Wednesday, December 28, 2016

Prediksi Blogging Indonesia 2017 Bersama Para Top Influencer

Ini adalah bagian akhir dari seri prediksi blogging 2017 yang terdiri dari 3 artikel.



Artikel sebelumnya:
Prediksi Blogging 2017 Oleh Komunitas Blogger Asing
Prediksi Blogging Indonesia 2017 Dimata Pengelola Komunitas Blogger

Sudah baca artikel sebelumnya tersebut diatas, belum? Sebaiknya dibaca juga karena saya jabarkan cukup panjang yang saya riset dari artikel mereka, tidak hanya seperti kultwitnya atau plek balasan emailnya.

Untuk artikel ini saya tidak berusaha mendetilkan apapun atau memasukkan interpretasi saya. Karena narasumber kali ini suhu, bo. Malu dong kalau sok-sokan menjabarkan tapi malah salah. Jadi saya hanya edit susunannya saja supaya kelihatan rapi setelah saya copas dan enak dibaca.

Narasumber saya kali ini:

1. Carolina Ratri (Carra). Dahulu bersama saya pernah menjadi makmin Kumpulan Emak Blogger. Tapi jauh sebelumnya dia sudah berkiprah di dunia marketing communication dan design secara profesional, sedangkan saya ya ibu-ibu yang barusaja pengangguran gitu. Heheee.... Jadi ketemu pertama kali jiper banget melihat kreativitas emak rock and roll ini. Sempat bekerja full time di Stiletto Book, akhirnya dia kembali ke rootnya sebagai kreator berjiwa bebas dengan memutuskan bekerja paruh waktu di Stiletto Book, lalu punya tanggung jawab baru sebagai komandan rockingmama.id. Kerja kerasnya di rockingmama.id menghasilkan banyak konten viral. Blog: www.carolinaratri.com

2. Indah Julianti (Indah). Nggak perlu banget ngenalin mbak yang satu ini, semua sudah kenal. Blogger manapun, baik unyu-unyu atau mateng pohon, dari Sabang sampai Merauke, dengan mudah reach out beliau karena kepribadiannya yang hangat dan ramah. Saya sering dinyiyirin ding, tapi saya cuekin. Hahaaa.... Selain kesayangan beberapa brand dan agensi, beliau juga membantu perkembangan beberapa komunitas, baik secara tak langsung di belakang layar, maupun tampil ke depan sebagai co-founder Kumpulan Emak Blogger. Blog: www.indahjulianti.com

3. Aldy Terren Putra (A). Dengan Aldy atau sebagian memanggilnya Terren, tidak begitu kenal secara pribadi. Tapi saya mengikuti semua akun media sosialnya. Blogger pasti senang banget deket dengannya karena dia sering bagi-bagi rejeki dari berkah ngeblog. Iya kaaan? Sebenarnya kalau teman-teman follow akun media sosialnya jangan hanya ngincer transferan karena dia bisa memberi jauh lebih banyak dari itu. Aldy sering membagi insight dan tips ngeblog diantara postingan-postingan channel video sulapnya. Blog: www.aldyputra.net

Kepada mereka bertiga, saya mengirimkan 7 pertanyaan yang alhamdulillah langsung dijawab. Padahal mereka orang-orang sibuk. Karena itu, sebelumnya saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih.

Yuk teman-teman, kita simak prediksi blogging Indonesia 2017 dari para top influencer tersebut.


Tanya: Bagaimana prospek blogging di tahun 2017?

