Wednesday, December 20, 2017

8 Prediksi Blogging 2018: Hasil Terjemahan Dan Sedikit Pendapat

Terhitung mulai pertengahan 2017, saya memutuskan lebih intensif membahas DIY (Do It Yourself) dan Craft. Tapi kali ini saya merasa perlu posting sedikit tentang perbloggingan untuk berbagi informasi dengan teman-teman.

prediksi blogging 2018


Dasar keputusan untuk lebih fokus dengan DIY dan craft adalah karena pengalaman saya di bidang kerajinan cukup banyak untuk dibagi dan belum banyak blog dalam bahasa Indonesia yang membahas kerajinan secara menyeluruh. Apalagi sekarang saya berusaha membuat karya sendiri, tidak sekedar menjual apa yang dihasilkan oleh pengrajin saya.

Untuk mendukung kegiatan saya tersebut, saya telah berguru kepada para crafter berpengalaman dan bergabung ke beberapa komunitas. Saat ini, saya masih memburu workshop yang sesuai agar ketrampilan saya meningkat.

Meski demikian, saya tak lantas mendiamkan pengalaman saya sebagai blogger. Sayang, kan? Saya masih berbagi beberapa tips tapi hanya yang saya jalani sambil fokus ke craft saja, tidak mendalaminya secara teknis. 


Tiap akhir tahun, saya menyisihkan satu atau beberapa artikel yang berhubungan dengan blogging. Tahun lalu saya membuat artikel yang berisi prediksi teman-teman blogger panutan saya. Tahun ini, berhubung akun baru instagram saya @beyouprojects mulai ramai, saya tidak sempat mewawancarai teman-teman. 


Kebetulan pagi tadi ketika membuka twitter, akun @blogelevated dari Amerika yang saya ikuti sedang membuat prediksi blogging untuk tahun 2018. Menurut saya, prediksi mereka berhubungan, bahkan menggambarkan keadaan blogging di Indonesia menjelang akhir tahun 2017 dan akan berlanjut di tahun 2018. Jadi, saya memutuskan untuk menterjemahkannya di blog ini dan menambahi sedikit dengan pendapat saya. Saya berharap terjemahan ini bisa membantu teman-teman dan saya sendiri untuk menentukan arah.

Prediksi dari akun @blogelevated ini berdasarkan sumbangan pemikiran dari para blogger seniornya. Akun tersebut merupakan akun komunitas yang secara rutin memberikan kultwit tentang blogging seminggu sekali.

Berikut prediksi blogging 2018 menurut @blogelevated:

PREDIKSI 1: PENGGUNA INTERNET MEMILIH INFLUENCERS

Para pengguna internet akan lebih memilih influencer yang mereka percayai untuk mengkurasi dan membagi berita-berita yang sedang beredar. Penelitian menunjukkan bahwa makin sulit bagi masyarakat untuk membedakan mana berita yang benar dan mana berita yang palsu atau hoax. Akhirnya, mereka menunggu influencer yang mereka percayai saja untuk membagi berita yang mereka anggap benar.
Kedudukan influencer makin strategis untuk meluruskan berita yang salah. Sayangnya, mereka juga berpengaruh untuk membelokkan opini masyarakat, bahkan mengadu domba. Influencers sudah menyadari hal ini sehingga mereka juga berusaha membentengi diri dengan group, kelompok atau komunitas yang siap membela apapun opini mereka. Yang seperti ini sudah tampak jelas dari pro kontra di twitter dan facebook setiap ada artikel yang dianggap provokatif terhadap kelompok lain. 
Semoga para influencers makin sadar untuk menjauhi provokasi negatif karena apapun yang mereka katakan, perbuat dan tulis, bisa mempengaruhi orang lain. Apalagi biasanya influencer punya akses langsung dengan sumber berita. Ini harus dimanfaatkan dengan baik.

