Thursday, December 22, 2016

Prediksi Blogging 2017 Oleh Komunitas Blogger Asing

Prediksi blogging 2017 oleh komunitas blogger asing ini akan berseri dengan prediksi blogging 2017 oleh komunitas blogger Indonesia dan prediksi blogging 2017 oleh top influencer Indonesia. 



Jadi mohon bersabar menunggu penyusunannya, ya. Seri prediksi ini saya kumpulkan untuk membantu kita semua mempersiapkan diri di tengah perkembangan pesat dunia digital. Pengumpulan prediksi dari berbagai sudut pandang ini juga punya maksud khusus, yaitu agar cakrawala kita makin luas. Sayang ya, kesempatan terbuka tapi kita sibuk main drama dan berebut panggung di kandang sendiri. 
Apakah berbagai pendapat ini justru akan membingungkan? Well, itu tergantung dari pandai-pandainya teman-teman mengambil manfaat yang paling dekat dengan niche teman-teman sendiri. Kita tak mungkin hebat di semua bidang, tapi paling tidak kita tahu bagaimana menghargai bidang lain, bahkan mungkin bisa mengambil peluang.

Untuk prediksi blogging 2017 oleh komunitas blogger asing ini mengambil livetweet dari @blogelevated yang berbasis di Amerika. Mereka mengklaim bahwa prediksi mereka berdasarkan satu dekade mengurus komunitas dan konferensi. Jadi bukan asal prediksi, apalagi ramalan. Ada beberapa poin penting yang saya catat. 

TITIK BALIK FAKE NEWS (HOAX)

Ternyata tahun 2016 membuahkan fenomena yang sama di Amerika dan Indonesia, yaitu membanjirnya fake news atau berita hoax, terutama di facebook. Terlebih karena bersamaan dengan pemilihan presiden yang dimenangkan oleh Trump, perang digital antara keduanya tak terhindarkan. Meski di Indonesia bukan masanya pemilihan presiden, tapi hawa panas tak pelak menyelimuti dunia maya, antara lain karena pemilihan gubernur DKI yang sangat krusial sebagai ibu kota negara. Masyarakat yang mulai muak dengan berita bohong, akhirnya mencari influencer yang bisa mereka percaya untuk difollow dan diharapkan meneruskan berita yang benar kepada mereka.
Blogger akan lebih dipercaya sebagai pintu keluar berita-berita dibandingkan media online.
Orang akan berubah, dari yang tadinya tak peduli dengan sumber berita, mulai mempertanyakan asalnya. Blogger bisa menjadi perantara berita jika dia dipercaya kedua belah pihak, yaitu sumber berita dan pengunjung blog. Jika menginginkan posisi ini, blogger harus bisa menjaga reputasi, tidak hanya ketika blogger bertindak sebagai penyampai berita tapi juga ketika ngeblog untuk peristiwa lain. Blogger harus menjaga citra mumpuni terhadap masalah-masalah yang terkait dengan berita tersebut.
Untuk memperkuat penguasaannya pada bidang tersebut, blogger bisa membuat artikel-artikel terkait. Misalnya, seorang food blogger bisa membuat artikel tentang bagaimana mengenali resep palsu (resep yang tidak diuji sendiri) atau resep copasan dari blog lain di internet.

JANGAN JADI CONTOH BURUK

Ini adalah kelanjutan dari meledaknya fake news diatas. Pemerintah Amerika mulai menangani secara serius dengan mengekspose kasus high profile untuk dijadikan contoh bagi mereka yang berani macam-macam dan menimbulkan efek jera. Mereka mengingatkan blogger, jangan sampai dijadikan contoh buruk tersebut, karena karier dunia maya mereka akan habis.

Tahun 2016 ini blogger Indonesia juga ikut galau dengan peraturan baru google soal disclosure dan affiliate link. Ada yang menganggapnya serius, ada yang menyarankan untuk santai saja asal tidak berlebihan dalam menjadikan blog kita lapak job review. Sebaliknya, pemerintah Amerika menganggap serius masalah ini. Seleb multi kaya dunia banyak yang bermukim di Amerika, sedangkan sumber kekayaan terbesar mereka banyak yang tidak berhubungan langsung dengan profesi mereka. 
Misalnya beberapa bintang NBA tetap berpenghasilan besar meski sudah pensiun dari lapangan. Pendapatan mereka antara lain dari endorsement. Jika kontrak eksklusif dengan suatu produk, mudah bagi pemerintah Amerika untuk menetapkan pajak. Tapi seringkali mereka tidak mempublikasikan hubungan mereka dengan suatu brand, melainkan hanya sering tampak menggunakan produk brand tersebut secara mencolok.

