Wednesday, February 03, 2016

Membuat A Killer "About Me" Di Blog

Semalam saya menghapus page "About Me" lama dan membuat a killer one. 

Hasilnya tentu saja belum kelihatan karena baru dibikin semalam. Tapi saya pengin banget berbagi ke teman-teman caranya, yang saya dapat dari kultwit Blog Elevated, sebuah penyelenggara acara konferensi blogger di Amerika, yang bertujuan untuk membantu kemajuan blogger ke tingkat yang lebih baik. Jelang acara konferensi tersebut, mereka sering membuat kultwit tentang cara-cara memperbaiki performa blog. Cara mereka memperbaiki blog lebih sesuai buat saya yang sering pusing dengan angka-angka statistik. Tapi entahlah, mungkin saja karena materinya belum sampai sana. Yuk, buka laptop dan belajar bareng.

Page "About Me" tidak pernah saya lewatkan ketika pertama kali berkunjung ke blog teman-teman. 

Saya suka follow blog personal tanpa diminta. Syaratnya cuma bisa meyakinkan saya bahwa blog tersebut milik real people. Ini dikarenakan saya sudah muak dengan blog yang isinya copasan atau asal-asalan. Kalau pemiliknya jelas, setidaknya dia akan bertanggung jawab. Banyak komentator di blog ini yang meninggalkan jejak, tapi ketika saya datangi ternyata pemiliknya tidak jelas. Beberapa yang blog-nya tidak saya follow gara-gara "About Me" ini adalah karena:
  • "About Me" tidak ada.
  • Tidak menjelaskan pemilik blog meski menjelaskan isi blognya.
  • Ngelantur. Misalnya: Aku seorang wanita biasa yang mempunyai sejuta mimpi. Memang puitis, tapi nggak penting karena saya tetap tidak tahu siapa dia.
Sementara, blog saya sendiri sudah beberapa kali berganti isi "About Me". Agensi di Indonesia masih banyak yang mencari partner melalui networking, forum atau portal publishers, belum banyak yang searching sendiri. Jadi entahlah apakah ada gunanya membuat "About Me" like a pro, tapi tak ada salahnya dicoba supaya lambat laun tampilan blog bagus.

Yuk, coba kita ikuti saran Blog Elevated. 

Beberapa saya ubah-suaikan kata-katanya ketika saya berusaha memahaminya.

1. TULISKAN IDENTITAS
Seperti yang saya sebutkan diatas, banyak yang lupa menyebutkan nama. Meskipun nama blog juga merupakan nama sendiri, tapi penting untuk menegaskan dalam "About Me", siapa dibalik blog tersebut. Kadang teman-teman komunitas atau yang sering blogwalking ke blog kita membuat kita lupa bahwa blog bisa diakses semua orang, bukan teman-teman kita saja. Teman-teman kita tentu tahu siapa kita, tapi orang-orang yang nyasar atau sengaja search dengan keyword tertentu tak tahu menahu siapa kita.
Kemarin saya membaca dua artikel tentang oversharing di internet. Semakin maju dunia internet, semakin orang paham betapa bahayanya keterbukaan. Banyak orang yang mulai tak nyaman membuka identitas diri didunia maya, termasuk di blog. Karenanya tak apa-apa menggunakan nama samaran. Para penulis juga banyak yang menggunakan nama samaran, bukan? Seperti Hoeda Manis yang misterius itu. Atau bisa juga menggunakan nama panggilan.
Disarankan pula untuk mencantumkan kota domisili karena berhubungan dengan event. Jangan mencantumkan alamat persis tentu saja. 