PREDIKSI 2: MAKIN BANYAK SPONSORED POSTS

Peluang sponsored posts ini akan makin terbuka karena brands ingin iklan tentang produknya berada di situs yang sesuai, baik misi maupun target pasarnya. 
Kita bisa lihat sendiri bagaimana ibu-ibu blogger banyak menerima undangan dari brands produk balita, dari mulai susu, diapers, baju, stoller hingga gendongan. Dengan begitu, brands bisa mengontrol dimana saja namanya muncul agar branding produk tersebut terjaga.
Bagi sebuah brand, sebaran iklan sejauh mungkin bukan merupakan satu-satunya tujuan. Mereka ingin iklan tersebut tersebar luas tapi juga terkendali dimana saja boleh muncul sesuai dengan citra produk tersebut. 
Penyebar iklan paling masif yang selama ini dikenal adalah adsense. Masalahnya, seringkali iklan tersebut muncul di situs-situs yang tak terduga, misalnya situs yang sering posting konten hate speech atau asusila. Jika produknya adalah untuk balita, maka akan bertentangan dengan citra yang sedang dibangun.

PREDIKSI 3: BLOGGER MAKIN SERING LIVE

Blogger yang mau berlatih terus-menerus menggunakan kamera mereka akan menonjol di tahun 2018. Akun tersebut juga menyarankan blogger untuk berinvestasi pada lighting yang memadai untuk membuat video yang bagus. Ini adalah kekurangan saya selama ini. Hiks.
Saat ini live video memegang reach tertinggi di facebook. Gambar mati sudah terkesan biasa. Apalagi gambar mati yang kebanyakan edit. Heheheee.... 
Namun reach video story di facebook masih sangat jauh dari harapan dibandingkan post live video. Mungkin karena karakter facebookers Indonesia yang gemar bergerombol di status-status, tidak terlalu eksploratif terhadap facebook story
Saya sendiri sudah membuktikan di perbedaan reach antara foto dan video di instagram. Untuk video, reach-nya sangat cepat naik. Paling top tentu saja video di IG story, dimana reach bisa berlipat-lipat dibandingkan jika video diposting biasa.
Bagi yang masih malu melakukan live video, beberapa followers akun tersebut memberikan tips. Antara lain, buat saja live video di facebook tapi di setting hanya bisa kita lihat sendiri. Seringkali kita tidak bisa mengontrol diri sendiri jika sedang live. Di live video tersebut kita bisa melihatnya dan terus-menerus latihan sampai kita percaya diri dengan hasilnya untuk kemudian dibuka gemboknya. Tips lain adalah dengan menulis apa yang akan kita sampaikan melalui video untuk menghindari blank dan krik-krik.

PREDIKSI 4: LESS IS MORE

Akhir-akhir ini banyak yang saya skip di facebook dan twitter. Kenyataannya, netizen jaman sekarang dibanjiri dengan konten yang berlimpah sehingga tak akan pernah punya waktu cukup untuk scroll artikel baru dalam sehari, apalagi artikel sehari sebelumnya, kecuali artikel tersebut viral atau banyak yang share. Karena itu, jika tujuan kita adalah organic reach, nggak perlu menambahi dengan konten sambil lalu. Kalau blogger Indonesia sih masih aman ya, karena ada teman-teman yang mau blogwalking karena nggak enak hati. Hihihihi....
Jadi bagaimana? Akun tersebut menyarankan untuk hanya posting artikel yang benar-benar berkualitas. Untuk menyiapkan artikel yang berkualitas butuh waktu yang lebih lama dan energi yang lebih besar. Karenanya, tak perlu memaksakan diri untuk posting sebanyak-banyaknya.

PREDIKSI 5: KEMBALINYA KONTEN PANJANG

Akun tersebut menyebutkan bahwa konten yang berisi tulisan yang sangat panjang akan kembali in a big way.
Ini berhubungan dengan prediksi no 4 karena untuk membuat konten berkualitas, kita akan dipaksa untuk riset mendalam. Imbasnya terlihat pada konten yang lebih panjang. Konten panjang dan berkualitas akan membuat pengunjung blog membaca artikel tersebut laksana membaca buku, tuntas dan khidmat.
Lalu bagaimana dengan pernyataan bahwa pembaca internet itu suka speed reading sehingga kita dulu pernah disarankan untuk membuat konten hanya sekitar 400-an kata? Itu juga benar, jika artikel panjang yang kita buat tidak memberikan sesuatu yang mereka cari.
Singkatnya, "Dive, guys! Dive!"
Update: long form content itu 1200 kata atau lebih.

