Monday, February 08, 2016

3 Blog Teman Beyourselfwoman Dengan Foto Paling Menawan

Siapa sih blog teman beyourselfwoman dengan foto-foto paling menawan?


Sebelumnya saya minta maaf, bukan bermaksud mengatakan bahwa foto teman-teman lain kurang menawan, hanya saja blog-blog dengan foto paling menawan ini saya pilih karena begitu kuat identifikasinya dengan sang pemilik. Judulnya "teman beyourselfwoman" berarti hanya diambil dari teman-teman yang blogwalking ke kesini saja.
Blogger yang bisa photography sudah banyak, didukung dengan kamera tercanggih. Namun mempresentasikannya dalam sebuah blog, lain perkara. Meski penguasaan tekniknya tinggi, tapi ibarat makanan, kadang yang menggunakan bumbu sederhana justru terasa enak. Lagipula saya tak paham photography, sehingga yang menurut saya bagus benar-benar karena apa kata mata polos saya.

Bagi saya, foto adalah komponen blog yang sangat penting. 

Foto yang bagus membuat saya betah berlama-lama di page tersebut. Sayangnya, tak semua konsisten memproduksi foto yang bagus. Karena kesibukan aktivitas lain dan demi update rutin, foto sering kali diabaikan. Seperti blog saya ini, yang baru bongkar-bongkar koleksi foto ketika ikut lomba. Ups!
Berapa banyak foto bagus yang harus menghiasi sebuah postingan? Bagi saya, satu saja sudah cukup tapi harus benar-benar "megang". Apalagi kalau jumlah fotonya banyak, pastilah pemiliknya sangat pemurah. Sayangnya, belakangan makin banyak yang menggunakan foto gratisan. Foto gratisan di website dengan foto-foto CO0 (Common Creative Zero) licence membuat tampilan blog terlihat profesional karena meski gratisan, foto-foto tersebut berkualitas. Tapi jadinya makin susah melihat foto-foto bagus hasil karya sendiri diluar lomba.

Baca juga: Hemat Waktu Online Dengan Satu Foto

Ada beberapa alasan teman-teman enggan menggunakan foto sendiri yang bagus jika tidak sedang lomba:
  • Foto sebagus apapun tetap butuh editing, minimal untuk resize, sehingga teman-teman yang sibuk tidak punya banyak waktu untuk utak atik foto sebentar.
  • Dicopas tanpa ijin. Foto di blog beyourselfwoman ini juga pernah muncul di sebuah media online tanpa menyebutkan sumbernya dari sini.
  • Mengirit memory space / bandwith sedangkan dia harus mengejar jumlah artikel sehingga tak mungkin tiap artikel boros foto.
  • Supaya loading blog tidak lambat.
  • Males.

Jadi, foto di blog seperti apa yang bagus menurut mata awam saya?


ellys-utami.blogspot.co.id


Sudah lama tidak berkomunikasi dengan perempuan yang tinggal di Mesir ini. Entah apakah beliau masih tinggal disana atau tidak. Elly tidak begitu aktif di media sosial sehingga saya sering lupa untuk menanyakan kabarnya, meski sesekali masih melihat kelebatnya mengikuti aktivitas yang berhubungan dengan photography. Bahkan sepertinya saya melihat beliau memenangkan suatu challenge
Tentu saja perjalanan hingga jauh ke luar negeri dan tinggal disana memberikan Elly banyak obyek foto yang bisa dibagikan. Apalagi Mesir, dimana begitu banyak pemandangan gurun dan peninggalan bersejarah yang menakjubkan. Tapi Elly tidak sekedar mengandalkan obyek yang sudah cantik itu. Elly menangkap hal-hal unik dan aneh tapi tetap dengan foto bagus, sekalipun yang ditangkapnya adalah orang yang sedang berantem karena tabrakan. Salut dengan ketenangannya mengambil gambar dalam berbagai suasana, terutama di keramaian.
Kepekaan menangkap hal-hal yang unik dan aneh ini tidak dimiliki oleh semua orang meski memiliki teknik photography yang tinggi. Itu sebabnya foto-foto Elly menawan.

diarysivika.com


Saya kenal Vika di sebuah event otomotif di Jakarta. Kami sama-sama berasal dari daerah yang diundang secara khusus disana. Vika seolah keluar from no where karena sebelumnya saya tak pernah mendengar namanya dan tak pernah mengunjungi blognya. Vika lebih suka bergaul melalui blog karena saya sering melihat jejaknya di blog teman-teman ketika saya blogwalking daripada di media sosial meskipun bukan berarti tak aktif di media sosial.
Penyuka traveling ini sering menang lomba blog, namun postingan yang paling saya sukai adalah tentang cerita jalan-jalan mandirinya. Ceritanya seringkali bikin geleng-geleng kepala karena seru dan berani. Berani yang lucu, sih.
Foto-foto Vika menawan bukan hanya karena bagus dan besar-besar tapi juga karena menggambarkan perjalanan itu sendiri. Vika seolah bercerita melalui foto. Kita bisa ikut melihat apa yang dilihatnya, dengan kualitas gambar yang jelas.