Ada 2 hal yang mereka nasehatkan pada blogger member komunitas tersebut:
1. Selalu memberi pernyataan jika artikel tersebut berbayar. Pernyataan tersebut harus berupa text, bukan sekedar gambar dan harus menjadi bagian dari artikel tersebut.
2. Selalu menghargai pengunjung blog dengan memberitahukan kepada mereka bahwa artikel tersebut berbayar.

Rumornya sih instagram akan jadi target pemerintah Amerika selanjutnya untuk masalah disclosure tersebut. Wajar sih, sekarang isinya kebanyakan endorsement.


MOBILE FRIENDLY IS A MUST

Mereka memberikan data bahwa orang dewasa Amerika menghabiskan 3 jam sehari untuk mengakses internet via ponsel. Karena itu seberapa bagus blog ada di search rangking tergantung dari seberapa lancar blog tersebut bisa diakses melalui ponsel. Blogger disarankan untuk selalu cek akses blog sendiri melalui ponsel dan tablet.

Berbeda dengan blogger Indonesia yang lagi demen facebook page, mereka meramalkan the death of facebook page in 2017. Interaksi blogelevated sendiri hanya lewat facebook groups, tidak pernah memperhatikan facebook page.

Responsive template yang ada sekarang diperkirakan tidak akan cukup untuk mengoptimasi blog. Ikuti perkembangan template-template baru. Ini sih buat saya ketinggian ilmunya, nggak aplikabel, tapi bukan berarti nyerah. Coba gaul dengan mereka yang lebih pandai, mungkin kita bisa mendapatkan pencerahan.


GOOGLE's POP UP PENALTY

Google's pop ups penalty akan diberlakukan mulai Januari 2017. Entah apakah akan berlaku juga disini, tapi kalau yang mengeluarkan peraturan itu google, bukan pemerintah Amerika, berarti berlaku global. Pop up dan instrusive ads itu sebenarnya sangat merugikan blog itu sendiri. Entah mengapa kok banyak yang pasang? Memang ketika pertama kali pengunjung terjebak bikin hati senang, view tinggi, tapi pengunjung bisa memblack-list blog kita, Nggak akan kesitu lagi. Kapok.


LIVE VIDEO AKAN BOOMING

Memangnya sekarang belum? Sekarang memang sudah mulai merebak dengan munculnya vlogger. Dari analisa mereka mengungkapkan bahwa sebagian besar waktu orang Amerika mengakses internet digunakan untuk nonton video. Live video, baik di twitter, facebook dan instagram masih merupakan hal baru di tahun 2016 dan akan meledak di tahun 2017. 
Saran mereka, blogger harus mulai menggunakan live video dan belajar membuat live video yang baik agar bisa mengikuti arus perubahan di tahun 2017. Blogger harus meluangkan waktu untuk mempelajari free software dan basic video editing yang tutorialnya sudah mulai banyak di internet.
Blogger bisa memilih platform yang menjadi tempat ngumpul sebagian besar pengunjung mereka. Sekarang semua platform media sosial bisa untuk live video. Tak terkecuali facebook yang menjadikan facebook live sebagai ujung tombak strategi mereka di tahun 2017. 
Mereka menyarankan untuk menambahkan statistik live video di media kit blogger. Media kit yang cetar akan membuat blogger tetap eksis karena pada dasarnya kebutuhan akan influencer di marketing online juga akan tetap tinggi. Hasil penelitian @bloglovin menyebutkan bahwa 50% perempuan membeli sesuatu berkat online influencer.
Di tahun 2017, live video akan membedakan mana blogger yang up to date dan mana blogger yang ketinggalan jaman.