PREDIKSI 6: MENGHADAPI GOOGLE INSTANT ANSWER

Teman-teman pasti sudah tahu google instant answer, kan? Itu lo, yang kalau kita mencari sesuatu lalu google akan menampilkan sebuah kotak berisi rangkumannya. Fitur google ini otomatis akan mengurangi traffic ke blog-blog yang memuat artikel tersebut jika yang dicari tidak perlu penjelasan panjang lebar. Kalau google sudah menampilkan rangkumannya dan si pencari sudah puas, blog kita sebagai sumber rangkuman tersebut tidak mendapat traffic karena si pencari tidak klik link blog kita. Pedih, ya?
Masih ngotot belajar SEO? Faktanya sampai sekarang SEO masih paling membantu mengangkat blog kita di tengah persaingan konten yang makin sadis. Namun, dengan adanya google instant answer ini, akun tersebut menyarankan agar blogger mulai memperbanyak strategi non-SEO.

PREDIKSI 7: BLOGGER MULAI MEMBAYAR SEMUA

Algoritme media sosial makin nganeh-nganehi sekarang ini karena mereka mulai mengedepankan profit. Bagi yang pandai mengutak-atik alogaritma itu mungkin sudah punya cara agar share link artikel blog tetap bisa sebaik dulu. 
Namun, selain alogaritma, persaingan juga menyebabkan blogger menempuh jalan yang punya impak massal dengan mambayar iklan. Jadi, jika blogger mendapat job untuk sponsored post, dia juga harus keluar biaya untuk iklan artikel tersebut. Yaaah iklan berlapis-lapis lah. Heheheee....
Sekarang sudah bukan sesuatu yang asing lagi melihat postingan teman-teman muncul sebagai "sponsored" di facebook atau instagram. Mereka membayar untuk wara-wiri didepan kita seperti itu. Hasilnya diharapkan bisa memuaskan klien. Mengandalkan share biasa? Wuiiih... susah ya mendapatkan perhatian hanya dengan mengandalkan friends atau followers
Sepertinya sebagian besar selebblog sudah melakukannya. Mereka paham bahwa profesionalitas juga butuh modal. Mereka harus mampu memenuhi target yang telah disepakati bersama klien. Tahun depan, jika blogger tidak mau menyisihkan sebagian bayaran untuk iklan seperti itu, link artikelnya bakal cepat tenggelam. Bahkan mungkin langsung tenggelam begitu publish.
Bagian perihnya tentu saja karena harus keluar modal dulu untuk pasang iklan di facebook dan instagram sebelum invoice cair. Jangan-jangan malah sebelum invoice-nya dibuat. Hiks.

PREDIKSI 8: PENTINGNYA SPECIAL EVENTS

Sebagai tanda terima kasih atau mempererat hubungan dengan pembaca, blogger harus mengadakan special events yang disesuaikan dengan keadaan. Yang sering diadakan blogger Indonesia adalah giveaway dan lomba blog. Blogger Indonesia juga menyempatkan kopdar jika ada blogger lain datang ke kotanya atau blogger tersebut datang ke kota blogger lain.
Yang sangat jarang dilakukan adalah blogger mengadakan acara spesial bagi pembaca blognya secara universal, termasuk pembaca umum yang bukan teman sesama blogger. Sepertinya saya baru melihat 3 blogger, yaitu Grace Melia, Nuniek Tirta dan almarhum Cumi Lebay. Butuh modal juga sih ya, untuk mengadakan acara spesial seperti itu. Jika si blogger pandai menjalin hubungan dengan pihak ketiga, mungkin biayanya bisa lebih ringan. 
Special events bisa juga diadakan dengan lebih sederhana, misalnya dirumah dengan mencicipi resep masakan yang pernah ditampilkan di blog. Tapi akun tersebut mengingatkan blogger untuk lebih berhati-hati jika ingin membuka kehidupan pribadi lebih jauh lagi untuk para pembaca. Blogger akan menjadi semacam mini seleb, dimana pembaca ingin tahu lebih banyak tentang blogger tersebut.
Bagi yang belum mampu mentraktir pembaca dan yang tidak mau terganggu kehidupan pribadinya, bisa menggunakan cara lain yang lebih simple, yaitu nyamber di akun medsosnya. Nah, jangan cuma memberi perhatian pada squad masing-masing atau yang mendukung ketika dapat job, tapi perhatikan juga pengunjung blog umum. Cakrawala harus dibuka, nggak cuma sekitar blogger dan buzzer saja.