pungkyprayitno.com


Kalau Pungky sudah kenal semua dong ya? Seleb blog generasi baru ini banyak penggemarnya. Blog Pungky sendiri juga banyak memberikan tutorial photography, stop motion, timelapse dan segala macam yang kekinian. Jadi, sudah pasti dong foto-fotonya bagus? Tunggu dulu!
Yang saya sukai dari foto-foto Pungky, baik yang di blog maupun di instagram adalah sudut pandang kameranya yang tidak biasa. Misalnya foto Pungky di sebuah pantai di Selayar. Pantai itu sangat cantik. Orang biasa seperti saya pasti pengin menjadi bagian dari foto itu. Lalu bagaimanapun caranya saya harus menjadi bintang dari foto cantik tersebut. Tapi Pungky tidak begitu. Pungky membiarkan pantai tersebut tetap menjadi bintangnya. Dia hanya mengambil sedikit porsi untuk menandakan keberadaaanya.

Photography juga mengenal trend, namun orang-orang dengan bakat khusus selalu bisa menghasilkan karya yang berbeda meskipun berdasarkan trend yang sama. Mereka selalu punya ciri khas yang kuat, yang membuat kita ingat siapa mereka hanya dari fotonya saja. Begitu pula foto di blog, yang jika bisa memberikan impresi kuat akan membuat pengunjungnya selalu ingat akan blog tersebut.

57 comments:

  1. Kalo aku sekarang ini kemana2 selalu bawa kamera utk mengabadikan moment.. Kalo ada moment menarik yg pas buat difoto langsung deh diambil.. Minimal ngambil foto pake handphone juga.. Rasanya garing kalo artikel yg kita tulis di blog tanpa foto.. Aku lebih suka pakai foto sendiri utk di blog..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, ada yang kurang kalau nggak ada foto ya :)

      Delete
    2. Dari ke 3 nya cuma tau pungky aja aku. Foto2nya emang bagus2 semua dan fotonya bercerita.

      Delete
  2. Saya awam banget soal fotografi. Jadi liat foto2 di atas juga bagus banget menurut saya. Juga foto temen2 blogger yg lain. Kurang bisa bedain mana foto bagus dan sebaliknya :D

    ReplyDelete
  3. saya sepertinya harus belajar lebih memaksimalkan fungsi smartphone nih biar dapat foto yg bagus walo pake smartphone :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smartphone sekarang resolusinya udah bagus

      Delete
  4. mba Vika sma mba pungky ini bikin saya "pengen beli kamera mirrorless" kalau main ke blog mereka hahahaha

    ReplyDelete
  5. Foto-fotonya Pungky tuh, kekinian banget, mak. So far aku sekarang juga lebih memerhatikan visual foto buat tulisan di blog, biar kontennya lebih hidup :)

    ReplyDelete
  6. Wahhhh... makasih mak Lusi. Jadi tersanjung hehehe.. Saya masih di Kairo koq mak.

    Belakangan saya emang agak jarang nongol di FB.. lebih sering ngeksis di instagram [amie76]. Jangan2 saya belum follow IGnya mak Lusi nih..

    Blog juga lemot banget update-nya hehehe.. Banyak nyantol di draft hihihi.. Sekali lagi makasih pujiannya mak Lusi. Mudah2an jadi nambah semangat buat ngisi blog..

    Salam dari Kairo.... 😊

    ReplyDelete
  7. Sama mbak. Saya juga suka dengan foto-foto di blognya mbak Pungky. Kelihatannya bersih dan momennya dapat banget ^_^

    ReplyDelete
  8. Mba Lusi saya hadiiiir :D

    Saya masih apalah-apalah masih susah cari angel yang unik dan kekinian :D Eh, saya juga mengagumi tulisan mba Lusi kalo ikut lomba sering banget nyantol dan tulisannya mengalir hihihi

    ReplyDelete
  9. Salam kenal buat Mak @Ellys, saudara-an ya sama tu martabak Hahaahaha...
    Ya, mak Lusi, setuju sama 2 jagoan lainnya, postingan plus foto mereka super nendaaang.
    Khas, unik dan meninggalkan kesan
    Kita jadi "nyandu" yaak, ;)

    ReplyDelete
  10. smoga suatu saat daku bs ngasilin foto2 yg cakep2 sperti mereka, amiinn...
    jd skrg bljr dlu kali yak di blog mereka
    tengkiu infonya mbak lusi

    ReplyDelete
  11. Udah sowan ke blog nya mba elly, fotonya memang cantik cantik, langitnya masih biru..

    ReplyDelete
  12. mak pungky...iyaaa...fotonya gimana ya, unik gitu.

