Tuesday, April 05, 2016

Yang Wajib Diperhatikan Jika Naik Sepeda Motor Mengenakan Rok, Gamis atau Pasmina

Dari sebuah status facebook biasa tentang rok panjang mahasiswa yang nyangkut di jeruji sepeda motor, terungkaplah bahwa peristiwa itu sering terjadi dan bisa berakibat kehilangan nyawa.

Tips naik sepeda motor mengenakan rok gamis pasmina

Jadi, siang itu jalanan agak macet. Mobil didepan menghidupkan sein tanda menghindari sesuatu. Ternyata mobil tersebut tidak sedang menghindari sebuah kecelakaan, melainkan sebuah sepeda
motor yang berhenti tepat ditengah jalan karena rok mahasiswi yang membonceng temannya itu tersangkut di jeruji. Mengapa tidak dipinggirkan saja? Karena, bahaya kalau roknya makin tertarik, bisa lepas dan malu sekali jika pakaian dalamnya tidak memadai.
Status tersebut mendapatkan komentar bertubi-tubi yang membuka mata lebar-lebar bahwa ada bahaya besar tapi luput dari perhatian kita, perempuan. Akibat rok melilit tersebut beragam, dari sekedar rok kusut, rok bolong-bolong, jatuh dan terluka, bahkan ada yang jatuh dan meninggal dunia. Banyak masukan yang bisa kita manfaatkan dari para komentator status tersebut. Meski sebagai perempuan seringkali ingin tampil feminim, namun penting sekali untuk memperhatikan keselamatan.

Berbagai kejadian rok melilit di jeruji sepeda motor:
Winda: Rokku langsung robek, bolong2 sobek, nggak bisa dipakai lagi.
Prima: Pernah kejadian di depanku juga, anak sekolah roknya masuk roda sampai jatuh dan kena aspal.
Nchie: Ada cerita tetangga dirumah mama, ibu2 pake rok dibonceng dong, terlilit jari2 roknya, jatuh ampe terseret dijalanan, hiks kena kepalanya ampe sekarang agak terganggu ingetannya.
Yoanna: Teman suamiku dulu meninggal krn begini mak.... Jadi dia mau SPGan pake rok mini, duduk nyamping dan pahanya ditutup lagi pakai pashmina, ternyata malah pasminanya nyangkut di rantai dan korban terseret, kepala kena aspal.
Galuh: Baru beberapa minggu lalu temennya temanku meninggal krn kecelakaan tunggal roknya terbelit dan dia jatuh posisi helm ga dikancing jadi lepas, kepalanya terbentur tanpa pengaman.
Nah kan, ternyata akibatnya bisa sefatal itu. Jika diinvetaris, ada beberapa kondisi yang menyebabkan musibah seperti itu bisa terjadi:

  • Umumnya terjadi pada sepeda motor manual karena jeruji yang lebih terbuka dibandingkan dengan sepeda motor matic.
  • Posisi duduk menyamping lebih besar kemungkinan untuk terlilit karena tidak adanya penghalang.
  • Penggunaan pasmina sebagai penutup, baik paha maupun punggung yang tidak bisa dikendalikan.
  • Rok atau gamis dari jenis bahan kain yang berkibar.

Sebagai muslimah, mengenakan gamis yang longgar itu enak dan nyaman, tidak perlu khawatir bagian tubuh mudah terekspos dan gerakan lebih lincah. Begitu pula penggunaan jilbab yang lebar memudahkan ibadah dimanapun ketika bepergian. Tapi khusus bagi pengguna sepeda motor, harus mempertimbangkan faktor keselamatan. Selain itu masih ada pasmina, jas hujan dan celana kulot lebar yang ternyata bisa berbahaya juga. Memang masih ada alternatif mobil atau kendaraan umum jika tidak mau mengubah cara berpakaian. Namun tak semua muslimah bisa memilih kendaraan lain selain sepeda motor.