KEBANGKITAN MICROINFLUENCER 

Siapa sih microinfluencer itu? Microinfluencer adalah seseorang yang memiliki 1.000 - 5.000 real followers. Real followers adalah orang yang follow dengan sukarela, bukan ditodong atau dibeli, dengan kata lain "loyal followers". Tarif microinfluencer ini jauh lebih murah tapi engagementnya lebih tinggi. Kecenderungan influencer dengan jumlah followers lebih tinggi adalah sudah merasa seleb sehingga kurang rajin melakukan engangement dengan followers. Ada perasaan di unfollow 50 orang saja followersnya tetap banyak, nggak rugi, jadi buat apa susah payah bermanis kata?
Jika ingin menjadi microinfluencer, blogger disarankan untuk memberikan perhatian lebih pada instagram yang engagement-nya berkembang lebih baik dibandingkan dengan platform lain.
Microinfluencer memiliki nilai lebih karena mereka berantakan dan otentik. Mereka belum serba tertata seperti the real seleb. The real seleb bahkan membawa juru foto sendiri kemana-mana (seleb blogger kayak gini sudah pernah lihat disini). Terkadang mereka juga punya konsultan dan asisten pribadi yang mengurusi make-up dan baju seperti layaknya artis. Dengan kata lain, microinfluencer itu lebih manusiawi, sejajar dengan followers mereka.  Carpool karaoke adalah salah satu contoh video yang messy dan real yang booming tahun ini di Amerika. Banyak yang kemudian menirunya dengan cara gila-gilaan. 


Mereka memprediksi, "otentik" akan menjadi kata kunci kesuksesan seorang blogger di tahun 2017. Pembaca akan mulai bosan dengan kesempurnaan ala pinterest. Mereka ingin melihat the "messy you" sebagai manusia, seperti mereka. "Lovable imperfection" akan lebih greget dibanding yang serba indah, cantik dan sempurna.
Namun mereka juga mengingatkan bahwa "lovable imperfection" tidak sama dengan jorok dan malas. Blogger harus tetap profesional dengan menyajikannya dalam konten yang keren. Dengan kata lain, konten berkualitas dengan human touch.

MINI CELEB CONNECTION

Kalau teman-teman tinggal di Amerika, ini kabar gembira buat yang suka event karena di tahun 2017 nanti pengalaman spontan, obrolan, kopdar dan event khusus akan memberi nilai lebih pada blog. Kalau disini blog yang isinya event melulu suka dinyinyiri mungkin karena yang baca teman sendiri, sesama blogger. Bosen, gitu. Makanya jangan terpaku dengan pembaca dari kalangan sendiri. Lebarkan sayap dengan share diluar komunitas blogger atau ubah sapaan agar tidak fokus ke teman-teman blogger karena masyarakat diluar blogger juga pengin tahu kok misalnya brand ini sedang ada event seru apa atau sedang mengeluarkan produk apa.

Pada akhirnya, blogger memang serupa mini-celeb dan followers ingin real-life connection. Kalau dipikir, benar juga ya. Contoh sederhana, misal kita sedang kopdar. Seringnya kita kan foto-foto dan mengunggah di sosmed, kemudian di like oleh followers yang tidak kita kenal. Hampir sama kan dengan Inces? Beda di jumlah followers dan banyaknya komentator saja.


PERSONAL RESPONSES

Pembaca ingin diperlakukan spesial seperti teman. Masalahnya kalau pembacanya ribuan, bagaimana? Bisa dengan sesekali menyapa secara random akun media sosial mereka atau mengirimkan e-card pada event khusus. Mereka juga menyarankan untuk melakukan RAKs (Random Act of Kindness).

Saya sudah mempraktekkan ini tapi nggak sering karena sifatnya sambil lalu saja. Tapi ternyata menurut mereka sangat banyak manfaatnya untuk menjalin hubungan  dengan pembaca. Misalnya saya mengunggah foto cemilan untuk direview yang jumlahnya sangat banyak. Kemudian ada yang iseng minta, maka saya kirim sebagian. Pernah pula pula hadiah provider yang tidak saya gunakan iseng diminta pembaca, juga saya berikan. 
Jadi tak perlu menunggu giveaway atau mengumpulkan massa dulu untuk memperebutkannya. Kadang yang mendapatkan hadiahnya malah para pemburu kuis yang hanya datang ke blog kita ketika ada giveaway. Lah yang setia dapat apa dong? Dapat blogwalking balik? Iya kalau dia blogger juga, tapi kan diatas sudah berikrar untuk membuka pintu bagi pembaca dari semua kalangan?
Namun demikian, mereka mengingatkan blogger untuk tetap memperhatikan safety dalam menjalin pertemanan dengan pembaca yang belum pernah dikenal sebelumnya.