2. APA YANG BISA DIBERIKAN KE PEMBACA
Tentukan apa yang bisa teman-teman berikan pada pembaca. Sering kita mengira "About Me" adalah tentang kita, sayangnya pembaca tidak melihatnya demikian, karena kita bukanlah seleb atau artis. Tak penting bagi pembaca kita lagi ngapain hari ini. Mereka mencari apa yang bermanfaat bagi mereka di blog kita. Tapi kalau teman-teman tidak peduli dengan kenyataan ini, ya nggak apa-apa kalau blog ditujukan untuk kepuasan diri sendiri. Ngeblog itu bebas. Informasi yang saya teruskan ini adalah bagi mereka yang ingin memberikan nilai lebih bagi blognya saja.
Be detail! Jadi tidak cuma menentukan niche blognya apa. Misalnya niche foodblogger itu kan macam-macam bentuknya. Tentukan apa yang bisa ditawarkan dari food blog tersebut, yang membedakannya dengan blog-blog makanan lainnya. Contoh dapurngebut.com punya mbak Inna Riana yang menawarkan resep-resep kilat buat para emak yang riweuh dengan berbagai urusan seperti dirinya. Dengan resep-resepnya, ibu-ibu tak perlu berlama-lama di dapur dan bisa mengerjakan tugas lainnya.
Bagian ini sangat penting untuk mengikat pembaca baru. Jangan menulis "About Me" alakadarnya.

3. STORY TELLING INFORMATION
Sebagai blogger, passion kita jelas bercerita. Apapun yang kita alami, dengar atau lihat, kita ceritakan di blog. Bahkan ketika menulis rangkuman kultwit ini, saya sedang bercerita, bukan hanya menyodorkan poin-poinnya saja, melainkan menceritakan kembali kultwit yang saya simak. Begitu pula ketika kita mengerjakan job review, klien mengharapkan kita membuat artikel soft selling agar dekat pembaca.
"About Me" adalah one shot opportunity untuk menarik perhatian pembaca baru atau agensi. Karenanya beri cerita menarik dibalik blog kita sesuai dengan yang telah kita tetapkan di no.2 diatas. Misalnya, jika blog kita adalah tentang traveling, bisa kita ceritakan apa yang kita sukai dari traveling, apa harapan yang ingin kita dapatkan dari traveling, pengalaman terunik apa yang didapat selama traveling, dan sebagainya. "About Me" di blog nurulnoe.com bisa dijadikan contoh.
Bercerita itu bukan berarti menulis thok, ya. Nah, yang suka membuat ilustrasi juga bisa menjadikannya sarana untuk bercerita. Karena blog itu personal, jangan coba-coba keluar dari diri kita terlalu jauh, karena kita tidak akan bisa menikmatinya dan pembaca juga tak bisa menangkap gregetnya. Misalnya, jika kita terbiasa berkomunikasi dengan bahasa ngocol, tak perlulah kita tiba-tiba menggunakan bahasa baku. Bukan itu yang dicari orang atau brand. Make yourself stand out!

4. PERTAHANKAN PEMBACA SELAMA MUNGKIN
Sama seperti ketika membuat postingan artikel, kita maunya pembaca muter-muter di blog kita selama mungkin. Ada dua cara yang bisa dilakukan:
Pertama, buat link ke artikel-artikel yang mendukung no. 2 dan 3 tadi. Ingat, link-nya "open in a new window", supaya page tersebut tidak tertutup dan pembaca masih bisa bolak-balik untuk klik link lainnya. Misalnya, kita cerita pengalaman paling berharga yang menginspirasi kita dalam membuat blog, maka buat link ke artikel ke pengalaman yang di maksud. Begitu juga ketika cerita tentang prestasi, harapan, dan sebagainya.
Kedua, buat sesuatu agar orang bisa terus berhubungan dengan kita ketika meninggalkan blog kita. Misalnya dengan tawaran berlangganan newsletter dan mencantumkan akun-akun sosial media.

5. CARI FEEDBACK
Setelah "About Me" selesai, cari feedback ke teman-teman dekat. Syukur kalau punya teman orang PR (Public Relations) atau agensi sehingga bisa mendapatkan saran dari profesional. Kalau blogger Indonesia suka membuat giveaway, kan? Tak ada salahnya juga membuat giveaway dengan meminta pembaca mengomentasi halaman tersebut. Tapi kalau mau fokus dan mendapatkan sebenar-benarnya feedback, mendingan ke teman dekat saja. Biar jelas plus minusnya.