Carra: Blog makin berbeda dengan blog yang dulu. Dulu kita bisa menuliskan kejadian sehari-hari yang kita alami. Sekarang harus ada extra value yang kita berikan, bisa dalam bentuk review, tutorial, tips dan sebagainya. Value ini yang membuat para blogger punya trust dan authority bagi para pembacanya. Sudah nggak bisa lagi sekarang kita curhat hore tanpa "memberikan" user's experience yang baik bagi pembaca. Bisa sih, tapi jangan terlalu berharap akan mendapatkan hasil yang maksimal. Hasil di sini bisa berarti pageview, kunjungan balik, komen, like, share dan seterusnya.
Beberapa blogger memang bisa curhat hore dan mengaku tetap dikunjungi dan bahkan viral. Namun mereka nggak memperhitungkan, bahwa sebelumnya mereka sudah jadi seleb duluan. Ya pantes aja banyak yang tetap berkunjung meski cuma curhat hore.
Blogger newbie? Jangan harap bisa mendapatkan trust dan authority ini hanya mengandalkan curhat hore. Mereka harus memperkenalkan diri dan menawarkan value.
Nah, ini dia nanti yang juga mewarnai tahun 2017.
If you want to brand yourself through blogging, then you have to offer some values
Blog yang tetap bertahan adalah blog yang menawarkan experience dan value yang baik bagi pembaca. Bagaimanapun kita harus percaya pada seleksi alam. Yang nggak bisa segera menemukan keunikan pada diri sendiri, siap-siap aja dilibas oleh para pendatang baru yang lebih canggih.
So, yang ngeblog masih dengan gaya lama dan stagnan saja, tanpa bisa "berbeda", siap-siap saja menyingkir dari "pertempuran". Jangan baper, karena itu sudah jelas. Hehehe.
It's time to learn new things. Karena akhirnya konten blog nggak sekadar tulisan doang, ada vlog, ada podcast, dan lain-lain.

Indah: Industri kreatif terkait penulisan konten atau content writing, terus berkembang, tidak pernah mati. Di tengah gempuran Instagram, Snapchat dan Vlogging, blog masih bertahan.  Tapi, hanya blog-blog yang berkualitas yang akan mendapatkan kue dari online marketing. Blog-blog dengan tulisan “personal touch” yang disajikan berdasarkan data dan studi.

Aldy: Untuk tahun depan, blog masih menjadi salah satu pilihan channel bagi para pengiklan. Namun, perlu diketahui, beberapa pengiklan akan lebih selektif memilih blog yang memang sesuai dengan target pembacanya atau minimal jumlah pembaca blog tersebut untuk 1 artikel yang diterbitkan. Selain itu, blog akan dilihat tingkat engagement dari sebuah artikel yang ada didalamnya.


Tanya: Niche blog apa yang akan menonjol?

Carra: Lifestyle tetap akan jadi primadona sebenarnya. Mengapa? Karena lebih luwes artikelnya. Tapi ada baiknya tetap diputuskan, mau lifestyle ke sebelah mana? Jadi tetap ada fokus. Lifestyle kan banyak. Misal, lifestyle kesehatan, lifestyle mom and baby. Sekali lagi lifestyle itu adalah gaya hidup, maka yang dibranding adalah gaya hidupnya.
Travel blog kayaknya masih ramai sih, kalau mengamati dari sekarang. Makin banyak saja blogger lifestyle yang kemudian punya side blog niche khusus travel. Ini bagus sih, karena saat mereka mulai memikirkan niche, berarti itu mereka mau fokus.
Menjadi fokus adalah penting, karena specialty selalu lebih baik ketimbang palugada. Apa lu mau gua ada. Demi menjaring pembaca loyal.

Indah: Tiap niche punya pasar masing-masing. Lifestyle, Travel and Food, dan Beauty. Susah memprediksi niche blog seperti apa yang akan menonjol karena masih banyak blogger yang me-niche-kan blognya karena ikut-ikutan. Seperti sekarang lagi marak travel, sebagian besar blogger ‘mendadak’ jadi travel blogger. Dan, tahun 2017 masih seperti itu :)

Aldy:
 Secara keseluruhan, untuk blog yang bergenre teknologi dan parenting akan terlihat menonjol dibandingkan dengan niche yang lain.


Tanya: Blogger seperti apa yang akan bersinar?