NATIVE ADVERTISING TERUS BERKEMBANG 

Seiring dengan dihalaunya pop up ads dan semakin banyak orang yang menggunakan adblocker, native advertising akan berkembang pesat. Native advertising itu antara lain sponsored post atau advertorial.
Blogger disarankan segera membuat "work with me" page atau button dan memperbaiki tampilan media kit. 
Kalau kita lihat, rata-rata blogger profesional asing memang sudah memasang page "work with me". "Work with me" berisi tentang jasa atau layanan apa yang bisa blogger berikan kepada klien. Bagi yang tidak memiliki pengamalan menggarap sponsored post, bisa membuat portofolio tentang produk yang disukai dari brand yang bersangkutan. 



Demikian prediksi blogging 2017 oleh komunitas blogger asing. Mereka tetap menekankan agar blogger menjadi diri sendiri. Misal, blogger keukeuh tidak mau ada live video di blognya, itu tidak masalah. Sebagai gantinya, blogger harus bekerja lebih keras di hal lain yang menjadi keunggulannya, misal konten, ilustrasi atau foto. Sedangkan bagi kita, blogger Indonesia, ambil yang baik-baiknya saja. Nantikan prediksi blogging 2017 untuk Indonesia di 2 postingan mendatang.

42 comments:

  1. Menunggu postingan mba lus selanjutnyaa...aku suka nontonin live video gitu tapi klo bikin belum pernah nyobaa hehe

    ReplyDelete
  2. Ulasannya lengkap. Bisa dipelajari kalau pengin jadi blogger

    ReplyDelete
  3. sdh lama nggak mampir di sini, mampir2 disuguhi yg bermanfaat begini, makasih bnyak ya mbk lus, aku catt ah

    ReplyDelete
  4. Baca ini, saya jadi kepingin tepuk tangan. Banyak sekali yang mesti saya kerjakan kalau mau nurut sama prediksi ini.

    Mbak Lusi, mau tanya dong, aplikasi apa yang enak untuk belajar ngedit video dari HP? Saya mau belajar nib.

    ReplyDelete
  5. Vlog emang mulai ramai sekarang ya, Mbak. Lomba blog diiringi lomba vlog juga. Ada juga yg dulu lombanya blog kemudian berubah jadi lomba vlog. Saya pun gigit jari. Hehehe... Ditunggu postingan selanjutnya ya, Mbak :-)

    ReplyDelete
  6. Ulasan yang bagus. Meski saya msh receh di dunia perblogan tp setuju bgt tuh bagian microinfluencer. Dan emang bener sih sbg pembaca / penonton, sy lbh suka melihat influencer yg lbh 'manusiawi' drpd yg sdh di set dg fotografer pribadi.

    ReplyDelete
  7. Wohooo menantikan 2 prediksi berikutnya, ibu suri πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

    ReplyDelete
  8. Wah, noted banget nih prediksinya. Kudu banyak apgreeeed. Siap lah hayuk. Wkwkwkwk... *nggaya* :D

    ReplyDelete
  9. Semangat..semangat, harus mulai belajar vlog ni mba,aku masih enggan tampil cuap2 hahaha..makasih artikelnya bergizi bangeet..

    ReplyDelete
  10. Seruuuu, suka gak suka harus update dengan perkembangan sih kalau pengin tetep eksis.
    Menunggu sharing berikutnya. Thank you Mak Lus ketje.

    ReplyDelete
  11. ditunggu seri berikutnya mak ^^...
    Benar-benar noted banget..
    Kebangkitan microinfluencer bikin hepiii *horee

    ReplyDelete
  12. Prediksinya seru. Ternyata banyak banget pr yg harus dipelajari utk jadi blogger ya. Makasih share nya mbak, nungguin prediksi yg bagian 2 nih. Hehehe

    ReplyDelete
  13. Bagaimana dengan bloger kampung yang jarang ikut event. Membuat live video kalau tidak penting banget juga rasanya aneh Mbak :D

    ReplyDelete
  14. Tantangan banget ini..