Untunglah ada beberapa saran dari teman-teman yang mungkin bisa menjadi solusinya.
Elfira: ...ujung rok diikat tidak sampai ketat, yang penting nggak berkibar dan nggak sempit. Aman walau sedikit kusut ujungnya.
Ruli: Sekarang aku ngakalinnya meskipun pakai gamis tetap pakai celana. Tapi longgar (celana biasa) jadi itu gamis aku naikin sampai lutut dan tetep duduk hadap depan. Tapi bukan legging jadi nggak kelihatan kalau itu daleman. Pas turun motor, gamis turun lagi kayak biasa.
Prima: ....pake celana panjang dulu baru nyamper kantor ganti rok.
Riski: .... Kalau hadap samping biasanya roknya aku jepit pakai binder clip yang gede. ....lebih baik pakai jaket daripada pakai pasmina. .... lebih baik pake jas hujan egois daripada ponco.
Jika sudah kejadian, jangan panik main tarik saja. Kalau tidak mungkin minggir, minta tolonglah orang sekitar untuk memberi aba-aba pada pengendara lain agar pelan, sementara kita membereskan baju yang terlilit. Winda emak gaoel menceritakan pengalamannya naik ojek dan kebetulan si abang ojek sudah berpengalaman dengan kasus rok terlilit. Berikut kiatnya:
...motornya langsung dipasang standard berdiri jadi roda belakang keangkat, trus roda belakang tinggal diputer balik pakai tangan. 
Meski rok bisa lolos, kebanyakan dalam kondisi koyak, tapi masih bisa untuk melanjutkan perjalanan. Jika kesulitan melepas lilitan, ya digunting saja.

Kelihatannya ribet ya? Tapi bukankah perempuan diciptakan untuk ribet? Hasil dari segala keribetan itu menjadi kebanggaan suami dan anak-anak loh. Nggak apa-apa ya ribet ketika naik sepeda motor karena pengin tampil cantik dan feminin. Yang penting selamat sampai tujuan.

51 comments:

  1. Sabtu kemarin rokku masuk jeruji, Mak. Untung ketauan meski kena oli dan ga bisa ilang. Ini kali kedua aku alami.
    Makasih, Mak, postingannya. Saya jadi tahu masukan dari teman2.

    ReplyDelete
  2. jadi inget,dua tahun yang lalu sepupuku dibonceng sama temannya naik motor, dia pake rok...roknya kejiret sampe dia jatuh dan keseret :(. jadi sekarnag kalo naik motor dan dibonceng angkat rok tinggi2,plus pakai celana panjang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, kaget2 terus baca testimoni dr kemarin. Bener2 bahaya

      Delete
  3. Iya aku suka bingung sama ibu2 yang suka pake rok lanjang2 gitu kayak gamis. Kalo naik mobil sih urusan dia ya. Tapi kalo naik motor, plus ujan, kudu pake jas hujan juga, gak kebayang rempongnya kayak gimana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah perempuan yang utama penampilan, ribetnya belakangan :))

      Delete
  4. Hihihi.. Ada namaku..jd malu.. Keren mba post nya di rangkum begini. Mudah2an bs bermanfaat bagi byk wanita, spy mencegah sblm kejadian

    ReplyDelete
  5. Semoga bisa jadi aware buat pengendara dan pembonceng sepeda motor ya Mba..

    ReplyDelete
  6. Aku pakai gamis lebar dalamnya pakai celana panjang. Kalau bonceng sama suami biasanya mbegagah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbegagah lebih aman. Bhs Ind apa ya itu?

      Delete
    2. Bahasa Indonesianya melangkah (mengangkang) Mbak Lusi :D

      Delete
  7. Ini penting bgt. Aq pernah ngalami yg agak parah bukan rok tapi jas hujan model ponco yg masuk kedalam jari2 motor, dan itu sampai membuat aq tercekik. Untung gak kenapa2. abis itu kapok bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, betul2 nggak nyangka bisa sebahaya itu.

      Delete
  8. Ngeri Mak, pokoknya. #halah saya yg takut dgn cerita kecelakaan. Wuih... baca sambil bahu gerak2 sendiri krn ngeri tapi pengen baca tuntas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya akupun nggak nyangka bisa kecelakaan begitu :(

      Delete
  9. Woo..menyeramkan juga ya sampai kehilangan nyawa. Aku kalo pake rok duduknya tetap mbegagah. Biar nggak capek n lebih imbang juga kan beratnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keseimbangan kuwi penting bgt, nggak feminim gpp

      Delete
  10. Ini penting banget mb lusi...soalnya aku suka gemes atau lebih tepatnya serem klo liat akwat jilbabnya ato gamisnya takut kesrimpet ruji roda.,,mendingan emang gamisnya dikeatasin klo aku, tapi masi pake daleman celana hhihi...
    Biar safety

    ReplyDelete
  11. tambahan buat para girl,, liat lampu sen nya jg jangan sampe salah, ngesen kiri tapi beloknya ke kanan, kan kasihan yang belakang.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Out of topic, nggak lagi ngomongin itu keleeus :(

      Delete
  12. Kalau pake rok, suka saya dudukin aja mak biar ga berkibar - kibar tapi emang sebaiknya jangan pake rok berkibar kalau naik motor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiyaaa didudukin itu juga bisa ngurangi resiko. Aku dulu gitu.

