Wednesday, January 11, 2017

DIY Kotak Cantik Dari Kardus Bekas

DIY kotak cantik dari kardus bekas ada bermacam-macam, tapi saya pilihkan yang paling mudah.


Orang bule (Eropa dan Amerika Utara) suka sekali menambahkan liner (kain pelapis) ke segala macam basket. Misal dia pesan water hyacinth basket alias keranjang enceng gondok dari Indonesia, mereka akan menambahkan liner tersebut. Selain untuk mempercantik, juga agar mudah dicopot dan dicuci jika kotor. Sedangkan orang Indonesia seperti saya kalau beli keranjang, ya sudah dipajang apa adanya. Bahkan ketika menyimpan kertas di kardus bekas mie instan, tetap apa adanya lengkap dengan merk mie instan tersebut. Heheheee....

Belakangan, para mahmud Indonesia pecinta keindahan rumah tergila-gila juga dengan basket with liner ini. Barang-barang printilan dan mainan anak-anak disimpan dalam kotak tersebut, kemudian kotaknya diletakkan di rak. Cling, rumah jadi kece kembali setelah diobrak-abrik anak-anak. 

Saya yakin ada diantara teman-teman yang termehek-mehek melihat olshop di instagram yang memajang basket with liner ini. Beragam motif dan bahan digunakan sebagai liner agar ruangan berseri, antara lain blacu polos, kain kanvas, katun, motif shabby, motif chevron dan sebagainya. Semua kelihatannya pengin dibeli semua. Saya yakin teman-teman mampu membelinya. Tapi kalau dirumah ada kardus-kardus yang tidak digunakan, tak ada salahnya membuat sendiri. Meskipun tak serapi buatan olshop, tapi setelah diletakkan di rak dan dilihat dari jauh, nggak kelihatan kok. Hihiii...

Di rumah, saya sudah membuat dari kardus-kardus besar untuk wadah stok kain dan kertas-kertas. Untuk menutup permukaan kardus bekas tersebut, saya menggunakan kain kanvas dan kain jok. Sisanya, saya gunakan untuk membungkus kardus yang lebih kecil. Kadang nggak bisa langsung nutup seluruh permukaan, harus saya sambung-sambung, nggak apa-apa. Kan niatnya memanfaatkan bahan sisa dan limbah? Jadi tidak boleh menyisakan apapun untuk dibuang. Nanti sambungan yang tampak bisa dihadapkan tembok, jadi tidak kelihatan. 
Bagi teman-teman yang tidak punya stok kain, asik tuh, berarti bisa merencanakan yang match dengan tema interior rumah.

Yuk kita mulai!


Lihat foto diatas. saya menggunakan kardus bekas yang sudah saya potong dan buang tutupnya. Lalu bagian luar box saya tutup menggunakan kain kanvas dan lem tembak. Caranya, pinggir dulu, dilanjutkan bagian bawah, baru bagian atas. Kain yang saya gunakan ini panjang dan lebarnya tidak pas, jadi ada yang saya gunting untuk menambal bagian samping dan bawah. 
Ada cara lain, yaitu merekatkan bagian bawah dulu, lalu samping, terakhir atas. Namun saya kurang cocok dengan cara ini karena kalau kainnya tidak cukup, terlalu banyak sambungan di bagian samping sehingga membuatnya kurang rapi. 
Untuk kebutuhan kain, saya tidak mengukur menggunakan penggaris, melainkan langsung meletakkan kardus di kain untuk melihat apakah kainnya cukup atau tidak. 




Untuk bagian dalam atau liner, saya menggunakan kain asahi yang biasa untuk furing itu. Kain ini kurang cocok untuk liner karena licin, tapi kebetulan saya cuma punya itu. Kalau ini harus mengukur kebutuhan kainnya, tapi nggak sulit kok. Bagian tengah tentu saja ukuran panjang dan lebar kardus. Sedangkan untuk ukuran tinggi diambil dari tinggi kardus ditambah lidahnya. Jangan lupa, lebihkan sesuai selera (boleh pendek, boleh lebar) untuk tempat jahitannya. Yang paling sederhana seperti diatas, hanya 10 cm. Pernah lihat yang ditekuk segala itu kan? Itu berarti lidahnya harus lebih panjang lagi dan jahitannyapun agak beda. Kapan-kapan kita buat yuk yang seperti itu. 
Cara membuatnya lihat gambar ya. Setelah digaris untuk panjang, lebar dan tinggi, otomatis tercipta pojokan seperti yang digaris silang tersebut. Nah, itu digunting dan dibuang. Eh, jangan dibuang ding, disimpan saja, nanti pasti bisa untuk membuat sesuatu. Tunggu saja di blog ini. Heheheee.... Maaf iklan lewat. Ingat, saat menggunting, jangan dipas ke garisnya. Lebihkan 1 cm untuk jahitan. Tak usah bingung jika tidak punya mesin jahit. Jahit saja pakai tangan. Kan cuma sedikit?