    TFS Mak Lusi.. Keren!

    ReplyDelete
  15. Sumpah informatif bgt. Ditunggu 2 serial lanjutannya Mbak Lusi

    ReplyDelete
  16. Mesti ngekor terus sama suhu, thanks mba udah berbagi info yang amat penting, tapi aku belum ngerti mau kemana arah ikut arus aja hehe..

    ReplyDelete
  17. Banyak ternyata yg harus dipelajari sebagai blogger ya Mbak. Suka banget dengan artikel ini. Ditunggu kelanjutanya :)

    ReplyDelete
  18. Postingan keren mba Lusi.
    Selain introspeksi buat yg ada di persimpangan jalan (ngaca), juga jadi sumber ide untuk action poin selanjutnya.
    Hatur nuhun atas tulisannya yang selalu informatif.

    ReplyDelete
  19. Prediksinya ajib banget kak. Kita tunggu saja sambil ngopi dan banyak belajar juga untuk menjadi bloger terdepan di tahun 2017.


    ReplyDelete
  20. Nah, saya harus banyak belajar untuk menghadapi dunia blogging 2017. *pake iket kepala*
    Thankyou mbak untuk informasinya! :)

    ReplyDelete
  21. huft...baca ini setengah jam sambil tak catet

    ReplyDelete
  22. ngblog semakin jelimet, tapi menantang he..he..

    ReplyDelete
  23. Suka banget sharingnya, banyak peer deh kedepannyaπŸ˜³πŸ˜†

    ReplyDelete
  24. Mak Lus, huhuhu.... Peer belajarnya banyak ini, heuheu.
    Artikelnya mantap, Mak! :D

    ReplyDelete
  25. Makasih Mba postingannya, beneran makasih.. ^_^

    ReplyDelete
  26. syukur lah kalo 2017 pop ps penalty bakal diberlakuin ;p.. aku biasanya pasti langsung ga mau lg dtg k blog yg suka munculin iklan begini.. apalagi yg susah ditutup.. seperti maksa kita utk masuk ke tokonya dan harus beli ya mbak ;p.

    live video bakal booming yaa.. hihihihi, aku slalu suka liat video temn2 vlogger, tp blm PD bikin sendiri krn memang aku dasarnya pendiem .. di foto aja sebenernya ga gitu suka, kecuali sesekali sekedar bukti kalo lagi di mana ;p, apalagi divideoin ;p hihihihi... mau cari ide lain bikin video tapi akunya ga usah kliatan..:D heueheheh

    ReplyDelete
  27. Noted semuanya. Thank you artikelnya, Mbak. :)

    ReplyDelete
  28. Menarik mba :)
    Duh, follower IG saya msh di bwh 1000...

    ReplyDelete
  29. mumet-mumet seneng bacanya. artinya makin pede dengan apa adanya diri kita itu masih laku. yang penting ga jorok, ga males, ga kucel.
    dan jangan lupa upgrade.

    ya emak berumur ga perlu segera heboh update ya, ntar malah ngos-ngosan. asal tetep belajar dan praktik.

    menarik soal FP itu mbak. dan instagram mau jadi kyk apa.

    tfs mbak

    ReplyDelete
  30. sepertinya saya bakal keukeuh ga pake video karna keterbatasan jatah kuota :)

    makasih pelajarannya mak lusi

    ReplyDelete
  31. Saya mau komenin ttg sapaan 😁 Saya pernah langsung nutup post di kata kedua yg begini, "Apa kabar, emak2?" I'm not emak2 yet so this post not for me 😁 Yes, sapa yg umum aja spt teman2 atau kawans, dll...

    ReplyDelete
  32. wah ulasannya bermanfaat banget, Mba. Makasih banyak sudah berbagi! :)

    ReplyDelete
  33. Terima kasih mbak saya harus belajar lebih giat :)

    ReplyDelete
  34. Aku udah bikin video, tapi gak pede karena suara cempreng, mbaaakkk :D

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.