      Delete
  13. emang banget rok wanita suka masuk ke rantai motor, aku dan mamaku udah nyobain untung ga sampai jatuh, dan papaku juga pernah mba itu jas hujan yang langsungan panjang gitu, dan efeknya kelilit dan jatuh sampai papaku waktu itu di bopong sama orang bawa ke rumah karena keseleo parah badannya, hiii hati"deh pokoknya >.<

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ponco itu berkibar banget & bahannya kesat jadi susah ditarik klo sudah kelilit

      Delete
  14. iniii baruu harus dibikin postingan tandingan..
    eykeh sukaa bingits artikelnya *pentiing

    Dr pada bikin artikel tandingan yg ga penting eeaaa :v

    tunggu eykeeh maak di prapataan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kapan program emak2 ratu jalanan aman dimulai?

      Delete
  15. banyak pengalaman seperti itu ya dan berulang kembali, jadi banyak yg kurang peka. Dan yang membonceng juga harus tahu caranya agar bajunya tdk mengibar karena suka menutupi lampu seins. Pernah temanku hampir menabrak motor yg mau belok kiri krn dia atk melihat lampu menyala krn tertutupi baju yang berkibar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang karena merasa aman2 saja jadi nggak waspada, bahkan membahayakan org lain.

      Delete
  16. Udah banyak kejadian spt ini ya, Mak. Harus lebih berhati-hati buat pengendara motor. Apalagi skrg lagi trend gamis yg lebar2. Sy juga punya sih tapi ribet makainya kalau naik motor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang enak sih pakai gamis lebar. Harus lebih hati2.

      Delete
  17. sebenarnya kemarin pengin komen lalu rempong ma lain eh jadi lupa hehehhe pernah juga alamin mak, nah waktu itu saya pake dress panjang, nah udah hampir masuk itu dress nya ke jeruji untung ada mas-mas di pinggir jalan negur, alhamdulilah langsung angkat dikit deh..

    ReplyDelete
  18. kalo saya mak pasti di dobeli celana panjang khusus untuk daleman...
    jadi meski roknya di angkat (ya gak tinggi2 amat dong)....gak malu hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting sdh ada antisipasi ya mbak.

      Delete
  19. Saya sih biasanya berusaha utk gak duduk nyamping. Soalnya selain buat capek n keram kakinya, juga bahaya, soalnya selalu bawa ransel lumayan gede. Pernah hampir aja keseret angkot krn nyangkut di spionnya. Syukurnya segera lepas. Jadi biasanya slalu stand by. Klu pakai gamis atau rok pasti pakai daleman lagi celana panjang longgar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun ngeri juga ya, angkot suka mepet2 sih.

      Delete
  20. Suami saya selalu ngomel kalau saya pakai rok panjang :) hihihi
    katanya beribet lah nanti kalau bonceng miring, dan bla bla bla ....
    panjang deh khotbahnya . tp emang bener sih sudah ada banyak kejadiannya , akhirnya saya sekarang kalau pakai rok selalu pakai daleman celana panjang jd bs bonceng suami sambil duduk ngangkang :D
    tp sekarang udah ada anak jd kalau pergi2 naik motor ndak pernah pakai rok, ribet

    ReplyDelete
  21. aku pernah, jatoh dari motor, ujung roknya nyantol di persneleng :D

    ReplyDelete
  22. Heuheu...ngerii..pas kemarin baca statusmu mba. Emang srg bgt kejadian dan jadi fatal

    ReplyDelete
  23. penting untuk tahu ya..soalnya berbahaya kalau kejadian..

    ReplyDelete
  24. walau pakai gamis atau rok aku pasti pakai selana panjang lagi kok jadi bebas dan nyaman mau keangkat juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya pakai kaus kaki panjang dan roknya agak diangkat....aman

      Delete
  25. Kalau saya roknya suka diangkat dikit paling dibawah lutut dikit....nah nanti kan kalau nyingkap ada kaus kaki yang panjang...aman

    ReplyDelete
  26. Haduh ngeri kalo sampe rok masuk roda, bahayaaaa hiks.

    ReplyDelete
  27. YEAY! Hidup ribet. Kalau aku biasanya duduk jegang kalau tujuan berkendaranya jauh (kalo dibonceng),so mesti pakai celana panjang lagi

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.