Carra: Kayaknya seperti yang poin 1 deh, blogger yang akan bertahan adalah blogger yang bisa menawarkan value pada pembaca and mereka yang nggak takut to be differentBe different ini bisa negatif atau positif sih. Hahahaha. Memang tinggal yang mana yang dipilih kan?
> Blogger yang akan bersinar adalah mereka yang dengan smart bisa memutuskan mana konten yang cocok bagi pembacanya, dan mana yang enggak. Mereka juga nggak sayang untuk melepas konten yang sekiranya kurang cocok dan bermanfaat untuk ada di blognya.
> Blogger yang akan bersinar adalah mereka yang sudah mendefinisikan pembacanya terlebih dulu baru mulai menulis saat mereka ngeblog, bukan blogger yang tipe menulis dulu, pikir kemudian.
Tahu nggak bedanya?
> Blogger yang sudah mendefinisikan pembaca terlebih dulu biasanya sudah punya bayangan saat akan menulis artikel, ini artikel ditujukan buat siapa, apa manfaat yang akan ditawarkan, apa tujuannya menulis artikel tersebut, dan hal-hal lain yang bersifat konsepsual.
> Blogger tipe menulis dulu, pikir kemudian, adalah yang menulis dulu, lalu saat nggak ada yang baca baru deh bingung.
Blogger pertama akan dengan mudah mendapatkan pageview, karena target jelas, jadi dia akan main strategis. Sedangkan yang kedua, ya gitu deh. Hehehe.

Indah: Blogger yang mengelola blognya dengan baik. Walau blog adalah jurnal online atau tulisan yang mengutamakan unsur personal, tapi akan baik dan menarik jika disajikan dengan data, survei atau riset. Misalnya dalam menulis satu blogpost dengan topik tertentu yang lebih mendalam. Blogger yang mampu mengelola dan menghubungkan blog dengan sosial medianya. Ibaratnya dalam postingan tersebut selain cerita yang menarik, harus ada gambar yang menarik (lebih baik kalau gambar milik sendiri) dan video 15 menit (kesimpulan dari blogpost).

Aldy: Blogger yang cukup aktif berinteraksi satu sama lain di media sosial yang dimilikinya, dan memiliki engagement yang cukup tinggi.


Tanya: Tampilan blog seperti apa yang akan tren?

Carra: Masih minimalis. Dan blogger makin nyadar akan kenyamanan baca ini. Jadi kayaknya sih makin banyak tampilan minimalis dan profesional

Indah:
Ada yang mengatakan, Content is the king, design is the Queen
Apalah artinya konten yang bagus tanpa tampilan (desain) yang menarik. Tampilan blog yang menarik selain halaman utamanya enak dipandang dan tulisannya mudah dibaca, nagivasinya blognya harus mudah.
Dan harus mobile friendly! 
Karena sebagian besar orang mengakses internet via gadget atau smartphone.

Aldy: Masih sama dengan tampilan blog saat ini, minimalis, ringan dan memudahkan mesin pencari untuk menemukan konten blog tersebut.
Which is, harus mobile friendly.

Tanya: Monetizing blog seperti apa yang akan paling banyak beredar?

Carra: Masih job review dan event serta afiliasi.
Saya rasa, blogger Indonesia ini kalau boleh diumpamakan, masih zaman sejarah sedangkan teman-teman kita di luar negeri sudah menapak ke zaman teknologi yang sebenarnya :)))) 
Masih mengandalkan produk orang untuk dapat uang, belum kepikiran untuk punya produk sendiri yang barangkali bisa dijual berlipat-lipat kali lebih mahal, seperti halnya blogger luar.
Kenapa? Nggak tahu juga sih kenapanya.

Indah: Yang original dan berkualitas.

Aldy: Melihat perkembangan, akan cukup jarang yang meminta untuk menulis sendiri artikel didalam blognya. Lebih kepada konten yang sudah disediakan dan di tulis ulang oleh si pemilik blog.


Tanya: Apa yang harus diperbaiki atau diwaspadai blogger di tahun 2017?

Carra: Brand makin banyak yang tumbuh, dan mereka pun punya strategi yang juga berkembang.
Ini berarti hal bagus dan kurang bagus. Bagus, karena prospek blogger untuk menjadi "staf marketing" makin bagus. Kurang bagus, karena persaingan brand, akhirnya bisa berimbas pada branding blog kita juga kalau nggak hati-hati.
So, hati-hati dalam menerima job. Blogger selayaknya bintang iklan di majalah atau televisi. Jadi sebaiknya harus hati-hati melangkah dan mengambil keputusan. Setiap kali menerima tawaran job, pikirkanlah efeknya bagi branding diri kita sebagai blogger dan branding blog kita sendiri.
Jangan karena kepingin segera mendapatkan pemasukan dari blog, lalu kita menerima tawaran job sembarangan dan jadi blunder.
Maksudnya?
Masih ingat kasus Isyana Sarasvati? Yang jadi ikon Toped, lalu di suatu saat dia bilang nggak suka belanja online? Blunder kan?
Itu terjadi juga pada blogger. Satu kali dia "mengiklankan" satu produk dalam blognya. Lalu dalam artikel lain, dia juga mengiklankan kompetitor produk yang sebelumnya diendorse. Blunder nggak tuh, sebagai pembaca? Atau memberi pernyataan yang berbanding terbalik, misalnya.
Sebagai pembaca, trust kita akan bertambah atau berkurang?