6. UBAH URL
Saya barutahu kalau mengubah url page "About Me" ini bisa berpengaruh dalam pencarian. Siapa tahu ada brand atau agensi yang mencoba mencari blogger sendiri dengan search google.
Dahulu url page saya tersebut adalah www.beyourselfwoman.com/p/about-me.html.
Sekarang url page saya berubah menjadi http://www.beyourselfwoman.com/p/beyourselfwoman-jogja-lifestyle-blogger.html.
Prinsipnya agar jika ada yang mencari lifestyle blogger dari Jogja, ketemulah blog beyourselfwoman.
Cara mengubah url page "About Me" di platform blogger atau blogspot adalah sebagai berikut:

  • Buka dashboard
  • Klik "pages"
  • Klik "new page"
  • Isi "page title". "Page title" inilah yang akan menjadi url, jadi pikirkan dalam hal apa teman-teman ingin ditemukan.
  • Isi kolom konten sekedarnya, hanya untuk memastikan url-nya nanti sudah sesuai atau belum. Jika sudah sesuai, barulah diisi dengan benar. Misalnya, ketik saja "abcde".
  • Klik "save"
  • Klik "close"
  • Klik "pages"
  • Klik "edit" dibawah page yang barusaja kita buat draftnya tadi.
  • Klik "publish"
  • Klik "view" untuk melihat apakah url-nya sudah seperti yang kita inginkan.
  • Jika sudah, edit page tersebut dengan mengubah "page title" jadi "About Me"
  • Nah sekarang url-nya sudah seperti yang teman-teman inginkan atau sudah seperti punya saya, tapi tampilan di blog-nya tetap "About Me".
  • Lanjut deh dengan mengisi konten page tersebut dengan langkah no 1 sampai no 5 diatas.
Ayo kita coba. Untuk page "About Me" saya, belum sepenuhnya saya sesuaikan dengan saran tersebut. Baru saya kerjakan no 1, 2 dan 5. Makanya saya ambil contoh blog-blog teman-teman saya yang sudah sesuai. Terima kasih ya. Insya Allah hari ini saya koreksi. Kalau teman-teman pengin lihat yang udah beres dan bagus, lihat "About Me" milik Inayah di blog www.innnayah.com.

Source: http://www.blogelevated.com/how-to-write-an-about-me-page/

68 comments:

  1. Allhamdulillah, dapat ilmu baru, saya praktekin yaa mak :)

    ReplyDelete
  2. Kayaknya aku juga harus memperbaiki "about Me" di blog ku nih mbak ... hehhehhee
    Thanks infonya ya

    ReplyDelete
  3. Hwaaa dicawel mba Lusiii itu bikin aku pengin joget jogett uwuuuw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa kamu hebat udah praktek duluan, aku mah lemot

      Delete
  4. PR saya nih mak bikin page about me, ga jd2 mulu :D

    ReplyDelete
  5. aduh about me, bingung mo nulis apa di blogku,karena blogku gado2

    ReplyDelete
  6. Makasih ilmunya MakLus...aku about me nya udah kayak gitu blm ya? Kayaknya domisili belom, padahal jauh di antah barantah, hahaha..sama ngasih link juga belom *banyak amat belomnya* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih area aja bisa lo, misalnya Kalimantan

      Delete
  7. Waah, makasih saran nya mba, aku mau ubah URL nya deh, selama ini ngga aware sama yg kayak gitu. hihi

    ReplyDelete
  8. thanks info nya mbak...saya perlu mengubah about me juga nih :D

    ReplyDelete
  9. About me punyaku dari zaman dulu belum berubah, menarik sekali killer about me.
    Makasih sharenya mb Lus.