Menarik, ya? Sebagian prediksi sudah terjadi sekarang dan akan menguat di tahun 2018. Ternyata apa yang terjadi di perbloggingan sana, hampir sama dengan apa yang kita alami di sini. Semoga bermanfaat.

63 comments:

  1. Yang penting keep writting aja heheh saya kalau mikirin itu dan ini suka malah jadi bingung

    ReplyDelete
  2. Menarik banget mba... Makasih sharingnya... Baru ngeh soal google instant answer...

    ReplyDelete
  3. Dunia perbloggingan bergerak secara dinamis ya, mak Lus..harus bisa ngimbangi kalo gak ingin ketinggalan, tapi kok aku masih nyantai begini ya..yo wis rapopo :)

    ReplyDelete
  4. Alogaritmanya Instagram sama Facebook itu Mak Lus yang sering bikin nangiiiis. Kalau jarang posting, bisa-bisa ilang dan nggak dianggep relevan lagi.

    ReplyDelete
  5. Special event..hmmm... kapan hari tiba-tiba ingat, rasanya sudah berabad-abad aku gak bikin GA dan semacamnya. Cari sponsor ah......wkwkwkwk Thanks Mbak Lusi, tulisan ini memang aku tunggu.

    ReplyDelete
  6. Nice sharing mak! Tulisannya jd pencerah ditengah kemalasan aku nulis blog abis lahiran :D

    ReplyDelete
  7. Menurut mba Lusi konten panjang itu masuk dalam berapa kata?

    ReplyDelete
  8. Aseek dapat ilmu baru, intinya hrs mau modal dan tetep mengupdate skill ya Mak. Semoga tahun depan lebih semangat ngeblognya.

    ReplyDelete
  9. tulisannya bagus nih mbak...jd ngelirik tulisanku ...nt tak bikin lebih panjang deh

    ReplyDelete
  10. Terima kasih insight nya mbak. Saya pikir tulisan panjang akan ditinggalkan. Ternyata tidak ya.

    ReplyDelete
  11. Mamak kece satu niy keren abis, selalu inovatif tulisannya.Aku aja ampe manggut2. Dan jadi bertanya ama diri sendiri, masih kah eksis taon depan?

    Yess, semoga jadi mamak milenial kudu apgred trus ya dengan belajar. Google aja apdet trus moso kitah kagak..eeaa isin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebalik dong deh ah you. Aku yg harus belajar banyak padamu.

      Delete
  12. wah kalau aku sih kapan mau nulis ya nulis kalau lagi malas gak maksain tp diusahain setiap minggu blog hrs diisi dan sekali2 di blog komunitas

    ReplyDelete
  13. Ehm...live video ya. Masih malu2 kucing. Tentang iklan berbayar, dari kemarin penasaran dan pengen belajar tapi belum terlaksana juga.

    ReplyDelete
  14. Mak Lus sm Mami Grace memang junjunganku. Makasi prediksinya Maklus yg keceee..

    ReplyDelete
  15. Prediksi yang menarik. Banyak yang di luar dugaan. Fokus akan semakin terpecah ya bila harus menulis dan rekaman..

    ReplyDelete
  16. Special event...mikirnya apakah kalau ngadain GA dgn hadiah sederhana seperti kala itu masih laku dan ada peminatnya gt??

    ReplyDelete
  17. Keren nih prediksinya mba.. aku yang belom bisa itu ya live video.. belum pede ngomong langsung di video :D tapi dari prediksi tersebut membawa angin segar ya buat para blogger Indonesia. Thanks udah share ya mba ^_^

    ReplyDelete
  18. Wah setuju banget dengan prediksi bloggingnya :)
    Noted! Makasi banyak mbak ^^. Kayaknya banyak yang perlu aku perbaiki nih. hihi

    ReplyDelete
  19. menarik banget mba, gak kepikiran sampai kesana. untuk datang ke event blogger saya belum pernah nih karena di daerah kecil tapi udah niat ngumpulin uang mau ke event blogger luar kota sekalipun. Nambah ilmu, nambah jaringan, sekalian me time *curcol.