Sekarang tinggal memasukkan liner ke kotaknya. Biar makin cakep, gunakan liner yang mencolok dibanding covernya. Kalau covernya polos, gunakan liner yang bercorak, misalnya chevron atau bunga-bunga shabby.
Gampang dan cepat kan membuatnya? Yuk bikin, supaya rumah nggak seperti toko kelontong, isinya kardus mie, kardus minyak minyak sayur, kardus snack dan sebagainya seperti rumah saya. Selamat mempercantik rumah.

28 comments:

  1. aaahh.. kalau pakai kain jadi lebih kece yaaa.. aku pakainya kertas kado. Itupun kertas kado bekas. buahahaha... Kardus-kardus bekas ini senjata banget untuk organize barang-barang di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kertas kado juga kece, pilih motif yang bagus :)

      Delete
  2. Kadang bingung dus-dus di rumah numpuk mau diapain. Makasih maklus, ada step by step nya, bisa langsung eksekusi inih

    ReplyDelete
  3. Samaan mbak wiwid...aku juga pake kertas kado bekas, kalo kain masih mikir soale beli. Hahaha...emak2 perhitungan banget aku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheee gpp. aku malah gak punya kerta kadonya krn kalau ngado dibungkusin bakule :))

      Delete
  4. bagus banget...., selamaini gak kepikiran..memanfaatkan kardus....apalagi di sampul pake kain atau kertas kado...

    makasih..mba...

    ReplyDelete
  5. Wiii jadi bagus gitu mbak. :D Kapan-kapan buat juga ah~

    ReplyDelete
  6. jadi pengen nyoba buat yg dari kain, selama ini pake kertas kado ajah yang murmer. thanks mbak sharing ilmunya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg kertas kado malah belum nyoba. pengin juga ah

      Delete
  7. Beli kainnya dimana maklus? Pernah ubek2 toko kain di jasol, ga nemu motif2 kaya gini. Bikin postingan referensi belanja kain2 unyu dong mak.. *ngelunjak*

    ReplyDelete
  8. Kreatif bangeet. Biasanya kardus di rumah dibuang.Kalau dibikin kYak gini jadi cantik ya.

    ReplyDelete
  9. aku kayake harus beli lem tembak itu. oiya soal mesin jahit, udah cek ke plazapekalongan. ketemu kayak punyamu mba. dimantapkan dulu niat ini.

    ReplyDelete
  10. Ah iya yaa.. Jadi keliatan cantik. Aku punya kardus2 bekas & kain. Tapi kayaknya bukan jenis kain kanvas deh..

    ReplyDelete
  11. kebetulan nih dirumah byk bgt kardus bekas, maklum buka warung :D kapan2 coba jg deh, cantikk

    ReplyDelete
  12. sy seringnya pake kertas kado, kalau pake kain males jahitnya tapi mau coba pake kain biar bisa dicopot untuk di cuci

    ReplyDelete
  13. Waaah...belum pernah ngelapisin pakai kain. Aiih...jadi pengen coba juga niiih....

    ReplyDelete
  14. Naaaaah aku lagi mikirin nih buat mempercantik kotak mainan anakku yang dari air mineral. Klo di foto kayak ngiklan banget jadinya. Mau eksekusi tapiiiii... Mesin jahitku eror hiks

    ReplyDelete
  15. Wah harus dicoba ini tutorialnya,pas bcaa sih kayaknya gampang, tp gk tau nanti pas praktekny.. Hhee

    ReplyDelete
  16. Waaaah, nggak kepikiran nih, bagus mbak. Thanks

    ReplyDelete
  17. Kreatif dan rajin banget mba :), perlu dicoba nih DIY nya :)

    ReplyDelete
  18. Ide nya kreatif mba Lusi, dari kardus bekas jd cakep gitu, boleh untuk ditiru dirumah ni, makasih ya 😊

    ReplyDelete
  19. Mak Lus mah paling juara DIY kayak gini. *lirik kardus-kardus

    ReplyDelete
  20. waaa cakep anet mak...
    di rumah suka make kardus buat wadah, tapi dalam wujud aslinya haha. mau ikutan dipercantik juga ahh

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.