    ReplyDelete
  10. Makasih dapet ilmu baru mak Lus. Nggak papa ya tetep nulis dengan bahasa ngocol ya Mak Lus? Langsung bikin about me ahh

    ReplyDelete
  11. waaa alhamdulillah dapet ilmu baru lagiiii, jadi harus diperbaiki si "about me"-nya

    ReplyDelete
  12. punya saya gimana mbak? eh.

    punya saya dipecah jadi dua: about me dan about this blog. soalnya pas bikin dalam satu draft kok fokusnya jadi hilang. ya sudahlah dipecah saja jadi dua. nggak tahu juga efeknya bagus atau kurang.

    oya mbak, itu bikin open in new window gimana ya?

    ReplyDelete
  13. aku belum punya about me. masih bingung mendeskripsikan diri sendiri dan blog, wkwkwkwkw...

    ReplyDelete
  14. wah, aku jadi tengok-tengok lagi page about me. makasih banget mak buat tipsnya. Langsung di perbaiki biar main cetar :)

    ReplyDelete
  15. Waah nice share banget ini... memang about me itu penting menurutq. Aq juga selalu cek about me utk pertama kali bw.

    ReplyDelete
  16. waduh saya belum ada ini mbak...
    kalau saya sih cuma isi kontak saja, siapa tahu ada yang mau pasang iklan besar bisa direspon dengan mudah.. hehehehe...

    ReplyDelete
  17. About me ku huge fans of ultraman hahahahhaa *berasa digampar* xD

    ReplyDelete
  18. Aq malah lupa apa aja yg kutulis di about me di blog #buru2 ngecek

    ReplyDelete
  19. Langsung praktekkan, baca sambil buka dashboard, thanks mak

    ReplyDelete
  20. Semakin mencerahkan, langsung edit-edit

    ReplyDelete
  21. makasih tipsnya mak, wah harus bebenah saya

    ReplyDelete
  22. Pertama x bikin about me bingung mo nulis apa. Masih merasa ga pantes dan ga pede menyebut diri traveler tapi memang tujuan blog aku dibuat memang jd panduan traveling bersama anak. Sepertinya harus mulai pede dan bebenah blog ni. Makasih ilmunya mak
    Cuuzz langsung benerin about me blog aku

    ReplyDelete
  23. Aq nyoba ah bikin about me yg menjual :)

    ReplyDelete
  24. jadi pengen ngerubah isi .... about me...

    ReplyDelete
  25. dulu pernah bikin about me di omahantik tapi terlanjur udah kehapus....hiiks

    ReplyDelete
  26. about me punyaku masih nggandul di bio google plus. Belum bikin di laman baru. Mau bikin tab tapi bingung mau ditulis apa aja tabnya. Hahahaduuuuh

    ReplyDelete
  27. ngaku deh, about me nggak kuapa2in.., karena tadinya masih mau jadi blogger ngumpet aja he..he...
    ntar deh dicoba2 dibenerin
    trims ya mbak

    ReplyDelete
  28. nendang banget nih..diriku HM Zwan xixixixi. Karena nama pasaran banget dari sekolah dulu,akhirnya pada manggil HM xixixixi..jadilah kayak hoeda manis hehehe
    makasih mak sharingnya^^

    ReplyDelete
  29. Komplit deh...ilmu baru, harus dicoba satu2 :)

    ReplyDelete
  30. makasih namaku disebut mak Lusi.
    waawh ilmunya penting banget nih. baru tahu soal url sendiri. mau bikin ah.
    etapi agak minder, prestasiku seuprit :p

    ReplyDelete
  31. Maaaak... Ini passs banget buat saya yang belum ngisi halaman about me. Gubrak. Padahal udah ada yang komen dan belum saya isi. Masih bingung ngisi apaan. Thanks ya Mak share-nya :-)

    ReplyDelete
  32. Kayaknya lebih enak menjelaskan apa yg ditawarkan di blog ketika kita punya niche blog ya mak.
    Klo blog gado2 kumaha ya?
    Blog sy kategorinya apa ya?
    Sy ganti judul page about me jd about mom.
    Krn blog sya awalnya Mom of Trio's World gt.
    Nantk coba diutak atik lagi deh

    ReplyDelete
  33. he eh nih aku masih bingung niche blog maish gado-gado mak,suka smeua ditulis

    ReplyDelete
  34. Aku beberapa kali ganti ini dibagian about me. Baca tulisan ini, rasanya perlu bebenah lagi. Mbak... dirimu sarapan apa sik, kok ide nulisnya keceh gini?