Indah: Yang perlu diperbaiki sih, terutama untuk orang-orang yang baru memulai ‘karier’nya sebagai blogger, bikin konten yang menarik dan berkualitas baru bicara uang, bukan sebaliknya. Punya identitas, bukan menulis karena ikut-ikutan. Ketika sudah mapan dalam satu identitas misalnya travel blogger, beauty blogger atau food blogger, itu ditingkatkan.
Jangan terlalu sering beredar di event yang tidak sesuai niche blog.

Aldy: Pergerakan konten video akan lebih banyak dilirik oleh beberapa pengiklan, baik dalam bentuk live streaming atau recorder video yang tersimpan di beberapa platform yang ada.


Tanya: Apa harapan teman-teman terhadap dunia blogging di Indonesia pada tahun 2017, terlepas dari prediksi-prediksi tersebut?

Carra: Semoga dunia blogging semakin kondusif ke depannya, dan para blogger bisa tetap memberikan manfaat bagi para netizen sebagai perantara informasi. We're marketing staffs, maka selayaknya juga "bekerja" as a marketing staff.
Meski ngeblog hanya untuk diri sendiri, tapi sebagai blogger, bukankah kita juga harus melakukan content marketing, jika tak mau tertimbun di antara blogger lain yang lebih kinclong?
Makin banyak tuntutan diminta dari seorang blogger sekarang ini, belum lagi semua standar yang diberlakukan jika kita ingin menjadi blogger influencer. Tapi saya berharap, semoga para blogger tetap bisa ngeblog dengan happy.
Karena bukankah itulah yang pertama kali bikin kita ngeblog? Supaya hepi?

Indah: Jujur, ingin blogger di Indonesia tidak terpecah-pecah dalam kelas-kelas atau kasta yang diciptakan sendiri/kelompok. Jadilah blogger yang bisa ada di mana-mana, bergaul dengan siapa saja. Bersatu dalam ukhuwah blogger Indonesia  :)

Aldy: Selektif dalam beberapa hal yang akan ditulis didalam blog, dan memulai memasukan konten video didalam tulisan blog tersebut.

KESIMPULAN
Tahun 2017 akan diwarnai banyak kerja kreatif dan kerja cerdas. Mereka yang fokus memikirkan, mewujudkan dan menyebarkan karya kreatif di blognya sesuai dengan tuntutan jaman, akan mampu melalui tahun 2017 dengan baik.
Sekali lagi terima kasih kepada seluruh nara sumber. Semoga kami (saya dan teman-teman blogger) bisa menggali lebih dalam lagi apa yang telah disampaikan untuk mengantisipasi perkembangan blogging di Indonesia tahun 2017.
Yuk kita sambut tahun 2017 dengan optimis dan senyum yang manis! :D

83 comments:

  1. mari bersatu dlaam ukhuwah blogger :D
    aku dah berusaha minimalis itu desaine tapi ttp aja pengen ada yg lucu2 wkwkj

    ReplyDelete
  2. Baca runut satu-satu sambil diresapi. Memang betul ya, yang akan bersinar adalah bloger yang punya engagement tinggi dengan pembaca, unik, dan punya attitude yang baik juga. Ciri khas harus terus digali. Duh, peer banget buat aku inih, mba Lusi :D

    ReplyDelete
  3. Wohooo..3 artikel dari Mak Lus menghasilkan 3 lembar catatan di bukuku :).
    Semoga nggak cuma berakhir jadi catatan, tapi beneran jadi ilmu yang siap dipraktekkan.
    Jazakillah khayr ya Mak :*

