Perlukah Punya Mini Photo Studio Box Di Rumah?

Disclaimer, ini bukan artikel berbayar ya meskipun nanti ada satu merk yang disebutkan. Artikel tentang mini photo studio box buat di rumah ini agak telat saya tulis karena lebih cocok ditayangkan ketika tiap hari hujan bulan-bulan lalu. Sekarang masih hujan, tapi sudah tidak sering sehingga bisa punya banyak waktu untuk foto produk dengan cahaya matahari.


mini-photo-studio-box


BELI MINI PHOTO STUDIO BOX

Waktu itu hujan tiap hari. Tiap menjahit harus berkejaran dengan jam tayang matahari yang singkat. Memang tidak semua produk beyouprojects dipajang di instagram atau e-commerce. Produk pesanan khusus langsung dikirim ke pelanggan. Tapi kebutuhan foto yang jelas tetap ada. Saya memang tidak mengincar foto yang estetis karena tidak memiliki ketrampilan tersebut dan tidak mampu membayar fotografer. Namun foto yang jelas itu wajib agar pelanggan dan pembeli yakin.

Baca juga: Pentingnya Project Box Untuk Crafting

Saat itulah terpikir untuk membeli studio mini box untuk foto produk. Sebenarnya sudah lama saya penasaran, tapi sebelumnya masih tercukupi dengan foto cahaya natural. Mulailah saya mencari rekomendasi di youtube. Saya menyimak banyak sekali review. 

Saya juga menyimak video DIY (do it yourself) cara membuat studio mini box dari kardus. Baru pembukaan saja, saya sudah pusing melihat peralatan yang dibutuhkan. Saya memang penghobi DIY, tapi juga nggak mau susah karena waktu dan tenaga yang terbatas. Dengan pembukaan yang cuma sekilas saya sudah bisa memperkirakan ini bakalan rumit apa enggak? Hasilnya bakal praktis apa enggak?

Masalah utama dari studio mini kardus ini adalah bentuknya yang bulky dan tidak bisa dilipat. Padahal rumah saya kecil dan sewing corner saya cukup sempit. Menambah kotak kardus yang cuma kadang-kadang dipakai begini sangatlah tidak bijaksana. Jadi saya berkeputusan bulat akan membelinya saja.


PERHATIKAN HAL INI SEBELUM MEMBELI MINI PHOTO STUDIO BOX

Ada 2 hal yang saya lakukan sebelum membeli mini photo studio box, yaitu menyimak review di youtube dan scroll komentar pembeli e-commerce.

Awalnya yang saya perhatikan hanya hasil foto. Tapi kemudian saya sadar, hasil foto tidak bisa dijadikan patokan karena tergantung dengan orang dibalik kamera. Lalu saya berganti dengan bertanya apa yang dibutuhkan kepada diri sendiri.

Pertama, ukuran. Ada berbagai ukuran box yang direview. Yang paling cocok untuk diletakkan di meja kecil saya adalah yang berukuran medium, yaitu 40x30x30cm atau 40x40x30cm atau 40x30x40cm. Tadinya saya tidak menyadari pentingnya ukuran ini karena toh bisa dilipat jika tidak dipakai. Saya menyadarinya setelah melihat video unboxing youtuber dengan subscriber ratusan ribu yang kerepotan banget ketika memasang box dengan ukuran paling besar.

Baca juga: Label Untuk Bahan Kain Craft Jahit

Kedua, konstruksi. Ada berbagai jenis bahan yang digunakan sebagai konstruksi box. Beberapa reviewer mendapati bahannya terlalu tipis, ada pula yang cukup berat untuk ditenteng. Yang saya inginkan adalah bahan yang ringan tapi bisa berbentuk kotak ketika dipasang tanpa meliuk.

Ketiga, lampu. Box ini dibutuhkan karena ketiadaan cahaya matahari. Karena itu, lampu ini harus bisa menggantikan terangnya matahari meski tidak 100%. Lampu box ini berbentuk strip LED. Saya memperhatikan dari tingkat terangnya hingga colokan. Ada beberapa yang menggunakan colokan murahan yang tentunya tidak akan awet.

Ketiga, aksesoris. Ternyata, box tersebut dijual satu set dengan berbagai aksesoris. Aksesoris terbanyak berupa latar foto atau background. Gambarnya macam-macam, antara lain kayu, pemandangan, rumput, berbagai warna dan sebagainya. Saya sendiri cuma butuh warna putih dan hitam.


UNBOXING DAN REVIEW MINI PHOTO STUDIO BOX

Saya ulangi lagi bahwa artikel ini bukan postingan berbayar. Mini photo studio box merk Midio 1.4 ini saya beli, bukan diberi. Jadi, ini merupakan pendapat saya sebagai pengguna atau user.

Pesanan saya ini datang dengan kemasan rapi dalam box yang bisa ditenteng seperti tas. Background dan lampu dikemas tersendiri agar tidak rusak. Benar seperti perkiraan saya, bahwa ukuran medium jauh lebih mudah saya bongkar pasang. Tinggal memasangkan button atau semacam kancing saja. Satu menit langsung siap dipakai. Bahannya ringan tapi bisa berbentuk kotak dengan baik. Lampunya terang benderang dan colokannya sepertinya akan awet.

Produk apapun selama masih buatan manusia tidak ada yang sempurna. Begitu pula dengan box seperti ini, apapun merknya. Box ini hanya bisa digunakan untuk benda-beda berukuran kecil. Kalau produk beyouprojects banyak ya, seperti gantungan kunci, masker, peralatan jahit dan sebagainya. 

Sudut pengambilannya amat terbatas, yaitu dari depan dan atas. Dari depannya pun harus lurus, tidak bisa beberapa langkah ke kiri atau ke kanan karena dinding yang tidak tertutup background akan kelihatan. Pengambilan dari atas dengan kemiringan 45 derajat juga sulit karena ada atap box. Manuver untuk flat lay juga sangat terbatas karena di atas hanya ada lubang tegak lurus.

Saya cukup puas dengan background warna putih. Sementara warna hitam memantulkan cahaya. Saya belum menemukan cara yang pas untuk memotret dengan background hitam. Warna lain belum saya coba. 

Buat saya sih bisa memenuhi kebutuhan jika matahari tidak muncul atau jika ada pertanyaan pelanggan di malam hari karena saya punya banyak produk berukuran kecil. Jika teman-teman masih bingung gambarannya seperti apa, bisa menonton video dari channel beyourselfwoman di bawah ini. 



Post a Comment

0 Comments