    ReplyDelete
  13. tampilan visual yang menarik akan mudah menarik mata untuk membaca sebuah blog. Fotonya Pungky emang kece, belajar motret di mana sih tu anak?. Mupeeeng

    ReplyDelete
  14. aKU KENALnya cuman kak pungky doang
    tapi lumayan jadi tau blog kece, cusss ah bw kesana hahaha

    ReplyDelete
  15. akkk aku angkat tangan deh kalau soal motret mba, kudu belajar banyaak..beneran suka deh foto2 ketiga blogger kece ini, pungky itu beneran mata fotografer banget, bisaan yaaa..nangkap momen...

    ReplyDelete
  16. Iya, sekarang blog dg kualitas foto yg bagus jadi punya semacam 'taringnya' sendiri :)

    ReplyDelete
  17. akupun masih hrs banyak bljr kalo soal memotret.. baru2 ini aja beli dslr utk jd kawan baru traveling ;) biar foto2 perjalanan jd makin oke :D

    ReplyDelete
  18. aku mau belajar potografi blm jadi2. tp seneng kalo liat foto yg kece2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Praktek aja yg banyak, coba2. *hahaa sendirinya jg blm pandai

      Delete
  19. Aku jg suka foto2nya vika..keren memang

    ReplyDelete
  20. wahhh...tiga2nya keren2 fotonya. mampir dulu ke blognya ahh

    ReplyDelete
  21. Bagus yah mba, bercerita fotonyaa.. Kalo utk blog juga suka foto sendiri, random sama canva aj. Seketemu waktunya kadang kejar2an sama jam tidur anak, antara mau foto dan nulis baca apa bw hihii jadi banyaaak kerjaan emak2 selain rumah, seru

    ReplyDelete
  22. info yg menarik.. suka lihat foto-foto yg menawan..

    ReplyDelete
  23. Jadi ngiri kalo liat postingan blog dengan foto2 yang keren...

    ReplyDelete
  24. Ngeblog itu membuat kita belajar bamyak. Gak melulu soal tulisan.Awal ngeblog saya sampai dibuat mblenger baca artikel tentang ngeblog. Duh, susah amat. Seiring waktu mulai menikmati, dan..tetap susah juga..hihihi. Lah, belum bisa mengahsilkan foto yang bagus.

    ReplyDelete
  25. Cuma kenal blog adik pungky doang, dan memang kereenn

    ReplyDelete
  26. Saya jarang majang foto sendiri mbak Lusi. Harus lebih banyak belajar tentang fotografi ni meskipun hanya pakai kamera HP yang sederhana :)

    ReplyDelete
  27. Gambar yg menarik emang bikin pengunjung betah Mak Lus

    ReplyDelete
  28. iya tuh, foto gratisan gak banget deh. kalau aku pakai foto yang ku shoot sendiri, terbukti ada watermark nya beautyasti1 hehehe.. btw kalau aku lumayan blogwalking ke mba pungkyprayitno sih.. foto foto nya lumayan bagus.

    ReplyDelete
  29. Kayaknya lebih sering ke blognya Mak Pungky, ke blognya Mbak Vika juga kayaknya pernah sesekali.. Cuss ah.. main dulu ^^

    ReplyDelete
  30. Hehehehe kalo gak kepepet (banget), aku pantang pake foto orang (sekalipun CC0) untuk blog post. Enggak greget aja gitu..

    Jadi bagus gak bagus, aku pasti produksi foto dulu sebelum nulis. Eh ya ampun ditulis di sini.. kan jadi pengin nutup muka pake panci saking geernya. Bhahahaha :')

    ReplyDelete
  31. Yang aku tau cuma mba Pungky aja heheh, potonya emang seger2 diliatnya..
    Kalo saya kebanyakan foto blog pake kamera hape, edit pun crop-resize-brighten hehe, belum jago fotografi :D

    ReplyDelete
  32. yaaah sya sih masih mimpi bisa punya dan produce foto sendiri. Maklum gak py modal kamera bagus dan hape yang support :)

    ReplyDelete
  33. Blog post tanpa foto kayaknya hambar ya mak heheheh selama ini masih gunain dari gugel hikz tapi saya konsisten pakai foto dari teman, jadi foto yang saya pakai di blog gak dia publish di socmed, berasa limited hihihih biasanya fotonya dipakai untuk image fiksi sih :D
    Foto sendiri seringnya foto makanan hahahahah :D

    Makin sering latihan, makin pintar kita bisa nyari angle yang bagus untuk foto..

    2 blog di atas belum pernah bw, sama mak pungky suka baca tutorialnya dan emang fotonya bagus-bagus

    ReplyDelete
  34. Selalu suka dengan foto-foto di blognya Pungky. Cakeeep. Yang dua lagi belom tahu. Wajib bewe nih...

    ReplyDelete
  35. Fotonya bagus-bagus ya. Aku taunya cuma Pungky sih dan suka sama foto2nya.

    ReplyDelete
  36. keyeeen -keyeeeen memang fotonya mbak :)

    ReplyDelete
  37. harus belajar nih cara moto yang bagus sama salah satu temannya beyourselfwoman :)

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.