    ReplyDelete
  4. yang jelas tetap konten dan kejujuran terutama blog parenting karena bisa jadi acuan untuk yang lagi butuh saran parenting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, universitas yg nggak pernah tamat tu parenting :))

      Delete
  5. Makasih prediksinya mbak. Harus banyak belajar lagi nih :)

    ReplyDelete
  6. menyimak dengan seksama. mari ngeblog dengan hepi dan optimis :)

    ReplyDelete
  7. Harus lebih giat belajar ngeblog saya, agar bisa bertahanπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    ReplyDelete
  8. Pengen ganyi penampilan blogku ni biar lebih fresh menyambut 2017, cemumuut semoga 2017 blogger lebih kece semuanya aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh dirimu sih udah kece sekece-kecenya blogger :))

      Delete
  9. Masih gaptek bikin videonya itu.
    Semoga saja nggak tenggelam di tahun 2017 nanti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya susah ngalahin konsistennya dirimu mbak :))

      Delete
  10. Itu terjadi juga pada blogger. Satu kali dia "mengiklankan" satu produk dalam blognya. Lalu dalam artikel lain, dia juga mengiklankan kompetitor produk yang sebelumnya diendorse. Blunder nggak tuh, sebagai pembaca? Atau memberi pernyataan yang berbanding terbalik, misalnya.

    Setuju banget sama ucapan mbak Carra yang ini. :)

    Ke depannya, kalau blogger bisa jadi brand ambassador akan lebih baik menurut saya. Keep into one brand and grow with them instead of taking everything.

    Salam

    ReplyDelete
  11. Whooooohhhh, sore-sore dapet artikel bergiziiiiiiii...
    Makasih mbak Lusi sudah menyusunkan artikel sedemikian padat dan nampol.
    Bakal jadi pengingat dan semoga bisa dilaksanakan di tahun baru ini... :)

    ReplyDelete
  12. Keren! Makasih mba, banyak ilmu baru yang didapat. Paling seneng bagian ini, "menjadi fokus itu penting, karena specialty selalu lebih baik". Good post!

    ReplyDelete
  13. Aaahh suka sekali ini tulisannya bikin aku belajar dan mulai bebenah lagi nih buat nulis di blog :)) Thanks you :D

    ReplyDelete
  14. Terima kasih mba artikelnya. Dapat banyak ilmu di sini. Hup hup.. semoga jadi lebih bersemangat menyambut 2017

    ReplyDelete
  15. Makasih mba Lusi yang udah menuliskan ini :) kreatif dan inovatif yaa mba ^^
    Jadi keinget blm bikin plan apa2 buat 2017 πŸ˜…

    ReplyDelete
  16. Makasiih pencerahannya Blogger2 Seniorku.
    Menyimak dan manggut2, semoga bisa banyak lagi belajar menjadi blogger yang bisa menyesuaikan dengan jaman yaaa.

    Udah kebaca prediksi perkembangan blogger sesuai penjelasan diatasn
    Hayu Mak Lusy joged2 menyambut 2017 ojolali tebarkan senyuman nyook

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalok soal perbloggeran, dirimu lebih senior dari aku loh. Aku mau belajar sama kamu ah :)

      Delete
  17. Merasa jadi liliput di negeri raksasa setelah baca artikel ini. Bermanfaat sekali mbak blogpostnya. Review elegan user experience ditambah value yg ditawarkan mungkin yg harus ditelisik secara dalam untuk menghadapi era blogger 2017

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin banyak blogger. Kita semua liliput heheee

      Delete
  18. Noted. Banyak banget yang harus aku benahin di blogku tahun depan.

    ReplyDelete
  19. Menyimak dan mencatat semua pendapat ketiga top influencer ini. Sambil berharap, tahun 2017 dunia blogger lebih banyak senyumnya :)

    ReplyDelete
  20. Insya Allah kalau saya akan tetep fokus di Advertorial Blogger meski isinya dianggap nggak mutu dan sampah karena artikel berisi iklan, tapi No what what lah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah nulis di blog ini, bagaimana blog review yang aku suka. Asal bagus, semua orang butuh. :)

      Delete
  21. Pencerahan akhir tahun yang mantap makk....