    Setuju banget sama konten yang panjang, bikin mau nggak mau riset lebih jauh. Syemangat selaluuu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah dirimu bisa berkembang dg kelebihan yg ada padamu ya. Be unique :))

      Delete
  20. Waaaa Mba Lus trimakasiii banyak ya udah nulis ini. Aku jadi ada gambaran blogku mau diapain lagi 2018 nanti.. :) Semangaaat menyambut tahun baruuu.. :D

    ReplyDelete
  21. Artikel saduran yang keren dan layak dibagikan

    ReplyDelete
  22. Aku baru tahu Google Instant Answer. Aku kudet mulu. Makasih Mbak Lus 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhehehee mungkin sudah lihat tiap hari hanya nggak tau namanya

      Delete
  23. Konten panjang, ya seperti aku diary biasanya panjang..hehe
    Yang jelas tetap semangat nulis ya..

    ReplyDelete
  24. Tahun lalu saya pun belajar dari tulisan prediksinya Mba Lusi. Begitupun untuk persiapan tahun depan. Iyess... yang nomer 1, kejujuran harus saya kedepankan. Jangan sampe karena uang di satu project lantas blog saya dicap "tukang ngibul." Beberapa kali nolak job yang saya sendiri belum pernah gunakan atau berbentangan dg hati.

    Mengenai live dan video, wah iya ini mesti ditelatenin lagi ya. Konten panjang dan pastinya berkualitas ya. Saya kalau memang materinya banyak ya memang mesti nulis maksimal semuanya. Nggak perlu saya mikir, "Ntar orang lain mau baca nggak kalau banyak?" Ternyata tahun depan pun kualitas konten lengkap akan makin terlihat ya.

    Investasi ngeblog memang mesti dipikirkan sih, mulai dari kamera dan tekhnik foto (yang bikin udah nggak perlu ngedit lagi) dan segala macem.

    Anyway makasih banyak Mba Lusi. Moga tahun depan blog saya jadi lebih baik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Terima kasih masih mau berkunjung. Semoga tahun depan blognya lebih baik. Aamin.

      Delete
  25. Makin bnyk yang harus dipelajari ya mba..klo nggak mau disebut blogger ketinggalan...2018 semoga lbh baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar terus menerus & bareng2 ya mbak :)

      Delete
  26. Aku pengen bljr edit video mba..

    Yang pasti makin ke sono..tantangan blogger lebih banyak ya mba.

    ReplyDelete
  27. Faktanya sampai sekarang SEO masih paling membantu mengangkat blog kita di tengah persaingan konten yang makin sadis.. <--------- suka banget sama tulisan yg ini ,,,
    sungguh terlalu memang kalo dipikirkan .... kadang mikir ada yg baca ngga yah konten saya udah cepek2 nulis gitu hehehehheheehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah selalu ada yang baca. Cuma jumlahnya itu....

      Delete
  28. Duduk manis melihat kehebohan dunai perbloggingan mbaa...aku masih sangat tradisional kayaknya, karena menuruti hati sendiri hehehe. Seneng banget kalau tulisan bermanfaat atau ada yang berminat pasang iklan..otherwise, I am happy for pouring my heart out in my blog atau sekedar taruh foto souvenir jalan-jalan atau saling tukar link dengan teman-teman yang mstly sudah established di sini hehehe. Berat tuntutan jadi blogger jaman now ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan berubah mbak, blogmu sudah keren, jadi kepanjangan mataku & mata teman2 dalam melihat dunia.

      Delete
  29. Baca sambil ngangguk-ngangguk. Makasih sharing nya Mbak :)

    ReplyDelete
  30. Aku nyureng (bahasa apa, ki?) baca #4, #5, #6 terutama nomor 6. Udah berulang baca, masih ngga ngerti. Overall, agak ngeri-ngeri asoy juga baca prediksi no. 8 secara aku termasuk yg mengedepankan privacy. BTW, template ganti lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp mbak nggak ngerti, yg penting keren terus hehehe

      Delete
  31. Artikel yang selalu ditunggu tiap tahun dari Mbak Lus 😍😍😍

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.