayam menjadi empuk dan lembut adalah dengan menggunakan air kelapa. Air kelapa, yang biasanya lebih sering dikonsumsi sebagai minuman detoks, kini dapat dimanfaatkan untuk memasak ayam hingga menjadi empuk tanpa memerlukan presto.

Selain memiliki khasiat dalam menghilangkan racun dalam tubuh, air kelapa ternyata memiliki manfaat lain dalam mempercepat proses pengempukan daging ayam. Lebih lagi, merebus daging ayam dengan air kelapa dapat menambah kekayaan rasa pada hidangan. Yang kamu butuhkan untuk melaksanakan metode ini adalah panci dan air kelapa.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, kamu bisa mendapatkan ayam merah yang lezat dan empuk meskipun tanpa menggunakan presto. Jangan lupa juga untuk dapatkan kebutuhan ayam segar berkualitas lewat aplikasi Kingkong Meats, ya. Selamat memasak! 


Post a Comment

16 Comments

  1. Kalau di sini itu nyebut ayam merah seperti jenis ayam tersendiri. Katanya dagingnya mirip ayam kampung tapi lebih empuk. Semarang udah ada kingkong app ga, ya?

    ReplyDelete
  2. wah terima kasih tipsnya mba, saya ga punya presto soalnya hahaa mau ah coba praktek sendiri di rumah soalnya kalau beli ayam utuh udah jadi gitu tuh disini mahal

    ReplyDelete
  3. Saya sering marinasi dengan air kelapa atau nanas. Tapi, baru tau kalau buah pepaya pun bisa. Selama ini taunya pakai daun pepaya. Meskipun jarang saya praktekkan. Seringnya pakai air kelapa.

    ReplyDelete
  4. Ternyata ada beberapa cara untuk membuat empuk daging ayam selain di presto ya mbak. Ini bisa jadi cara mengempukkan daging ayam bagi yang tidak punya panci presto. Jadi pengen nyobain pakai air kelapa deh, pasti lebih gurih ya rasa ayamnya.

    ReplyDelete
  5. Dengan menggunakan manfaat air kelapa, rasanya juga jadi makin enak. Gurih juicy gitu. Olahan ayam bisa empuk tanpa pakai presto ini ilmu baru buat saya. Jarang mengaplikasikannya soalnya. Sekarang mau mencobanya dong

    ReplyDelete
  6. Baru tau memasak ayam bersama nanas dan pepaya bisa buat ayam cepet empuk. Sama air kelapa juga. Jadi pengen coba sendiri. Makasih ilmunya, Mba 😍

    ReplyDelete
  7. Terima kasih tipsnya Mbak, ternyata bisa pakai pepaya juga ya untuk membuat daging ayam lebih empuk. Selama ini saya kira hanya bisa pakai daunnya saja.

    ReplyDelete
  8. AKu biasanya menggunakan air kelapa untuk mengolah dendeng mba, tak kira fungsinya hanya untuk memberikan rasa gurih, ternyata untuk mengempukkan daging tanpa menggunakan presto. Untuk mengolah ayam belum pernah mencoba, ilmu baru. Makasih tipsnya mba.

    ReplyDelete
  9. Wah ini nih tips yang pake air kelapa belom pernah aku coba. Kudu nih untuk aku yang punya anak-anak gak sabaran nunggu masakan matang. Sementara aku gak suka pake presto. Nanti dicoba aaah...

    ReplyDelete
  10. Baru tau manfaat nanas mjuda, pepaya, dan air kelapa ke daging ayam. Kalau di rumah biasanya yang ngurusin masakan ayam tuh suamiku, Trus dia lebih milih ungkep ayam dengan cara dikukus kemudian dibekukan. Itu juga lumayan bikin empuk lho :D

    ReplyDelete
  11. Daku belum coba yang pakai air kelapa.
    Padahal kalau nyanten, suka ada air kelapanya hehe, eh malah diminum aja. Ternyata bisa juga bikin ayam jadi mudah empuk.

    ReplyDelete
  12. Owh, daging ayam bisa juga di marinasi dengan nanas ya. Aku baru tahu nih. Nanti cobain ah. Btw, air kelapa multiguna sekali ya.

    ReplyDelete
  13. Wah ternyata menggunakan air kepala bisa ya bikin empuk daging ayam, bahkan bisa bikin rebusan ayamnya juga jadi lebih enak. Mesti dicoba nih. Thanks tipsnya, Mbak

    ReplyDelete
  14. Oh ternyata buah nanas juga bisa untuk ayam ya Mbak aku baru tahu aku kira selama ini hanya untuk daging kayak kambing itu biar lebih empuk

    ReplyDelete
  15. Baru tau air kelapa bisa mengempukkan daging ayam. Kalau saya suka pake cara marinasi, bumbunya bisa lebih meresap. Makasih tipsnya Mak Lus

    ReplyDelete
  16. Aku biasanya memang memilih ayam muda alias baby chicken.
    Mungkin kelebihannya empuk, tapi kekurangannya dagingnya sedikit. Kapan-kapan mau mencoba tisp mengempukkan daging ayam tanpa presto menggunakan Nanas Muda atau dengan air kelapa.
    Haturnuhun.

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)