    ReplyDelete
  22. Glek! Banyak PR nih...baca pelan-pelan dipelajari, ternyata masih banyak yang harus saya perbaiki. Makasih sharingnya Mbak....barakallah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, mari kita garap bareng PR nya :)

      Delete
  23. persaingan tahun depan makin keras yak kayaknya

    ReplyDelete
  24. Bikin video merupakan evaluasi terbesar untuk saya 😁

    ReplyDelete
  25. jaman make mini DV sering bikin video, saiki iso dimonetize malah males ndemok e haha

    ReplyDelete
  26. Wahh posisiku dimana ya di dunia blogger ini? Jadi merasa banyak yg perlu aku pelajari and benahi, melihat jawaban dr para senior influencer ini :)

    ReplyDelete
  27. Hai Mak Lusi, selama ini saya cm jadi silent reader di sini, maafkan. Saya baca semua prediksi blogging 2017. Makasih untuk pencerahannya, moga bisa lebih rajin lagi ngeblogku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silent reader gpp mbak. Sudah senang ada yg mau berkunjung. Semoga bermanfaat :)

      Delete
  28. Wahh... Banyak ilmu yang diberikan di sini, dan pe-erku banyakkkk banget. Terutama bikin video dan engagement dengan pembaca blog!
    Makasih mbak Lusi atas pencerahannya :)

    ReplyDelete
  29. prediksi blogging yang menurut para ahli blog tersebut diatas yang memang sudah kelas mastah blog Indonesia, diisukung dengan komunitas yang mendunia banget emablogger...patut dijadikan bahan acuan ngblog untuk tahun nih supaya blog saya tetapbertahan...haturnuhun, terimakasih ah pencerahannya

    ReplyDelete
  30. Terima kasih ya mak untuk prediksinya. Udah baca ketiga artikelnya dan semuanya cukup memberi insight positif untuk menyongsong tahun baru. Semoga tahun depan bisa lebih baik lagi. Aamiin. :)

    ReplyDelete
  31. Mencerahkan banget masukan dari para suhu blog ini.
    Cuman praktiknya aja yang keliatannya agak puyeng, hohoho.
    *Tendang Eva ke Venus

    ReplyDelete
  32. bacanya sambil ngeteh...pelan pelan... Bersatu dalam ukhuwah blogger Indonesia

    ReplyDelete
  33. Hihi...mang lembu tetep pada komitmen awal bloger lillahi ta'ala adem sepanjang masa...heee...makasih pencerahanya.

    ReplyDelete
  34. Artikelnya "nonjok" banget.. Masih perlu belajar dengan para narasumber nih untuk mengembangkan blog yang lebih profesional ;)

    ReplyDelete
  35. Waduh, catetin dulu semua satu-satu..
    Banyak banget yang harus diberesin ini mah..

    ReplyDelete
  36. Aduh mbak Carra love banget penjelasannya, lugas, rinci dan nonjok, hihihi. Makasih mbak Lusi artikelnya, lanjut baca artikel prediksi yang lain, :D

    ReplyDelete
  37. Keren mak artikel nya, semoga 2017 semakin banyak kue yang di bagi dan kecipratan kue2 manja yg fenomenal.

    Setuju banget kalo blog yang menawarkan experience dan value yang baik bagi pembaca yg akan bertahan. Dengan keunikan dan jadi diri sendiri itu penting banget

    ReplyDelete
  38. Fokus itu memang dahsyat dan sangat penting sekaliii...

    ReplyDelete
  39. Masih harus banyak belajar nih dr blogger2 senior lainnya. Makasi sharingnya mba

    ReplyDelete
  40. manggut manggut..peer besar untuk saya ngasah kreatifitas plus konten ...semangat !

    ReplyDelete
  41. Udah nentuin niche, tapi masih suka ga fokus ikut2 nulis diluar niche :x beberes lagi deh

    ReplyDelete
  42. Nyimak banget. Kalo nggak mau improove kemampuan diri, bakal tergilas dengan para newbie (eh aku juga tergolong newbie ding hihi)
    PR besar

    ReplyDelete
  43. Mari bersatu dalam ukhuwah blogger Indonesia..*sukak

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.