    ReplyDelete
  35. terimakasih ilmunya, kunjung balik mba he

    ReplyDelete
  36. Makasih ilmunya Mbak Lus, aku juga mau perbaiki about me ah. Peluk peluk

    ReplyDelete
  37. Wohohoo... Makasih pencerahannya, Mak.
    blogku masih pake widget about me dari G+ aja hihii
    baiklah, jadi inspirasi buat ngulik page about me.

    ReplyDelete
  38. About Me itu semacam profile kita ya Mab? Aku juga suka baca about me dari blog yang aku kunjungi.. pengen tahu latar belakangnya..

    ReplyDelete
  39. boleh juga itu tipnya. Kayaknya saya mau ikutan ubah URLnya. Tapi apa, ya? *mikir dulu :D*

    ReplyDelete
  40. wah baru tahu about me jadi url gitu di coba akh

    ReplyDelete
  41. Makasih Mbak, ilmunya. Saya gak pke about me, coba sy timbang2 lagi. :)

    ReplyDelete
  42. Ah. Aku belum bikin about me di blog baruku itu. :(

    ReplyDelete
  43. Keren Mak ilmunya... huaaaa... langsung beres2 rumah deh

    ReplyDelete
  44. Terima kasih pencerahannya, Mbak Lusi. Ntar deh diubah about me di blog saya, gimana bagusnya :)

    ReplyDelete
  45. makasih infonya mak... bermanfaat :)

    ReplyDelete
  46. Asiiikkk dapet ilmu baru. Makasih mak sharingnya.
    Kalau isi blognya campur-campur kaya blog aku, gmn ya cara menjelaskan secara singkat isi blog nya?

    ReplyDelete
  47. Untung sdh pake about me,cuma musti diperbaiki kayaknya :-)

    ReplyDelete
  48. Baru tauuu..... ternyata about me itu penting... makasih infonya kakaks ^^

    ReplyDelete
  49. Iya Mak Lusi. Saya juga baru2 ini kasih laman khusus itu. Tadinya gak ada...
    Infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  50. Iya nih, kayak diingatkan kalo about me di blog aku mesti diupdate lagi. Makasih sharingnya, mba Lusi ^_^

    ReplyDelete
  51. Kalau template saya masih begitu emang bisa dibuat "about me" mbak Lusi? Atau harus ganti template dulu?

    Saya pengin juga buat link-link yang bisa masuk ke artikel lain mbak hehe :)

    ReplyDelete
  52. About Me saya pun berevolusi sesuai isi blog hihihi. Yang sekarang ini merupakan hasil revisi yang kesekian. Dan rasanya sudah menurut poin-poinnya mba Lusi di atas kecuali yang terakhir. Artinya ada PR tambahan untuk memperbaiki halaman About Me supaya lebih jooss! Matur suwun, mba Lus :D

    ReplyDelete
  53. Saya malah belum buat about me..
    Siplah ketemu artikelnya Mbak Lusi ini.. jadi ada dasar..TFS!^^

    ReplyDelete
  54. Mba lusii, aku ngga ada about me.. Mau nyobain saran mba Lusi, meski agak :malu: masangnya :D

    ReplyDelete
  55. Baca postnya, lirik page "About Me-nya" dan juga kunjungi saran page mbak innnayah; tinggal praktek yang belum ha ha ha

    ReplyDelete
  56. mantaaaaap nih..the killer one is indeed needed :)

    ReplyDelete
  57. Begitu nemu artikel ini langsung nyoba praktekin, sebelumnya belum punya about me.
    nuhun mbak :)

    ReplyDelete
  58. hiks, aku malu jadinya.... About Me di blogku malah ga pernah diisi samasekali -__- . Ntr mbak, aku mw coba bikin draftnya dulu, dan kemudian di tulis di page :)..

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.